Pentingnya Pencatatan Kas Kecil di Toko Retail

image

Pembukuan Kas kecil Toko dibuat untuk memfasilitasi pembayaran kecil dalam operasional toko retail. Pencatatan kas kecil ini melayani barang-barang seperti alat tulis, biaya kirim, pembayaran iuran bulanan, dan biaya-biaya lain yang nilainya memiliki batas tertentu yang ditentukan perusahaan. Pencatatan kas kecil dimaksudkan untuk memenuhi pengeluaran sehari-hari dan dipercayakan di tangan kasir kecil.

Kasir kas kecil dapat memilih untuk menggunakan metode fund imprest, metode ini umum digunakan di Indonesia.

Dengan menggunakan metode ini, kasir menerima sejumlah uang untuk memenuhi pengeluaran kecil di toko. Jika kas kecil sudah digunakan seluruhnya atau sebagian dari jumlah tersebut, mereka mencatat pengeluaran kas kecil. Mereka kemudian akan menerima jumlah yang tetap dengan jumlah yang telah mereka terima sehingga mereka dapat menggunakannya untuk membayar pengeluaran kecil.

Buku kas kecil analitis memiliki kolom terpisah untuk setiap item di sisi kredit dan sisi debit berisi satu kolom untuk semua uang tunai yang diterima dari kasir. Jika ada banyak transaksi, kasir kas kecil hanya dapat memilih pengeluaran yang paling umum untuk ditampilkan di kolom yang berbeda, sementara sisanya dapat ditampilkan sebagai pengeluaran lain-lain atau lain-lain. Hal ini memudahkan pemeriksaan oleh supervisor sebagai bagian dari sistem kontrol internal

Ketika digunakan sebagai sistem kesan

Istilah impress digunakan dalam akuntansi untuk merujuk pada jumlah yang diberikan kepada orang tertentu sehingga dapat digunakan untuk memenuhi pengeluaran kecil. Dalam hal ini, kasir menerima sejumlah uang pada awal periode. Setelah mengeluarkan biaya, kasir kecil menyerahkan laporan biaya yang dikeluarkan dan menyimpan jumlah kelebihan. Mereka menerima jumlah yang setara dengan apa yang telah mereka keluarkan dari kasir kecil. Akibatnya, kasir kas kecil memulai periode berikutnya dengan jumlah dana mengambang yang sama. Dalam sistem ini, kasir kecil menerima penggantian. Dengan demikian, ia menerima jumlah dana mengambang yang sama di awal setiap periode.

Pentingnya sistem kas kecil :

  • Mencatat semua pengeluaran kecil yang terjadi dalam toko
  • Menghindari ketidaknyamanan menggunakan bank transfer/ cek untuk melakukan pembayaran kecil
  • Membantu memperbarui catatan transaksi kas dan memungkinkan pembagian kerja dalam toko retail.
  • Memberikan informasi mengenai pembayaran kecil yang dilakukan untuk memenuhi pengeluaran tertentu
  • Dapat digunakan untuk mengontrol pengeluaran kecil karena memungkinkan perbandingan pengeluaran kecil yang terjadi antara dua periode.

Toko retail menganggap catatan kas kecil penting karena menyediakan dana yang dapat digunakan untuk memenuhi kekurangan yang tidak terduga.

Aplikasi pembukuan keuangan dari Sistem Akuntansi Turboly menyediakan lengkap mencakup Income Audit, Piutang, Hutang, Entri Buku Besar hingga kas kecil. Turboly adalah sistem akuntansi keuangan online terintegrasi yang mencatat, memantau dan memelihara semua transaksi akuntansi dan keuangan perusahaan dan semua toko yang terkait digabungkan menjadi laporan konsolidasi.

Baca Juga : Pentingnya Aging Report Untuk Mengukur Arus Kas

turboly.com