Langkah Melakukan Sales Return di Toko Kosmetik?

image

Sales Return di dalam toko kosmetik telah menjadi bagian penting dari banyak operasi ritel. Proses Sales Return di toko mencakup 5 langkah utama, antara lain :

Langkah 1: Verifikasi permintaan Sales Return

Saat pelanggan membawa barang ke toko dan meminta penukaran atau pengembalian dana, staf penjualan perlu memverifikasi permintaan ini. Mereka harus mengonfirmasi bahwa produk ini telah dibeli dari toko Anda. Bukti paling umum adalah tanda terima.

Jika pelanggan memenuhi syarat untuk pengembalian dana atau penukaran, kasir akan membuat permintaan pengembalian di sistem point of sale retail (POS Retail).

Langkah 2: Buat permintaan pengembalian

Untuk memproses Sales Return di toko, staf penjualan biasanya harus menemukan pembelian sebelumnya di sistem POS. Sistem akan menawarkan berbagai opsi untuk menemukannya seperti:

  • Scan kartu member pelanggan
  • Input No tanda terima
  • Cari melalui informasi pelanggan atau produk

Langkah 3: Proses pembayaran & pengembalian lengkap

Dalam hal Sales Return, kasir harus mengembalikan pembayaran kepada pelanggan. Sistem POS yang berbeda mungkin menawarkan opsi berikut:

  • Pengembalian dana dengan metode pembayaran awalnya.
  • Pengembalian uang tunai.
  • Pengembalian dana dengan voucher.

Langkah 4: Selesaikan Sales Return di toko

Setelah pembayaran selesai, staf juga harus mencatat alasan pengembalian. Sales Return menawarkan data yang akan membantu manajemen membuat keputusan merchandising di masa mendatang.

Langkah 5 : Kembalikan item ke stok

Sebagian besar sistem POS memungkinkan pengembalian barang ke stok inventory. Saat proses pengembalian selesai, jumlah barang yang dikembalikan akan ditambahkan kembali ke stok toko. Bergantung pada kondisi produk dan aturan, dapat memilih untuk menjual kembali item ini sebagai produk open box atau refurbished.

Turboly ERP dirancang khusus untuk bisnis produk kosmetik dan kecantikan. Memberikan kemampuan untuk mencatat supplier dan melacak barang yang mereka sediakan secara spesifik. Mengelola persediaan kosmetik menjadi lebih sederhana dari sebelumnya dan lebih akurat. Laporan Pembelian dan Penjualan memberikan informasi yang yang tepat terkait permintaan dan kebutuhan.

Baca Juga : Tanda Kosmetik Sudah Expired

turboly.com