Kenapa usaha skala kecil membutuhkan sistem ERP

image

Agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis, tentu kita harus kompetitif. Setiap bisnis baik skala besar maupun kecil harus menentukan model bisnis dan sistem apa yang akan digunakan untuk membantu agar bisnis dapat beroperasi secara efisien, mulai dari purchase order (PO), Akuntansi hingga customer relationship management (CRM). Semuanya harus dapat diakses dalam satu sistem. Sistem ERP adalah solusi terbaik, memang sebelumnya sistem ERP adalah sistem yang disediakan untuk perusahaan skala menengah dan besar, karena perusahaan membutuhkan biaya yang mahal untuk implementasi ERP. Untungnya, sistem ERP telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, sehingga implementasi sistem ERP tidak memerlukan investasi besar seperti dulu. Kini bisnis skala kecil pun dapat memperoleh manfaat besar dari implementasi ERP.

Apa itu sistem ERP?

Sistem ERP adalah sistem terpadu yang biasa digunakan sebuah perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi seluruh kegiatan bisnis. Dengan sistem ERP memungkinkan setiap departemen perusahaan terhubung dalam satu sistem yang sama. Hal ini akan memudahkan perencanaan dan pengelolaan antar departemen, lalu apa saja manfaat sistem ERP dalam bisnis skala kecil?

Mengurangi Kesalahan

Sistem ERP mengotomatiskan kegiatan berulang yang dilakukan staf, dengan menghilangkan kegiatan manual yang berulang akan meningkatkan efisiensi kinerja, akurasi data dan mengurangi kesalahan.

Memiliki database terpusat

Bisnis skala kecil yang berkembang cepat, akan tergantung dengan kecepatan laporan kinerja. Dengan sistem ERP pada inti bisnis akan memungkinkan setiap departemen dapat mengakses data yang sama dalam satu sistem secara realtime sehingga dapat mempermudah tim dalam melakukan komunikasi, pelaporan, analisa kerja dan pengambilan keputusan yang lebih cepat berdasarkan data.

Pelaporan dan Analisis yang Akurat

Memiliki database yang akurat dan mudah diakses secara realtime di bisnis skala kecil akan sangat menguntungkan. Sistem ERP yang memusatkan data sangat memudahkan pembuatan pelaporan, analisis, dan strategi pemasaran.

Skalabilitas yang Sesuai dengan Bisnis

Sistem ERP berbasis cloud bersifat modular, yang berarti sistem ini dapat berjalan dengan aplikasi lain atau berdiri sendiri. Sebagai bisnis kecil, cloud erp indonesia memberikan fleksibilitas untuk memilih fungsionalitas apa yang paling cocok untuk perusahaan.

Meningkatkan pengalaman pelanggan

Pengalaman pelanggan akan sangat berdampak untuk mereka dalam mengambil keputusan menjadi member atau tidak di perusahaan anda. Dengan sistem ERP proses bisnis disederhanakan. Misalnya jika anda menjual kacamata, melacak stok dengan cepat akan meninggalkan kesan positif.

Turboly Cloud ERP hadir bagi perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki kesulitan dalam menemukan sistem bisnis yang tepat, yang terjangkau, handal, dapat diperluas dan kelas dunia.

Baca Juga : Mengenal Software ERP Cloud Based

turboly.com