Membangun Kepuasan Pelanggan di Toko Kosmetik

image

Kunci untuk membangun hubungan yang dekat dan bersahabat dengan pelanggan adalah mendengarkan dan perhatian dengan feedback pelanggan. Manajemen dalam industri kosmetik harus memastikan bahwa seluruh perusahaan memiliki pemahaman yang sama dan memfokuskan upayanya untuk membangun strategi pengumpulan umpan balik pelanggan dan analisis data yang kohesif.

Meninjau proses kepuasan pelanggan saat ini dan apa yang dapat dipelajari tentang pelanggan dari sistem pengumpulan data seperti sistem pos erp untuk retail kosmetik, adalah beberapa contohnya.

Selain itu, staff di toko dan pemilik wajib untuk memantau dan berpartisipasi dalam situs ulasan pelanggan, dan sentimen di media sosial.

Hal ini sangat penting untuk industri kosmetik, mengingat kosmetik merupakan produk yang bersifat lebih personal karena apa yang dikatakan dan ditulis tentang Anda (produk dan toko) kemungkinan besar akan ditinjau oleh sebagian besar pelanggan potensial. Jika toko kosmetik pesaing memiliki produk dan layanan yang serupa, penting untuk mengetahui mengapa konsumen tersebut tidak menjadi pelanggan di toko kosmetik Anda. Ada kemungkinan bahwa para pembeli ini mungkin tidak dapat menemukan apa yang membuat layanan toko kosmetik Anda berbeda dari yang lain.

Menanggapi Pertanyaan dan Kekhawatiran Pelanggan

Semua pelanggan akan menghargai waktu respon yang cepat. Ketika seorang pelanggan datang ke toko kosmetik dan memiliki beberapa pertanyaan atau sekedar konsultasi dengan beauty advisor (BA), dia membutuhkan jawaban yang cerdas.

Bahkan jika BA tidak memiliki jawaban untuk masalah mereka hari ini, penting bagi BA untuk merespons dan memberitahu mereka bahwa mereka sedang memproses pertanyaan mereka. Hal ini dapat membuat pelanggan tetap terhubung dengan toko kosmetik Anda dan lebih menumbuhkan citra merek positif.

Cara-cara untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan baik. Segmentasikan pelanggan ke dalam beberapa kelompok berdasarkan

  • Usia
  • Pendapatan
  • Jenis kelamin
  • Tempat tinggal
  • Historis Pembelian

Bagi toko produk kosmetik dan kecantikan, pahamilah perbedaan keinginan dan kebiasaan membeli dari segmen remaja dan mereka yang berusia di atas lima puluh tahun. Akan sangat sulit bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan di semua segmen usia sekaligus jika Anda mencoba menarik mereka ke satu produk.

Tujuan segmentasi pasar adalah untuk mengelompokkan pelanggan potensial ke dalam segmen yang cenderung memiliki selera dan kebiasaan konsumen yang sama.

Di pos erp untuk retail kosmetik, sistem akan menawarkan rekomendasi penjualan berdasarkan pesanan pelanggan sehingga karyawan tidak perlu mencari sesuatu untuk ditawarkan. Sistem point of sale juga memudahkan untuk menemukan barang langsung di toko dengan produk yang disusun berdasarkan kelompok, warna, gaya, ukuran, dan lainnya.

Baca Juga : Tips Memaksimalkan Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Kosmetik

turboly.com