Mengapa lead time penting bagi usaha ritel?

image

Kenapa lead time penting untuk diperhitungkan dengan baik bagi bisnis ritel? Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi kekurangan stok dari supplier atau pemasok produk. Menghitung lead time dengan baik akan memungkinkan ritel menghindari penundaan pasokan, yang dapat memberikan dampak negatif terhadap kepuasan atau pengalaman pelanggan.

Dengan berkembangnya era digitalisasi, bisnis ritel dituntut untuk beradaptasi dengan cepat salah satunya adalah memiliki sistem ERP untuk pengendalian manajemen inventory (inventory manajemen) sehingga bisnis ritel dapat memperhitungkan lead time yang merupakan tolak ukur dalam pengendalian inventory.

Berikut adalah alasan mengapa lead time sangat penting untuk kepuasan pelanggan :

Lebih unggul dari kompetitor lain

Di era yang serba digital, kini dunia bisnis ritel pun ikut mengembangkan bisnis lewat e-commerce untuk meningkatkan profitabilitas bisnis. Menjual produk di e-commerce memiliki banyak tantangan baik persaingan harga atau kualitas pengalaman berbelanja, kini pelanggan terbiasa dengan hal yang instan. Dengan memperhatikan lead time itu akan membantu bisnis memberikan kepuasan tersendiri dan menjadikan mereka pelanggan loyal.

Forecasting yang lebih baik

Ketika bisnis ritel dapat menemukan strategi untuk mengurangi waktu tunggu atau lead time itu akan membuat bisnis dapat melakukan forecasting yang lebih baik. Forecasting yang baik akan membuat pelanggan tahu kapan barang yang mereka pesan akan sampai, sehingga bisnis dapat memenuhi ekspektasi mereka.

Selain itu, forecasting yang baik memungkinkan perusahaan mengoptimalkan tingkat persediaan dan menghindari stok berlebih atas barang out of date yang tidak diinginkan.

Kepuasan pelanggan yang lebih baik

Berbisnis tidak hanya memikirkan untung rugi saja, tapi lebih dari itu kita harus memikirkan cara untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Mengabaikan kepuasan pelanggan juga akan berdampak buruk pada bisnis ritel, untuk itu bisnis ritel harus memperhatikan kepuasan pelanggan. Misalnya dengan memberikan lead time yang lebih cepat kepada pelanggan, itu tidak hanya memberikan kepuasan saja tapi juga akan meningkatkan loyalitas.

Komunikasi adalah kuncinya. Dengan bersikap terbuka dan jujur kepada supplier dan pelanggan, maka kepuasan mereka akan selalu terjaga. Maksimalkan informasi yang akurat dari data yang diberikan oleh Sistem ERP adalah salah satu cara untuk memberikan informasi yang “jujur” kepada pelanggan.

System Retail Management Turboly memberikan solusi lebih dari sekedar Sistem Point of Sale (POS). Solusi Retail Management Turboly yang diciptakan khusus untuk speciality store menjadi suatu platform retail management terlengkap untuk mendukung pertumbuhan bisnis retail Anda.

Baca Juga : Jangan Salah Lagi, Kenali 7 Tipe Bisnis Retail ini

turboly.com