3 Masalah Rantai Pasokan Dalam Industri Kosmetik

image

Produk Kosmetik dan Kecantikan adalah salah satu industri yang terus berkembang khususnya dalam 3 tahun terakhit. Industri kosmetik berkembang di kalangan anak muda, terutama karena meningkatnya promosi pemasaran dan kampanye influencer berbayar di media sosial, dan tren baru-baru ini yang berfokus pada perawatan diri. Seperti halnya industri apa pun, rantai pasokan yang efisien dan transparan diperlukan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dan mengatasi masalah terkait rantai pasokan yang umum terjadi. Saat ini, permintaan akan produk kosmetik yang berkelanjutan dan ramah lingkungan lebih tinggi dari sebelumnya, yang menambah dimensi baru ke dalam kompleksitas rantai pasokan. Konsumen tidak hanya ingin produk mereka dikirim dengan cepat dan transparan, tetapi juga menginginkan ketenangan pikiran karena produk tersebut dilakukan secara berkelanjutan.

Meskipun keberlanjutan, transparansi, efisiensi, dan hal-hal lain harus dipertimbangkan dalam rantai pasokan industri apa pun, ada beberapa masalah tertentu yang unik untuk industri kosmetik pada khususnya. Di bawah ini adalah beberapa masalah utama yang dihadapi operasi rantai pasokan di industri kosmetik.

Perubahan Tren

Tren terus berubah dalam industri kosmetik. Apa yang populer setahun yang lalu mungkin tidak populer sekarang. JIka dulu sebuah tren kosmetik dapat bertahan selama lima hingga 10 tahun namun sekarang sebuah trend dapat hanya bertahan dalam jangka waktu 2 tahun saja. Dengan cepatnya perubahan tren, proses rantai pasokan harus dapat beradaptasi dengan cepat agar bisnis berhasil.

Inilah sebabnya mengapa penggunaan analitik perencanaan permintaan diperlukan karena tren dan KPI dapat dimanfaatkan untuk memprediksi secara akurat perubahan permintaan yang sering terjadi. Berfokus pada perencanaan permintaan akan memungkinkan perusahaan retail kosmetik untuk meminimalkan kelebihan stok inventory selama masa-masa di mana tren kosmetik melambat. Ini juga akan memungkinkan untuk memastikan memiliki jumlah stok inventory yang tepat pada saat-saat di mana tren kosmetik tertentu sedang ramai untuk memanfaatkannya.

Masalah Suhu dan Kondisi Lainnya

Masalah rantai pasokan lainnya dalam industri kosmetik adalah memastikan bahwa produk perusahaan sesuai dengan suhu yang tepat yang diperlukan untuk menyimpan produk kecantikan dan kosmetik ini. Hal ini tidak hanya penting saat menyimpan stok inventory, tetapi juga sangat penting saat harus mendistribusikan produk ini ke toko cabang yang mungkin memiliki jarak jauh. Kosmetik sangat sensitif terhdapau suhu, kosmetik dapat rusak jika terpapar pada kelembaban yang tidak tepat, kelembapan, atau bahkan terbentur di jalan saat diangkut. Sensitivitas produk kosmetik berarti harus sangat berhati-hati selama proses logistik.

Kegagalan dalam memenuhi kondisi yang diperlukan untuk banyak kosmetik dapat menyebabkan kerusakan produk. Memiliki data logistik terperinci dan pemantauan kondisi yang membantu melacak hal-hal seperti suhu sangat penting jika ingin mencegah kerugian akibat rusaknya persediaan.

Bagaimana Dapat Mengurangi Masalah Rantai Pasokan

Industri kosmetik telah berkembang dengan cepat selama beberapa tahun terakhir dan akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Namun, ada risiko besar karena tren yang tidak menentu, sensitivitas produk ini serta kemungkinan gangguan yang disebabkan oleh ketidakstabilan di banyak negara yang menjadi sumber pasokan.

Untuk memitigasi risiko-risiko ini dengan mengambil tindakan proaktif, diperlukan solusi rantai pasokan yang memadai yang menggunakan Software ERP Industri Produk Kosmetik dan Kecantikan berbasis cloud dan metrik/KPI real-time. Solusi ini juga harus dapat melacak setiap bagian dari rantai pasokan mulai dari perencanaan permintaan, sistem pembelian & supplier, manajemen inventory, logistik, layanan pelanggan, dsb. Dengan memiliki visibilitas real-time dari setiap bagian dengan metrik/KPI dengan detail, maka akan dapat meminimalkan risiko yang disebabkan oleh sifat industri kosmetik.

Baca Juga : Membangun Kepuasan Pelanggan di Toko Kosmetik

turboly.com