Tips Memilih Bengkel Mobil Terpercaya

image

Jika Anda bingung dalam memilih bengkel mana untuk melakukan perbaikan atau perawatan mobil, cobalah minta rekomendasi dari teman, keluarga, dan orang lain yang Anda percayai. Carilah bengkel dan gali informasi dan reputasinya agar tidak terburu-buru mengambil keputusan di menit-menit terakhir saat benar benar perlu.

Untuk bengkel yang terafiliasi dengan merek / pabrikan kendaraan, pastikan bengkel yang menampilkan berbagai sertifikasi dan menunjukkan bahwa beberapa atau semua mekanik memenuhi standar dasar pengetahuan dan kompetensi di bidang teknis tertentu. Pastikan sertifikasi tersebut masih berlaku, tetapi ingatlah bahwa sertifikasi saja tidak menjamin pekerjaan yang baik atau jujur.

Tanyakan apakah teknisi atau bengkel tersebut memiliki pengalaman mengerjakan kendaraan dengan merek atau model yang sama dengan kendaraan Anda.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pekerjaan apa pun, tanyakan bagaimana bengkel menetapkan harga pekerjaannya. Beberapa bengkel mengenakan tarif tetap untuk tenaga kerja pada perbaikan mobil. Tarif yang dipublikasikan ini didasarkan pada perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perbaikan. Ada juga yang mengenakan biaya berdasarkan waktu aktual teknisi mengerjakan perbaikan.

Jika ternyata membutuhkan perbaikan yang mahal atau rumit, atau jika memiliki pertanyaan tentang pekerjaan yang direkomendasikan, pertimbangkan untuk mendapatkan second option.

Kemudian yang sering tidak diketahui konsumen adalah adanya biaya diagnostik jika ternyata memutuskan untuk melakukan pekerjaan di tempat lain. Banyak bengkel mengenakan biaya untuk waktu diagnostik.

Bengkel yang hanya melakukan pekerjaan diagnostik dan tidak menjual suku cadang atau perbaikan mungkin dapat memberikan pendapat objektif tentang perbaikan apa saja yang diperlukan.

Kemudian, pastikan bengkel memberikan estimasi biaya dengan rinci dan tertulis, mengapa demikian?

Karena estimasi tersebut harus mengidentifikasi kondisi yang akan diperbaiki, suku cadang yang dibutuhkan, dan biaya tenaga kerja yang diantisipasi. Pastikan mendapatkan salinan yang ditandatangani.

Hal yang penting lainnya adalah terkait dengan suku cadang. Apa yang harus diketahui tentang suku cadang yang akan diperbaiki atau diganti?

Suku cadang diklasifikasikan sebagai:

  • Baru - Suku cadang ini umumnya dibuat dengan spesifikasi asli dari produsen, baik oleh produsen kendaraan atau perusahaan independen. Negara bagian Anda mungkin mewajibkan bengkel untuk memberi tahu Anda jika peralatan yang tidak asli akan digunakan dalam perbaikan. Harga dan kualitas suku cadang ini bervariasi.
  • Diproduksi ulang, dibangun kembali, dan direkondisi - Istilah-istilah ini umumnya memiliki arti yang sama: suku cadang telah dipulihkan ke kondisi kerja yang baik. Banyak produsen menawarkan garansi yang mencakup suku cadang pengganti, tetapi tidak termasuk tenaga kerja untuk memasangnya.
  • Salvage - Ini adalah suku cadang bekas yang diambil dari kendaraan lain tanpa perubahan. Suku cadang rongsokan mungkin merupakan satu-satunya sumber untuk item tertentu, meskipun keandalannya jarang dijamin.

Banyak suku cadang pada kendaraan Anda yang saling terkait. Mengabaikan perawatan dapat menyebabkan masalah: suku cadang tertentu - atau seluruh sistem - dapat rusak. Mengabaikan perawatan rutin yang sederhana sekalipun, seperti mengganti oli atau memeriksa cairan pendingin, dapat menyebabkan penghematan bahan bakar yang buruk, tidak dapat diandalkan, atau kerusakan yang mahal. Hal ini juga dapat membatalkan garansi Anda.

Solusi bagi konsumen pemilik mobil untuk menghindari biaya service yang mahal adalah selalu mengikuti jadwal perawatan dari pabrikan dalam buku panduan pemilik untuk jenis kendaraan. Untuk bengkel umum spesialis juga membuat jadwal perawatan mereka sendiri, yang memerlukan servis lebih sering daripada rekomendasi pabrikan. Bandingkan jadwal perawatan bengkel dengan jadwal yang direkomendasikan dalam buku panduan pemilik. Mintalah bengkel untuk menjelaskan dan pastikan memahami mengapa mereka merekomendasikan servis di luar jadwal yang direkomendasikan.

Program bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel otomotif, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel otomotif.

Baca Juga : 5 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Berurusan dengan Mekanik Mobil

turboly.com