image

Tanda Kosmetik Sudah Expired

Mengontrol tanggal kadaluarsa untuk kosmetik sangat penting, karena dapat membantu melindungi konsumen dari gejala atau penyakit yang tidak diinginkan. Apa yang mungkin banyak konsumen tidak sadari adalah bahwa produk kecantikan juga memiliki tanggal kadaluarsa. Namun, tak jarang konsumen tidak memperhatikan hal ini karena beranggapan produk kosmetik hanya digunakan di bagian kulit wajah/ tubuh secara topikal. Lalu apakah produk kosmetik yang sudah kadaluarsa perlu dibuang dan pasti merugikan bisnis?

Jawaban singkat dan manisnya adalah: ya, produk perawatan kulit dan kosmetik kadaluarsa. Meskipun produk kecantikan yang kadaluarsa tidak akan membuat konsumen sakit perut seperti mengkonsumsi makanan basi, tapi ini tetap patut diperhatikan, menurut ahli kulit. Produk kadaluarsa tidak akan seefektif produk baru

Untuk membantu memastikan bahwa konsumen menggunakan produk kecantikan Anda dengan aman, berikut adalah panduan umum dan singkat beberapa indikator utama sebagai tanda bahwa produk kosmetik sudah rusak dan expired :

Perubahan Tekstur

Salah satu tanda yang mudah nampak ketika sebuah produk kosmetik baik alas bedak atau pelembab sudah kadaluarsa adalah konsistensinya tidak lagi seragam atau sering disebut teksturnya sudah berubah. Ketika suatu produk berubah dari yang dapat mempertahankan struktur menjadi yang menetes dan encer, itu menandakan bahwa bahannya telah berubah menjadi

Timbul Baunya Tidak Enak

Tanda lain yang umum ditemukan adalah munculnya bau tidak sedap ketika kemasan dibuka. Pada beberapa kasus yang ekstrem pun kadang bau tak sedap muncul walau kemasan masih tertutup. Tidak ada produk yang akan kita gunakan pada atau di dalam tubuh yang memiliki bau tidak sedap, karena ini biasanya menunjukkan bahwa suatu produk tidak lagi baik dan telah kedaluwarsa.

Mengalami Perubahan Warna

Perubahan warna dapat terjadi akibat kerusakan pigmen atau oksidasi produk setelah berulang kali terpapar udara.

Isi dan Konsistensi Produk Berubah

Tanda terakhir untuk produk kecantikan tertentu, baik alas bedak atau pelembap, konsistensinya tidak lagi seragam. Dalam hal ini, biasanya berarti komponen minyak dan air dari produk tersebut tidak lagi bercampur. Sayangnya, ini sering kali berarti bahwa produk tersebut tidak lagi dapat digunakan, karena minyak berada di atas air, tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan kedua bahan yang diperlukan secara bersamaan.

Turboly ERP dirancang khusus untuk bisnis produk kosmetik dan kecantikan. Memberikan kemampuan untuk mencatat supplier dan melacak barang yang mereka sediakan secara spesifik. Mengelola persediaan kosmetik menjadi lebih sederhana dari sebelumnya dan lebih akurat. Laporan Pembelian dan Penjualan memberikan informasi yang yang tepat terkait permintaan dan kebutuhan.

Baca Juga : Mengapa Toko Fisik Masih Penting untuk Ritel Kosmetik

www.turboly.com