Serba Serbi Speciality Retail

image

Speciality Retail atau Toko ritel khusus adalah toko yang berfokus pada kategori produk tertentu. Misalnya, Toko Optik menyediakan berbagai macam barang kacamata dan sejenisnya, ritel khusus toko kosmetik dan produk kecantikan hanya menawarkan produk kosmetik alami seperti sabun, lipstik, masker wajah, dan sebagainya.

Apa untungnya Toko menjadi Speciality Retail ?

1. Spesialisasi

Manfaat paling signifikan dari ritel khusus juga yang paling jelas: spesialisasi itu sendiri. Toko yang hanya berfokus pada satu kategori produk menarik pelanggan yang memiliki minat khusus pada kategori tersebut. Hal ini menawarkan peluang utama bagi sebuah merek untuk menjangkau audiens sesuai target dibandingkan toko serba ada. Hal ini juga membantu sebuah merek terhubung dengan dan menciptakan pelanggan setia yang akan rela datang ke toko hanya untuk membeli produk.

2. Expert Staff

Apakah sebuah merek produk akan mendapat manfaat dari staff yang expert untuk membantu menjelaskan produk? Ketika sebuah toko hanya mengkhususkan diri pada satu kategori produk, karyawan mereka juga dididik tentang kategori tersebut. Sebagai contoh, di toko kosmetik menyebut karyawan mereka sebagai “Beauty Advisor” dan mengharapkan mereka memiliki tingkat keahlian dalam produk dan tren makeup. Jika produk membutuhkan penjelasan atau demonstrasi, manfaat ini sangat relevan.

3. Media Sosial Lebih Menarik

Speciality Store menawarkan kesempatan unik untuk berkolaborasi melalui media sosial. Misalnya, merek dapat bekerja sama dengan toko untuk melakukan promosi silang di akun media sosial masing-masing. Manfaatnya, jangkauan audience akan lebih luas dan hal ini akan memberikan dampak positif kepada penjualan dan merek produk tentunya.

Meskipun speciality store merupakan pilihan yang bagus, penting juga untuk mempertimbangkan potensi risiko yang mungkin terjadi. Speciality Store mengandalkan minat yang konsisten dalam kategori produk spesifik untuk tetap bertahan.

Kelemahan potensial lain dari speciality retail adalah jumlah konsumen yang lebih kecil. Karena toko ritel khusus berfokus pada satu kategori produk, toko ritel ini biasanya lebih kecil dan memiliki lebih sedikit lokasi daripada toko-toko besar.

Jika Anda memiliki toko retail jenis speciality store, System Retail Management Turboly memberikan solusi lebih dari sekedar Sistem Point of Sale (POS). Solusi Retail Management Turboly yang diciptakan khusus untuk speciality store menjadi suatu platform retail management terlengkap untuk mendukung pertumbuhan bisnis retail Anda.

Baca Juga : Jangan Salah Lagi, Kenali 7 Tipe Bisnis Retail ini

turboly.com