Tantangan Retail Multi Channel

image

Dalam beberapa tahun belakangan ini, bisnis retail multi channel menjadi perbincangan hangat bagi para pebisnis terutama bisnis ritel. Bisnis multi channel memberikan fleksibilitas tinggi bagi para pelanggan sehingga banyak pebisnis ritel tertarik untuk menerapkanya pada bisnis miliknya. Meski demikian, bisnis multi channel juga merupakan tantangan baru bagi industri ritel. Oleh karena itu banyak pemilik bisnis ritel mengalami kesulitan dalam menerapkanya, sehingga penanganan yang kurang tepat memberikan hasil yang tidak sesuai target. Berikut adalah beberapa tantangan yang perlu diperhatikan dalam menerapkan bisnis multi channel ke dalam bisnis ritel:

Menentukan Target Market

Dalam dunia digital hampir semua kalangan dapat mengaksesnya dan memiliki minat berbeda biasanya didasari faktor umur. Karena begitu luas jangkauanya bisnis yang tidak dapat menetapkan target pasarnya akan sulit mengikuti persaingan dalam dunia bisnis online multi channel. Untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan bisnis harus bisa menjawab kebutuhan pasar dan memenuhi kebutuhan itu, salah satu cara untuk dapat melakukan itu adalah dengan menentukan terlebih dahulu siapa target pasarnya.

Persaingan Harga

Tidak bisa dipungkiri lagi, dalam membangun bisnis online persaingan yang cukup ketat adalah persaingan harga. Banyak perusahaan yang rela membanting harga dengan sangat murah demi memenangkan hati buyer. Tapi sebagai kompetitor kita tidak harus selalu menurunkan harga atau bahkan jual rugi hanya untuk mendapat pelanggan, tapi kita bisa menjual produk dengan harga yang sesuai kualitasnya.

Memilih Sistem Manajemen Inventory

Dalam menjalankan bisnis multi channel, ritel harus memiliki data inventory yang akurat dan terpercaya. Karena ini akan menjadi penentu keberhasilan ritel dalam mengelola inventory bisnis retail multi channel. Bisnis multi channel umumnya akan menampilkan semua produk-produk yang dimiliki ke berbagai platform baik itu offline ataupun e-commerce, sehingga tanpa data yang akurat dan terpercaya mengenai ketersediaan produk yang akan dijual tentu itu akan menjadi hambatan dalam mengembangkan bisnis multi channel. Dengan memilih sistem manajemen inventory yang tepat itu akan membantu ritel mengelola ketersediaan stok secara real-time sehingga permintaan pelanggan dapat terpenuhi.

System Retail Management Turboly memberikan solusi lebih dari sekedar Sistem Point of Sale (POS). Retail software indonesia Turboly adalah suatu platform retail management terlengkap untuk mendukung pertumbuhan bisnis retail Anda.

Baca Juga : Perbedaan Retail Management System dan POS System

turboly.com