Perbedaan Bengkel Umum dan Bengkel Franchise?

image

Banyak bengkel bisa dijadikan rujukan untuk merawat kendaraan baik motor ataupun mobil. Pilihannya ada model bengkel resmi (BeRes), franchise, atau mau ke bengkel umum.

Semua pilihan ini punya konsekuensi. Bengkel resmi umumnya memiliki tarif biaya servis lebih tinggi namun dengan standarisasi tinggi . Sementara bengkel umum banyak disampaikan tidak semua memiliki standarisasi pengerjaan. Lalu bengkel franchise yang juga memiliki standarisasi namun agak longgar di soal penggunaan komponen. Maksudnya, mereka mempersilahkan konsumen memilih apakah menggunakan komponen original ataupun non original.

Lalu apa saja fasilitas serta kelebihan dari ketiga bengkel itu?

Bengkel umum, biasanya mengambil lokasi di area pemukiman supaya mudah menjangkau konsumen dan peralatan yang ada di bengkelnya tidak selengkap bengkel resmi. Tapi meskipun dengan segala keterbatasan mereka tetap berusaha memberikan pelayanan yang baik buat konsumen agar konsumen tetap puas. Selain itu bengkel umum, kebanyakan memang tidak menyediakan stok spare-parts di bengkelnya. Seandainya ada pekerjaan yang mengharuskan ganti komponen, mereka akan langsung membeli ke dealer atau toko spare-parts terdekat yang sudah menjadi langganan mereka. Salah satu poin plus melakukan perawatan kendaraan di bengkel umum adalah biayanya yang relatif terjangkau.

Lain halnya jika melakukan perawatan atau perbaikan kendaraan di bengkel resmi atau Beres. Bengkel jenis ini umumnya sudah memiliki standarisasi sesuai yang ditentukan pabrikan. Didukung dengan peralatan lengkap dan teknologi canggih serta jaminan komponen asli pabrikan. Dengan sendirinya harga jual komponen di bengkel resmi bisa dipastikan lebih mahal. Bengkel Resmi tetap mendapatkan tempat tersendiri di hati konsumen khususnya bagi mereka yang menggunakan kendaraan teknologi terbaru karena memang belum semua bengkel selain bengkel resmi yang kadang belum menguasainya.

Selain itu, di bengkel resmi fasilitas seperti ruang tunggu ber-AC, dengan fasilitas wajib yaitu Wifi yang bisa saja membuat konsumen jadi lebih nyaman.

Di sisi lain, beberapa tahun terakhir mulai muncul bengkel franchise. Bengkel ini juga standarisasi yang dilakukan berdasarkan aturan franchisor. Bisa dibilang bengkel franchise ini setengah bengkel resmi. Mereka umumnya sudah memiliki standarisasi, peralatan, pelayanan dan kualitas mirip bengkel resmi. Bedanya, mereka tidak mematok komponen orisinal dalam penggantian.

Keunggulan bengkel franchise memberikan kenyaman mirip bengkel resmi namun jenis suku cadang masih cukup fleksibel sesuai budget konsumen.

software bengkel mobil Turboly menjadi solusi bisnis bengkel otomotif, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel otomotif.

Baca Juga : Alasan Service Plan Mobil Penting?

turboly.com