Kenapa Stock Opname di Toko Ritel Penting?

image

Inventory adalah aset penting perusahaan, seperti apa perusahaan akan berkembang akan dipengaruhi seperti apa perusahaan mengelola manajemen inventory tersebut, tentu perusahaan tidak menginginkan membeli produk hanya menjadi dead stock di gudang. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mengelola stok dengan efisien.

Salah satu cara untuk mengelola stock inventory adalah dengan melakukan stock opname secara rutin. Sederhana stock opname merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghitung jumlah stok barang baik yang di gudang atau di toko. Stock opname dilakukan tidak lain agar bisnis ritel dapat mengetahui secara akurat apakah data yang tersimpan di sistem sama dengan jumlah fisik yang ada di gudang atau toko. Berikut adalah beberapa alasan kenapa bisnis ritel harus melakukan stock opname untuk menjaga profitabilitas perusahaan:

Mengetahui tingkat stock dengan akurat

Dalam menjalankan bisnis terkadang staf masih melakukan kesalahan dalam pencatatan transaksi, misalnya salah menghitung saat penerimaan barang. Hal ini yang akan menyebabkan data di sistem manajemen inventory dan stok fisik di gudang akan berbeda, tujuan utama kenapa bisnis ritel harus melakukan stock opname adalah melakukan penyesuaian stock yang ada di sistem inventory dan jumlah fisik yang ada di gudang atau toko untuk mendapatkan data tingkat stock secara akurat.

Sebagai bahan analisis

Dengan melakukan stock opname secara teratur, perusahaan dapat menjadikan data tersebut sebagai bahan analisis untuk mengetahui pola permintaan pelanggan. Pola ini akan memberikan perusahaan tolak ukur produk mana yang akan dihentikan, dikurangi dan produk apa yang perlu dipesan lebih banyak. Pola ini jua akan berkontribusi pada manajemen inventory yang lebih hemat dan efisien bagi perusahaan ritel.

Menghindari overstock

Dalam berbisnis overstock dari sebuah produk adalah hal fatal yang harus dihindari perusahaan, karena hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan. Overstock juga menyebabkan ruang penyimpanan tidak maksimal, selain itu overstock juga mengunci dana perusahaan yang dapat menyebabkan perusahaan tidak dapat memesan ulang produk yang fast moving.

Turboly software retail indonesia membantu bisnis ritel meningkatkan operasional software terbaik untuk retail management yang terintegrasi dan didesain menggunakan teknologi berbasis web dan server cloud sebagai solusi bagi perusahaan yang memiliki outlet / gudang di banyak lokasi di bawah satu perusahaan induk.

Baca Juga : Masalah Persediaan di Gudang yang Perlu Diketahui

turboly.com