Manfaat Blog Untuk Bengkel Sebagai Strategi Pemasaran

image

Di era perkembangan teknologi yang semakin cepat, pelaku bisnis otomotif juga dituntut untuk cepat beradaptasi dengan teknologi agar dapat terus bertahan dan berkembang dalam menjalankan bisnisnya. Sebagian besar pemilik bisnis bengkel sudah memiliki website untuk memudahkan pelanggan dalam mencari informasi dan menjalin kepercayaan.

Tapi tidak bisa dipungkiri dari sekian banyak pemilik bengkel yang menggunakan website hanya beberapa yang dapat mengelolanya dengan benar dan menjadikanya sebagai alat pemasaran. Cara mengelola website paling sederhana adalah dengan membuat blog, blogging untuk bisnis adalah strategi pemasaran yang isi kontennya terkait atau relevan dengan produk dan layanan yang ditawarkan serta tips untuk perawatan kendaraan untuk meningkatkan baik pengalaman pelanggan ataupun penjualan. Ada beberapa manfaat blog bagi bisnis ritel yang dapat diterapkan untuk meningkatkan profitabilitas bisnis:

Meningkatkan traffic website

Blogging dalam sebuah bengkel dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan lebih mudah ditemukan pengunjung, berbeda dengan website yang tidak dikelola dengan baik dan tidak memiliki konten yang menarik akan lebih sulit untuk ditemukan. Dapat diartikan bahwa blogging dapat memperluas calon pelanggan dan mempermudah menyediakan jalan bagi pelanggan potensial untuk menemukan lokasi bengkel. Semakin meningkatnya traffic website maka akan besar potensi pelanggan melakukan transaksi.

Investasi jangka panjang

Blogging memang tidak langsung memberikan keuntungan bagi bisnis, tapi blogging merupakan aset jangka panjang. Blogging tidak hanya meningkatkan traffic pengunjung tetapi blogging juga berperan penting dalam mengkonversi traffic pengunjung website menjadi sales atau penjualan. Tidak seperti beriklan, iklan memiliki jangka waktu terbatas sesuai perjanjian berbeda dengan blogging yang memiliki jangka waktu yang lama, selama website itu aktif maka blog akan terus dapat dicari dan muncul di mesin pencarian dengan kata kunci yang relevan.

Memperkuat merek

Blogging memberikan kesempatan tak terbatas kepada pelanggan untuk mempelajari lebih lanjut tentang nama bengkel dari pada iklan. Iklan hanya menampilkan sebagian kecil mengenai perusahaan, sedangkan melalui blog bisnis dapat membuat konten tidak terbatas tentang produk atau layanan yang ditawarkan secara rinci kepada audiens. Dengan konten yang berkualitas akan menunjukan kepada audiens bahwa bisnis memiliki pengalaman dalam bidangnya dan menyediakan produk atau layanan yang berkualitas.

Menjalin hubungan dengan pelanggan

Keterlibatan pelanggan memperkuat hubungan antara merek dan penggemarnya, sehingga mendorong bisnis memperluas jangkauan audiens. Dengan menjalin hubungan baik dengan pelanggan melalui sebuah blog dengan cara memberikan konten yang informatif, maka dengan senang hati pelanggan akan membagikan postingan tersebut ke saluran media sosial mereka atau teman terdekat dan meningkatkan brand awareness.

Software ERP Bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel otomotif, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel otomotif.

Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Software ERP Krusial Bagi Bisnis Otomotif

turboly.com