Manfaat Term of Payment Dalam Bisnis Distributor

image

Jenis pembayaran term of payment adalah jenis pembayaran berjangka atau memiliki tempo pembayaran sesuai yang sudah disepakati, namun umumnya pada jenis pembayaran term of payment ini terkadang lebih dari 30 hari.

Umumnya perusahaan distributor memanfaatkan kebijakan term of payment untuk meningkatkan modal kerjanya. Karena dengan metode term of payment dari distributor, ritel dapat mengevaluasi ulang kondisi arus kas perusahaan. Metode term of payment juga sangat membantu dalam mengembangkan bisnis distributor, berikut adalah beberapa manfaat dari term of payment untuk bisnis distributor:

Meningkatkan kepercayaan mitra

Dengan memperpanjang tempo pembayaran kepada mitra, itu akan meningkatkan kepercayaan satu sama lain. Secara tidak langsung dengan term of payment kita juga membantu mitra untuk berkembang. Dengan kita memahami siklus arus kas mitra tentunya akan memastikan itikad baik dari mitra, dan pembayaran yang diperpanjang akan tetap menjaga hubungan baik.

Pembayaran tepat waktu

Dengan memperpanjang tempo pembayaran tentu akan memberikan keuntungan terhadap mitra dan meningkatkan kepercayaan. Dengan pembayaran term of payment kita dapat mempertimbangkan tanggal pembayaran secara pasti, sehingga mitra akan lebih memperhatikan tempo pembayaran agar terhindar dari biaya tambahan yang dibebankan jika melakukan keterlambatan pembayaran. Dengan cara ini mitra akan lebih memperhatikan tempo pembayaran dan berusaha membayar tagihan dengan tepat waktu.

Forecasting arus kas yang lebih akurat

Jika dilakukan dengan cara yang benar, term of payment akan memberikan informasi arus kas perusahaan yang lebih akurat. Term of payment memiliki ketentuan syarat pembayaran yang sudah jelas di awal, sehingga kedua belah pihak sudah memiliki waktu pasti untuk melakukan pembayaran sesuai perjanjian yang sudah disepakati. Dengan syarat dan waktu pembayaran yang sudah ditetapkan, itu akan memberikan kemudahan baik distributor atau mitra untuk melakukan forecasting arus kas perusahaan yang lebih baik.

Baca Juga : Alat dan Tips Mengelola inventory Untuk Distributor Ponsel

turboly.com