Laporan Keuangan Konsolidasi vs Laporan Keuangan Gabungan

image

Laporan keuangan konsolidasi dan gabungan adalah dua jenis laporan berbeda yang membantu mengetahui bagaimana kinerja dan seberapa sehat perusahaan dan apakah publik layak berinvestasi di perusahaan Anda. Berikut adalah perbedaan antara kedua laporan ini

Memiliki sebuah perusahaan induk, penting untuk memahami opsi perusahaan dalam hal laporan keuangan dan pelaporan. Penting untuk mengetahui informasi apa yang ditujukan oleh laporan keuangan tentang perusahaan dan anak perusahaan yang dikendalikan oleh perusahaan induk. Semakin banyak mendapatkan informasi dari laporan keuangan, semakin besar opsi pengembangan perusahaan.

Laporan keuangan konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi mengambil hasil keuangan dari anak perusahaan dan memasukkannya ke dalam satu laporan keuangan untuk perusahaan induk, seolah-olah perusahaan induk dan anak perusahaan adalah satu entitas.

Meskipun anak perusahaan beroperasi secara terpisah dari perusahaan induk, laporan keuangan konsolidasi melaporkan perusahaan secara keseluruhan, dengan perusahaan induk dan anak perusahaan bersama-sama membentuk gambaran keuangan entitas.

Bagi pemilik perusahaan, investor, atau calon investor, dapat melihat laporan keuangan konsolidasi dan melihat bahwa entitas gabungan tersebut sehat secara finansial. Manfaat dari laporan keuangan konsolidasi adalah bahwa laporan ini menunjukkan kondisi ekonomi keseluruhan dari perusahaan induk dan anak perusahaan secara bersama-sama. Hal ini memungkinkan perusahaan induk untuk menunjukkan berapa banyak aset yang dikelolanya.

Laporan keuangan gabungan

Laporan keuangan gabungan berbeda dengan laporan keuangan konsolidasi karena laporan keuangan gabungan memperlakukan setiap anak perusahaan sebagai entitas yang terpisah di atas kertas, sebagaimana adanya dalam operasional harian. Laporan keuangan gabungan melaporkan keuangan anak perusahaan dan perusahaan induk secara terpisah, tetapi digabungkan ke dalam satu dokumen. Dalam satu dokumen, laporan keuangan induk dan anak perusahaan masih tetap berbeda.

Manfaat bagi pemilik perusahaan, investor atau calon investor adalah mereka dapat melihat bagaimana kinerja setiap perusahaan - induk dan anak perusahaan. Dalam hal informasi detail, laporan keuangan gabungan tidak begitu jelas sebagaimana laporan keuangan konsolidasi. Jika ingin mengetahui bagaimana kinerja masing-masing anak perusahaan, akan sangat membantu bagi investor untuk melihat laporan keuangan gabungan, daripada laporan konsolidasi.

Jenis laporan keuangan mana yang akan digunakan?

Ketika memutuskan apakah akan mengajukan laporan keuangan konsolidasi atau laporan keuangan gabungan, ada baiknya berkonsultasi menanyakan kepada konsultan akuntasi dan manager akuntansi tentang apa yang direkomendasikan. Namun, laporan keuangan konsolidasi menjadi wajib jika perusahaan induk memiliki lebih dari 50 persen saham anak perusahaan, jadi tidak memiliki pilihan lain harus mengajukan laporan keuangan konsolidasi.

Perusahaan dengan banyak anak perusahaan harus memahami betapa pentingnya laporan keuangan ini, baik itu laporan gabungan maupun laporan konsolidasi. Sistem Akuntansi merupakan salah satu fitur unggulan dari Sistem Cloud ERP Turboly yang terpercaya yang membantu pembuatan laporan keuangan konsolidasi ataupun laporan keuangan gabungan menjadi mudah. Sistem ERP Turboly mampu mengonsolidasikan laporan keuangan perusahaan lebih efektif dan efisien.

Aplikasi Pembukuan & Akuntansi Turboly lengkap mencakup Income Audit, Piutang, Hutang, Entri Buku Besar. Turboly adalah sistem akuntansi keuangan online terintegrasi yang mencatat, memantau dan memelihara semua transaksi akuntansi dan keuangan perusahaan dan semua toko yang terkait digabungkan menjadi laporan konsolidasi.

Baca Juga : Tips Melakukan Penagihan Agar Dibayar Tepat Waktu

turboly.com