Toko Optik:Bahaya Menjual Lensa Kontak Kadaluwarsa

image

Lensa kontak itu sendiri sebenarnya tidak dapat kedaluwarsa; larutan garam dalam kemasan blister-lah yang kedaluwarsa.

Selama pembuatan lensa kontak, setiap lensa disterilkan dan dikemas dalam kemasan blister kedap udara bersama dengan larutan garam. Merek kemudian menyatakan jumlah waktu maksimum yang dapat mereka jamin bahwa larutan garam dan kemasannya, dapat menjaga kondisinya, biasanya antara 1-4 tahun setelah pembuatan.

Setelah melewati tanggal tersebut, bahan aktif dalam larutan garam bisa kehilangan bentuknya, menjadi asam atau lebih basa, dan pada gilirannya, merusak lensa. Selain itu, produsen berasumsi bahwa setelah jangka waktu tersebut, ada kemungkinan besar segel akan kehilangan daya cengkramnya, sehingga memungkinkan oksigen atau bakteri masuk dan mencemari lensa, yang dapat menyebabkan ulkus kornea, infeksi mata, atau infeksi yang lebih serius.

Hal ini terjadi pada semua jenis lensa kontak - lensa sekali pakai harian, lensa bulanan. Bahkan lensa kontak berwarna pun memiliki tanggal kadaluarsa!

Bagaimana cara mengetahui tanggal kadaluarsa lensa kontak?

  • Tanggal kadaluarsa lensa kontak pada kotak dan blister
  • Tanggal kadaluarsa lensa kontak Anda dapat ditemukan di dua tempat: kotak dan lipatan aluminium pada blister (pada resep lensa kontak Anda, produsen dan nomor batch.

Biasanya muncul di sebelah jam pasir atau singkatan EXP dan dapat ditampilkan dalam dua format:

YYYY-MM - 2025-08 - Agustus 2025

YYYY-MM-DD - 2025-08-03 - 03 Agustus 2025

Apa yang harus dilakukan jika optik retail tidak sengaja menjual dan konsumen memakai lensa kontak kedaluwarsa? Ini yang harus Toko Optik sarankan kepada konsumen :

  • Minta konsumen lepaskan segera dan buang.
  • Jika mata mereka terasa berbeda atau tidak nyaman, segera kunjungi dokter spesialis mata untuk melakukan tes mata.
  • Berikan kompensasi, untuk menjaga nama / merk toko optik retail

Lalu apa efek jika konsumen memakai lensa kontak kadaluarsa? Yang paling sering ditemui adalah akan mengalami penglihatan kabur, sakit kepala, atau infeksi yang lebih serius.

Oksigen adalah lingkungan yang sempurna untuk bakteri. Jika segel kemasan blister rusak, oksigen dapat merembes masuk dan mencemari larutan garam, lensa, dan oleh karena itu, mata. Konsumen mungkin tidak menyadarinya - bisa jadi karena ada celah yang sangat kecil - jadi penting untuk mematuhi tanggal kedaluwarsa dan menghindari infeksi dan ulkus kornea.

Maka dari itu, untuk mengontrol tanggal kadaluarsa stok lensa kontak tetap dalam kondisi baik. software erp optik kacamata Turboly dengan fitur batch dan expiry product akan membantu toko optik retail mencegah penjualan produk kadaluarsa.

Baca Juga : Stock Movement dan Kesuksesan Dalam Bisnis Ritel Optik

turboly.com