Menyeimbangkan Stok Persediaan di Industri Kosmetik

image

Industri kosmetik yang terus berkembang khususnya retail kosmetik. Industri ini hadir dengan serangkaian tantangannya sendiri terkait manajemen rantai distribusi. Seiring dengan masalah distribusi tentang keberlanjutan dan kualitas, industri kosmetik harus mengikuti perubahan permintaan pelanggan yang sangat dinamis dan menyediakan berbagai macam produk yang sesuai untuk semua segmen. Semua pekerjaan di dalamnya yang terkait ke dalam pemasaran, pengemasan, penyimpanan, dan perkiraan permintaan harus berjalan secara efisien agar sebuah merek kosmetik dapat berkembang dalam industri yang kompetitif.

Terdapat sejumlah faktor kunci dalam manajemen stok inventory untuk mendukung keberhasilan proses produksi hingga penjualan; keseimbangan yang kompleks membutuhkan manajemen dan logistik yang terampil.

Pemasaran dan Manufaktur

Pemasaran memainkan peran penting dalam setiap industri berbasis konsumen, tetapi banyak produsen agak mengesampingkan hal penting ini yang dapat meningkatkan atau menggerus bisnis dimasa mendatang. Strategi yang selaras antara manufaktur/logistik dan pemasaran dapat dimaksimalkan untuk keuntungan perusahaan dengan mengintegrasikan keduanya.

Manufaktur dan logistik bekerja dengan penelitian dan pengembangan untuk memahami, melaksanakan, dan memenuhi permintaan pelanggan. Di sisi lain, pemasaran tahu bagaimana menarik permintaan dan tren saat ini. Dengan bekerja sama, keduanya dapat menghasilkan produk berkualitas yang menjual.

Kunci untuk menemukan keseimbangan antara pemasaran dan manufaktur adalah menciptakan komunikasi yang transparan antara upaya pemasaran dan kuota manufaktur. Dalam hal stok inventory, komunikasi yang jelas dan real-time dapat menawarkan indikator logistik utama dan produksi dapat ditingkatkan atau dikurangi sesuai permintaan. Hal ini pada gilirannya dapat memberikan informasi kepada penjualan untuk menawarkan diskon produk, menunjukkan produk mana yang tidak berkinerja baik, dan pada akhirnya mengurangi biaya penyimpanan.

Menyeimbangkan Pemasaran Segmented dan Masal

Karakteristik yang berbeda dari industri kosmetik adalah kebutuhan untuk menyediakan berbagai target pasar. Pabrik produksi dapat memilih antara menyediakan produk yang berbeda ke pasar sasaran tertentu, atau menjual ke pemasaran massal. Dalam hal logistik dan profitabilitas distribusi, tidak ada pilihan yang ‘tepat’.

Fokus pasar target bervariasi dari menyimpan produk konsumen hingga retail kosmetik masal, produk segmen atas hingga department store, perlengkapan kecantikan hingga salon, hingga dokter kulit. Ini jelas menciptakan kebutuhan akan manajemen distribusi yang lebih ketat karena produk ini perlu diproduksi dan dipasarkan dengan cara yang berbeda. Dalam hal stok inventory, memasok sesuai dengan kebutuhan pasar perlu melibatkan stok dari berbagai sisi distribusi, dan karenanya mengelola stok inventory adalah kunci keberhasilan.

Produk Berkelanjutan, Pengemasan, dan Penyimpanan

Kata kunci yang beredar di sekitar industri berbasis konsumen adalah ‘keberlanjutan’. Bagian penting dari praktik bisnis berkelanjutan adalah membuat kemasan yang lebih ramah lingkungan. Pengemasan memainkan peran besar dalam industri kosmetik, memberikan tujuan ganda untuk melindungi produk dan menyampaikan informasi produk kepada konsumen. Dorongan untuk pengemasan yang inovatif dan penggunaan bahan yang berkelanjutan dapat menjadi sifat yang menarik bagi pelanggan. Pengemasan yang inovatif juga akan keuntungan bagi bisnis dengan memangkas biaya pengemasan yang lebih rendah.

Penyimpanan beberapa produk kosmetik penting untuk menjamin masa pakai produk. Barang yang mudah rusak dan kebutuhan akan suhu penyimpanan tertentu sangat penting untuk beberapa gudang, dan memastikan kepatuhan terhadap kesehatan produk secara umum, kebersihan dan alokasi persediaan dengan benar untuk menangani bahan tertentu adalah suatu keharusan. Kuncinya adalah mempertahankan jumlah persediaan dan menghindari kelebihan stok persediaan, yang paling baik dikelola dengan mengkonsolidasikan upaya pemasaran dan produksi melalui komunikasi yang jelas.

Mengelola distribusi kosmetik bukanlah tugas yang mudah, dengan berbagai regulasi produk dan kendala logistik yang harus diatasi. Menemukan keseimbangan antara kebutuhan manufaktur dan pemasaran, memilih cara terbaik untuk menargetkan pasar, dan memungkinkan keberlanjutan pengemasan dan penyimpanan produk adalah kunci manajemen yang efisien dalam distribusi. Berfokus pada keputusan awal dalam proses pembuatan ini akan memungkinkan keberhasilan yang lebih mudah di masa mendatang dan pada akhirnya memenuhi permintaan pelanggan.

Turboly ERP dirancang khusus untuk bisnis produk kosmetik dan kecantikan. Memberikan kemampuan untuk mencatat supplier dan melacak barang yang mereka sediakan secara spesifik. Mengelola persediaan kosmetik menjadi lebih sederhana dari sebelumnya dan lebih akurat. Laporan Pembelian dan Penjualan memberikan informasi yang yang tepat terkait permintaan dan kebutuhan.

Baca Juga : Langkah Melakukan Sales Return di Toko Kosmetik

turboly.com