Manfaat SKU di Bisnis Retail dan Distributor

image

SKU, kependekan dari “stock keeping unit”, adalah kombinasi nomor unik yang digunakan oleh peritel untuk mengidentifikasi dan melacak produk. Biasanya terdiri dari 8 karakter dan terdiri dari huruf dan angka. Bisnis Retail dan Distributor menggunakan nomor SKU yang berbeda untuk produk yang berbeda berdasarkan fitur-fiturnya seperti harga, produsen, warna, gaya, jenis, dan ukuran.

1. Melacak inventory secara akurat

SKU membedakan ciri-ciri produk, sehingga SKU merupakan alat yang sangat membantu dalam melacak kesehatan inventory secara keseluruhan-yaitu, ketersediaan.

Dengan menggunakan data SKU untuk mengawasi status produk, dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk memesan produk baru. Hal ini disebut sebagai titik pemesanan ulang pengecer.

Dengan keakuratan, akan muncul efisiensi dan produktivitas. Ketika dapat mengelola inventory secara real time, dapat lebih memahami kebutuhan bisnis yang terus berkembang.

2. Memperkirakan permintaan dan penjualan

Jumlah inventory yang akurat juga berarti perkiraan penjualan dan permintaan yang lebih baik dan akurat.

Hasilnya, akan lebih mudah menjawab pertanyaan seperti:

  • Berapa banyak staf yang saya perlukan di lantai toko?
  • Berapa banyak persediaan setiap produk yang harus dimiliki?
  • Seberapa sering harus mengisi ulang produk tertentu?
  • Berapa banyak pendapatan yang dapat menutupi arus kas saya di musim yang berbeda?

Jika data SKU menyoroti stok yang kurang laku, jangan langsung menghilangkan produk tersebut. Beberapa pelanggan mungkin masih membeli produk tersebut.

3. Memperbanyak Produk Penghasil Keuntungan Terbesar

Arsitektur SKU menyoroti item yang paling banyak dicari - juga yang paling tidak diinginkan. Selain mengetahui titik pemesanan ulang dan produk apa yang harus disingkirkan, SKU juga dapat membantu berkreasi dengan barang terlaris .

Data seputar penghasil keuntungan terbesar dapat menginspirasi tampilan produk di dalam toko dan keputusan merchandising visual serta kampanye pemasaran strategis yang membantu membalikkan stok populer tersebut dengan lebih cepat.

4. Meningkatkan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan

Karena nomor SKU dapat digunakan untuk mengantisipasi titik pemesanan ulang, nomor SKU juga dapat membantu pelanggan selalu menemukan produk yang mereka butuhkan. Hal ini mengarah pada pengalaman berbelanja dengan sedikit atau tanpa masalah kehabisan stok - yang menghasilkan peningkatan loyalitas merek dan kepuasan di antara para pembeli.

Selain itu, ketika suatu produk kehabisan stok (yang tidak dapat dihindari dalam dunia ritel), pelanggan mungkin lebih bersedia untuk bersabar daripada membawa bisnis mereka ke tempat lain.

5. Memberikan Penawaran Baru kepada Pelanggan

Data produk SKU tidak hanya berguna untuk manajemen inventory dan analisis penjualan. Hal ini juga dapat diterapkan di lantai penjualan. Misalnya, jika sebuah produk kehabisan stok, tim ritel dapat menggunakan pengetahuan SKU mereka untuk mengarahkan pelanggan ke produk serupa. Atau, jika suatu produk tersedia untuk pelanggan, staff dapat menyarankan produk terkait untuk melengkapi pembelian mereka (upselling).

System Retail Management Turboly memberikan solusi lebih dari sekedar Sistem Point of Sale (POS). Retail software indonesia Turboly adalah suatu platform retail management terlengkap untuk mendukung pertumbuhan bisnis retail Anda.

Baca Juga : Apa arti nomor SKU untuk Ritel

turboly.com