Petty Cash VS Cash on Hand

image

“Petty Cash” dan “Cash on Hand” keduanya adalah uang yang dimiliki perusahaan yang terdengar sangat mirip, dan keduanya tumpang tindih. Dari keduanya, “cash on hand” atau uang tunai adalah istilah yang lebih umum dibandingkan petty cash atau kas kecil

Petty Cash atau Kas kecil merujuk secara khusus pada uang secara harfiah adalah uang receh dan tagihan kecil yang disimpan perusahaan untuk pengeluaran yang nilainya kecil (< 1jt), biasanya untuk efisiensi pekerjaan jika dibandingkan jika harus melalui bank transfer.

Cash on Hand atau Uang tunai adalah uang tunai yang dapat diakses yang dimiliki oleh perusahaan kas keras yang liquid. Itu bisa dalam bentuk kas keras dalam jumlah tertentu yang belum disetorkan di bank atau uang yang masih simpan di mesin kasir untuk memberikan kembalian kepada pelanggan.

Dalam pengertian ini, perbedaan dari kas kecil mengacu pada tempat menyimpan uang, dan untuk apa menggunakannya. Dengan kas kecil lebih untuk kebutuhan/pengeluaran bisnis internal oleh karyawan, dan cash on hand di tangan mengacu pada dana yang diterima dari atau dikembalikan kepada pelanggan.

Tetapi uang tunai/ cash on hand sendiri memiliki arti yang lebih luas, sebagai istilah akuntansi. Dalam dunia keuangan, ini juga merujuk pada aset perusahaan yang sangat lancar misalnya cek yang belum dicairkan atau rekening bank lain, instrumen utang jangka pendek, atau setara kas lainnya. Meskipun bukan uang tunai secara harfiah, itu adalah cash on hand yang dapat diakses dengan mudah dan cepat, itulah sebabnya disebut “on hand”.

Singkatnya: Semua kas kecil adalah bentuk kas di tangan, tetapi kas ditangan belum tentu kas kecil.

Sistem Keuangan & Akuntansi Turboly menyediakan lengkap mencakup Income Audit, Piutang, Hutang, Entri Buku Besar. Turboly adalah sistem akuntansi keuangan online terintegrasi yang mencatat, memantau dan memelihara semua transaksi akuntansi dan keuangan perusahaan dan semua toko yang terkait digabungkan menjadi laporan konsolidasi.

Baca Juga : 6 Tips Agar Cashflow Tetap Lancar

turboly.com