Mengenal Retail Accounting

image

Kata ritel identik dengan transaksi yang besar dan ekstensif. Ini adalah konsep di mana strategi bisnis direncanakan dan dijalankan setiap saat. Dan transaksi bisnis yang penuh semangat seperti ini menciptakan suasana mekanisme yang rumit dan melelahkan yang dapat dicapai dengan cara yang tepat hanya dengan alat kerja keras dan efisiensi yang baik. Jika proses akuntansi tidak berjalan dapat menyebabkan kerugian dalam bisnis serta menghambat pertumbuhan. Faktanya, faktor terpenting dari setiap bisnis ritel adalah akuntansi karena pada bagian ini yang bertanggung jawab untuk mengelola dan memperkirakan laba atau rugi perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap toko ritel untuk merekrut staf yang dapat mengolah setiap transaksi dan segala prosesnya terutama di bidang akuntansi. Proses akuntansi di bisnis ritel merupakan fondasi dari keseluruhan bisnis.

Toko ritel pada dasarnya berjalan dengan prosedur pembelian dan penjualan produk pada saat yang bersamaan. Guna menawarkan variasi, proses pembelian dan penjualan ini menjadi berlipat ganda karena semakin banyak variasi yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan dan mendapatkan persentase keuntungan yang layak. Mekanisme kerja yang kompleks ini sedikit banyak berperan pada volume penjualan toko ritel. Dengan demikian, dari skenario semacam ini terlihat bahwa kebutuhan akuntansi ritel yang kompeten tidak dapat dihindari di bidang bisnis ritel. Melalui pencatatan akuntansi juga informasi berapa banyak barang yang telah terjual dan harus memiliki semua data statistik dan informasi mengenai kondisi toko ritel saat ini. Pembelian dan penjualan setiap produk harus dimasukkan ke dalam akun, sehingga akuntan akhirnya dapat menghitung keuntungan pada akhir bulan. Oleh karena itu, akuntansi ritel adalah pekerjaan yang sangat teliti dan hanya dapat dilakukan oleh akuntan profesional.

Jadi, sekarang masalahnya umumnya terletak pada tidak tersedianya akuntan yang efisien dan berkualitas. Sebagian besar toko ritel mengalami kerugian karena kurangnya staf akuntansi ritel yang baik. Bahkan jika mereka berhasil merekrut tim akuntansi ritel yang terlatih dan berpengalaman, biayanya sangat tinggi sehingga menjadi sulit bagi pemilik untuk mempertahankan anggaran dengan opsi keuntungan yang cukup besar. Untuk mengatasi hal ini, banyak toko ritel yang kini menggunakan jasa penyedia layanan akuntansi ritel. Untuk solusi yang lebih murah, seseorang juga dapat memilih akuntan ritel freelance dengan kemampuan manajerial yang baik, sehingga mereka dapat menangani dan mengendalikan departemen akuntansi perusahaan tersebut.

Sejauh menyangkut layanan akuntansi ritel, sekarang para akuntan diberkati dengan teknologi terbaru dan Sistem Akuntansi yang kompatibel untuk menangani jumlah transaksi yang tinggi untuk menghasilkan sebuah laporan keuangan yang akurat.

Sistem Keuangan & Akuntansi Turboly memberikan solusi lengkap mencakup Income Audit, Piutang, Hutang, Entri Buku Besar. Turboly adalah sistem akuntansi keuangan online terintegrasi yang mencatat, memantau dan memelihara semua transaksi akuntansi dan keuangan perusahaan dan semua toko yang terkait digabungkan menjadi laporan konsolidasi.

Baca Juga : Pentingnya Pencatatan Kas Kecil di Toko Retail

turboly.com