Cara Kerja Garansi Ponsel

image

Saat membeli ponsel baru, kita pasti akan mendapatkan kartu garansi baik itu garansi resmi dari pabrikan ataupun garansi toko ponsel. Garansi ini biasanya menjamin bahwa konsumen mendapatkan jaminan perangkat diperbaiki atau diganti ketika mengalami cacat produksi. Apa maksudnya itu sebenarnya? Kami di sini untuk membantu menjelaskannya untuk Anda.

Sebagian besar produsen menawarkan garansi selama beberapa tahun sejak tanggal membeli ponsel. Jika terjadi kerusakan pada perangkat keras dalam jangka waktu tersebut, maka konsumen berhak meminta perbaikan, penggantian, atau pengembalian dana. Tentu saja, hal ini biasanya didasarkan pada pemikiran bahwa kerusakan sudah ada saat membeli ponsel.

Apa saja yang tercakup dalam garansi ponsel?

Semua garansi berbeda, dan Anda harus memeriksanya dengan cermat setiap kali membeli perangkat baru. Meskipun demikian, ada beberapa hal standar yang umumnya akan Anda temukan sebagai hal yang benar. Pada dasarnya, produsen menjanjikan untuk menanggung kerusakan mekanis dan elektrik yang membuat ponsel tidak dapat digunakan.

Contoh misalnya ponsel tiba-tiba layar yang rusak atau mengalami masalah baterai tertentu, maka konsumen dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan unit pengganti.

Umumnya garansi ponsel diberikan dalam rentang waktu 1-2 tahun dan dalam periode tersebut, jika ponsel mengalami kerusakan. Dalam hal ini, produsen akan memperbaikinya kecuali jika mereka memutuskan bahwa kerusakan ini akibat kelalaian atau kesalahan konsumen maka otomatis akan membatalkan garansi.

Apa saja yang tidak tercakup dalam garansi ponsel?

Garansi ponsel tidak sama dengan asuransi ponsel. Artinya, jika konsumen dengan sengaja merusak ponsel sendiri, pasti garansi akan ditolak dan tidak akan menerima penggantian.

Selanjutnya, misalkan melakukan perbaikan sendiri atau perbaikan tidak di tempat service ponsel resmi, maka tindakan ini akan membatalkan garansi. Garansi tidak akan melindungi konsumen dari kehilangan atau pencurian. Sekali lagi, konsumen harus membaca rinci dan cermat segala ketentuan garansi untuk mendapatkan daftar pengecualian yang lengkap.

Apa itu garansi standar?

Setiap merek ponsel memiliki beberapa opsi garansi, garansi plus atau garansi standar. Tentunya keduanya memiliki perbedaan manfaat biasanya durasi, garansi plus mendapatkan jaminan waktu yang bisa mencapai 36 bulan (3 tahun). Kita coba bahas garansi yang paling umum didapatkan, yaitu garansi standar. Jika konsumen tidak mau mengeluarkan biaya tambahan untuk perlindungan yang lebih lama, mungkin akan bertanya-tanya tentang garansi standar ponsel. Biasanya dengan garansi ini ponsel baru konsumen akan dijamin selama satu tahun tidak lebih, dengan syarat ketentuan yang standar tanpa benefit tambahan.

Bagi toko ritel ponsel, penting untuk menggunakan Software Toko Handphone Turboly, dengan fitur product warranty akan dengan mudah melakukan identifikasi masa garansi setiap ponsel yang terjual berdasarkan tanggal pembelian dan IMEI. Sehingga proses claim garansi akan lebih aman dan mudah.

Baca Juga : Stock Opname Harian Pencegahan Masalah Inventory di Toko Handphone

turboly.com