Apa itu Inventory Replenishment & Mengapa Penting?

image

Inventory Replenishment adalah pengisian kembali persediaan adalah pembelian/ pemesanan kembali persediaan dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat. Terlalu banyak inventory dapat meningkatkan biaya, membatasi arus kas, dan bisa berakibat kehabisan stok. Jika terlalu sedikit, dan berisiko mengecewakan pelanggan dengan waktu pemenuhan yang lambat.

Strategi pengisian ulang inventory yang dioptimalkan memastikan barang dipesan ulang dari supplier tepat waktu untuk memenuhi permintaan, sekaligus mencegah kelebihan stok produk, bahan mentah, dan suku cadang.

Apa itu penambahan persediaan?

Pengisian kembali persediaan adalah proses pembelian barang, komponen, dan bahan baku yang dibutuhkan untuk membangun dan menjual produk. Ini memastikan produk dan bahan diperoleh dan dikirim ke gudang dengan cara yang hemat biaya dan tepat waktu.

Proses pengisian ulang melibatkan sumber supplier, pengadaan produk dan bahan, mengembangkan proses pengiriman yang efektif dan waktu tunggu yang terkoordinasi, dan secara teratur meninjau proses persediaan saat ini.

Penambahan stok adalah bagian penting dari manajemen inventory dan harus bekerja sesuai dengan strategi manajemen inventory menyeluruh.

Mengapa penambahan persediaan sangat penting

Pengisian ulang inventory yang dikelola dengan buruk dapat berdampak negatif pada pelanggan dan tentunya kesehatan perusahaan secara keseluruhan. Masalah yang ditimbulkannya mengakibatkan hilangnya pendapatan, berkurangnya keuntungan, dan merusak reputasi.

Ketika ditangani dengan benar, Inventory Replenishment dapat sangat menguntungkan bisnis dengan:

  • Arus kas yang lancar melalui stock minimal. Inventory Replenishment atau pengisian ulang persediaan melibatkan negosiasi pembelian dan mempertimbangkan perubahan trend serta biaya. Jika tahapan ini dilakukan dengan benar, dampaknya biaya pembelian bisa ditekan ke angka minimal, sehingga arus kas pun lebih terjaga.
  • Mencegah kadaluarsa stok. Kedaluwarsa dan pemborosan stok mahal, tetapi dapat dihindari. Mengkoordinasikan pembelian dan pengiriman stok baru sehingga tidak pernah terlambat atau terlalu cepat sangat penting untuk meniadakan kadaluarsa stok dan keterlambatan pengiriman ke pelanggan.
  • Mengurangi biaya pengiriman secara keseluruhan. Mendapatkan supplier yang lebih dekat dengan lokasi gudang atau toko, maka biaya pengiriman dapat dihemat. Pengiriman adalah bagian penting dari proses Inventory Replenishment. Dimungkinkan untuk menghindari biaya pengiriman yang mahal dan paling efektif. Solusinya, lakukan pembelian dalam jumlah yang besar (namun tetap wajar) maka pengaruh biaya pengiriman bisa diserap pada COGS produk.

Untuk skala perusahaan yang lebih besar, seorang Manajer Inventory yang bertugas mengelola tim untuk Inventory Replenishment sangat diperlukan. Memastikan bisnis retail dan distributor yang sangat bergantung pada ketersediaan produk adalah sebuah keharusaan.

Mengelola Stock Secara Efektif. Menjaga persediaan Anda di bawah kontrol yang rutin Mengelola stok persediaan barang menjadi semakin sulit saat bisnis berkembang pesat. Software Inventory Indonesia ERP Turboly memungkinkan Anda mencari persediaan di seluruh siklus hidup produk - dari pembelian, penerimaan, transfer dan penjualan.

Baca Juga : Cara Membuat Manajemen Inventory Optik Menjadi Efisien

turboly.com