Dampak Negatif Discount Bagi Bisnis Retail

image

Banyak bisnis retail optik memberikan potongan harga untuk menarik pelanggan baru. Strategi diskon mungkin tampak berhasil pada awalnya. Namun jika kita telaah lebih jauh, sebenarnya ada kerugian tersembunyi dari diskon dapat benar-benar merugikan bisnis dalam jangka panjang.

Diskon adalah cara mudah untuk mendatangkan lebih banyak penjualan atau membuat pelanggan datang kembali. Sebenarnya, strategi diskon yang berlebihan dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi bisnis optik. Berikut ulasannya :

1. Persepsi kualitas bisnis akan menurun

Sederhana saja – kita semua berharap produk dan layanan berkualitas lebih tinggi harganya lebih mahal. Penetapan harga harus aspiratif. Salah satu kerugian dari diskon adalah pengurangan harga sebenarnya merendahkan citra merek. Dibandingkan memperkuat kepercayaan pada bisnis, diskon yang berlebih akan menimbulkan persepsi pelanggan untuk kurang yakin dengan kualitas produk. Ini menjadi preseden yang berbahaya.

2. Menjatuhkan harga dapat menyebabkan perang harga.

Salah satu kerugian utama dari diskon adalah mendorong pelanggan untuk membandingkan harga. Ketika memberikan diskon produk atau layanan, tanpa sengaja kita dipaksa untuk bersaing dengan perusahaan besar dengan struktur biaya yang lebih rendah daripada pemilik usaha kecil. Berapa pun harga yang kita tawarkan, seseorang selalu dapat melakukannya dengan lebih murah.

3. Menjatuhkan harga mengurangi margin keuntungan.

Berikut adalah contoh salah satu kelemahan utama dari diskon. Jika Anda memiliki margin kotor 50% dan memangkas harga sebesar 20%, maka harus meningkatkan penjualan sebesar 67% untuk mempertahankan margin laba awal. Sangat jarang melihat lonjakan penjualan yang akan mengimbangi penurunan margin seperti itu. Satu-satunya cara untuk menahan margin keuntungan adalah dengan mengurangi harga pokok barang. Bagaimana cara mencapai itu? Dengan memotong biaya atau negosiasi dengan supplier untuk memberi pengurangan biaya. Sayangnya, taktik ini tidak mungkin untuk bisnis kecil.

Turboly Optical & Eyewear adalah solusi software untuk retail optik yang membantu toko optik dan kacamata mengelola dan memaksimalkan efisiensi kebutuhan pelanggan. Solusi inventory manajemen Turboly kuat, efisien, dan mudah digunakan karena telah dirancang dengan berdasarkan pengalaman optician.

Baca Juga : Alasan Kenapa Toko Optik Membutuhkan Sistem ERP

turboly.com