Keuntungan Pembayaran Cashless Untuk Bisnis Ritel

image

Kemudahan dalam proses pembayaran adalah bagian penting dalam beberapa model bisnis ritel. Semakin mudah proses pembayaran dari sebuah transaksi, maka semakin mudah pula untuk mengelola bisnis dan mengembangkanya. Beberapa bisnis di sektor ritel dan jasa telah menyederhanakan proses pembayaran transaksi dengan metode cashless baik melalui dompet digital ataupun kartu kredit.

Tren Bisnis dengan Cashless Payment

Pembayaran cashless sebenarnya sudah ada sejak lama sekitar tahun 1950 an. Namun untuk opsi pembayaran menggunakan cashless mulai menjadi tren di indonesia sekitar tahun 2020 lebih tepatnya saat munculnya pandemi corona virus, itu menjadi pendorong bergesernya metode pembayaran tunai ke pembayaran cashless. Sampai sekarang pembayaran cashless masih menjadi tren mode pembayaran tidak lain karena kemudahan dan kecepatannya dalam menyelesaikan proses transaksi.

Mempermudah Proses Pembayaran

Toko ritel memperoleh keuntungan yang cukup signifikan dari pembayaran cashless, dimana bisnis tidak harus mengelola uang tunai sehingga secara otomatis akan mengurangi kesalahan pencatatan penjualan. Tidak hanya itu, pembayaran cashless pada bisnis ritel juga dapat menghemat waktu staf dan merampingkan proses pembayaran dan pembukuan.

Efisiensi Proses Pembayaran

Pembayaran dengan uang tunai mengharuskan untuk melatih staf agar dapat menggunakan mesin kasir dengan baik dan teliti, staf harus memberikan jumlah kembalian yang tepat dan disore hari staf harus menghitung berapa jumlah uang yang didapat dari penjualan pada hari itu. Bisnis ritel yang memiliki pembayaran cashless akan mempercepat proses transaksi dan mengurangi kesalah pengembalian uang kepada pelanggan. Proses pembayaran divalidasi secara otomatis, sehingga proses checkout barang akan lebih cepat sehingga dapat memberikan pengalaman baik untuk pelanggan.

Risiko Lebih Kecil

Dalam mengelola uang tunai juga memiliki resiko yang cukup tinggi, misalnya kasus pencurian. Dalam beberapa kasus pencuri biasanya akan menjadikan kasir sebagai sasaran untuk membuka mesin kasir dan mengambil uangnya, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melacak pencuri. Dengan menggunakan pembayaran cashless akan mengurangi resiko pencurian uang.

Memudahkan Proses Akuntansi

Pembayaran cashless dalam bisnis ritel, akan memungkinkan otomatisasi proses akuntansi dan pembukuan tertentu. Karena semua proses transaksi tersimpan dalam sistem point of sale, ini akan memudahkan pencatatan dan memberikan kemudahan untuk melihat keuntungan saat itu juga. Otomatisasi juga akan mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi dari akuntansi manual dan dapat merampingkan proses akuntansi.

Turboly Optical & Eyewear adalah solusi software untuk retail optik yang membantu toko optik dan kacamata mengelola dan memaksimalkan efisiensi kebutuhan pelanggan. Solusi inventory manajemen Turboly kuat, efisien, dan mudah digunakan karena telah dirancang dengan berdasarkan pengalaman optician.

Baca Juga : Dampak Negatif Discount Bagi Bisnis Retail

turboly.com