Pelangaman Pelanggan Adalah Kunci Kesuksesan Retail Kosmetik

image

Industri perawatan kecantikan dan kosmetik terus berkembang karena orang baik itu pria atau wanita di seluruh dunia membeli produk makeup dan perawatan kulit. Dengan berkembangnya industri kosmetik dan persaingan yang ketat kita dituntut agar selalu inovatif agar bisa bertahan. Dengan banyaknya merek berbeda yang tersedia, perusahaan yang menjual kosmetik harus membuat strategi-strategi baru agar bisa unggul dalam persaingan dan menarik pelanggan baru. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu memenangkan hati pelanggan dan menjadikanya pelanggan setia.

Pelatihan Staf Agar Mengenal Produk Perusahaan Dengan Baik

Pengalaman yang kurang baik saat berbelanja adalah berurusan dengan staf yang tidak memiliki pengetahuan tentang produk. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan melakukan pelatihan untuk menambah wawasan staf terhadap produk. Staf yang kurang informasi dapat merugikan lebih dari sekedar materi. Misalnya, pelanggan meminta informasi manfaat dari sebuah produk tapi karena staf tidak dapat menjawab atau bahkan bingung dengan pertanyaan pelanggan, itu akan memberikan kesan yang buruk. Maka sangat penting bagi staf agar memiliki pengetahuan seputar produk dan memahami manfaat dari produk yang dijual, supaya staf dapat menjawab jika pelanggan memiliki pertanyaan dan dapat memberikan rekomendasi kepada pelanggan. Ini tidak hanya dapat meningkatkan pengalaman pelanggan tetapi juga cenderung meningkatkan penjualan.

Jadikan Toko Menarik Secara Visual

Kosmetik adalah tentang kecantikan, Karena itu toko ritel kosmetik harus mencerminkan hal tersebut dan toko harus memiliki nuansa segar juga menarik secara estetika bagi pelanggan. Toko yang ideal akan memiliki area khusus seperti area konsultasi dan area makeover untuk pelanggan. Semua area toko harus ditampilkan dengan konsep yang menarik dan nyaman agar pelanggan merasa dimanjakan. Penempatan cermin tidak boleh terlalu tinggi atau rendah untuk menjaga kenyamanan dan membuat efek toko terasa lebih luas.

Kelola Sosial Media Dengan Baik

Sebagian besar pelanggan tidak terburu-buru dalam membeli sebuah produk, mereka lebih memilih untuk mencari ulasan produk itu terlebih dahulu sebelum membelinya. Oleh karena itu, mintalah setiap pelanggan untuk memberikan ulasan terhadap produk yang mereka beli agar meningkatkan kepercayaan calon pembeli berikutnya. Toko ritel kosmetik juga dapat memberikan merchandise ke semua pelanggan dengan syarat mereka harus memfollow akun sosial media anda, tujuannya agar toko dapat selalu terhubung dengan pelanggan.

Buat Event dan Campaign Untuk Peluncuran Produk Baru

Industri kosmetik adalah tentang kecantikan dan bagaimana menjaganya, maka buatlah ruang untuk mengapresiasinya. Misalnya dengan membuat event tentang kecantikan, hadirkan make up artist (MUA) dan spesialis perawatan kulit dalam acara tersebut. Jika perusahaan memiliki produk baru maka luncurkan produk bersamaan event tersebut, sehingga pelanggan yang datang ke event dapat sekaligus berkonsultasi tentang manfaat produk dengan spesialis secara langsung tentunya akan meningkatkan antusias audiens yang datang. Ini adalah strategi yang cukup ampuh untuk mendapatkan pelanggan baru dan mendorong pelanggan lama untuk berbelanja lebih banyak lagi.

Libatkan Pelanggan dan Berikan Program Loyalitas

Rekomendasi dari orang terdekat tentang sebuah produk kecantikan akan meningkatkan minat beli terlebih lagi itu adalah produk yang kita cari. Maka dari itu melibatkan pelanggan dalam strategi promosi mulut ke mulut sudah terbukti meningkat penjualan lebih baik dibandingkan dengan iklan berbayar. Untuk mengapresiasinya bisa memberikan penawaran kepada pelanggan setia sebuah program loyalitas. Program loyalitas akan meningkatkan pengalaman mereka. Berikan insentif atas loyalitas yang mereka berikan berupa diskon khusus kepada member, hal ini tidak hanya membuat pengalaman berkesan tetapi juga akan memaksa mereka untuk berbagi cerita dengan orang terdekat mereka. Strategi ini membantu dalam menciptakan trafik positif dari mulut ke mulut bagi perusahaan.

Turboly dirancang khusus untuk bisnis produk kosmetik dan kecantikan. Memberikan kemampuan untuk mencatat supplier dan melacak barang yang mereka sediakan secara spesifik. Mengelola persediaan kosmetik menjadi lebih sederhana dari sebelumnya dan lebih akurat. Laporan Pembelian dan Penjualan memberikan informasi yang yang tepat terkait permintaan dan kebutuhan.

Baca Juga : Menyeimbangkan Stok Persediaan di Industri Kosmetik

turboly.com