Point Penting Dalam Sebelum Membeli Bisnis Waralaba

image

Sebelum memutuskan membeli sebuah bisnis franchise atau waralaba, penting untuk melakukan riset dan memastikan bahwa bisnis tersebut sesuai dengan minat jangka panjang Anda. Setelah menentukan bidang dan model bisnis yang kita ingin masuki, saatnya memilih waralaba. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam keputusan memilih waralaba.

Memiliki Sistem Pendukung Kuat Untuk Franchisee

Salah satu manfaat terbesar membeli waralaba adalah bahwa merek tersebut sudah mapan. Manfaatkan pengetahuan dan bimbingan pemilik waralaba (franchisor), dan manfaatkan sistem pendukung lain yang dapat diperoleh melalui waralaba, seperti sesama franchisee (pembeli waralaba di lokasi lain).

Mampu Memaksimalkan Potensi Franchisee

Pastikan dalam memilih waralaba, calon franchisee merasakan bahwa pemilik waralaba (franchisor) peduli dengan kesuksesan dan pertumbuhan secara profesional di dalam perusahaan. Beberapa franchisor bahkan akan mengadakan tes untuk menentukan pola pikir dan ambisi franchisee.

Franchisor yang Profesional

Coba ajukan pertanyaan awal kepada pemilik waralaba, perhatikan cara mereka menjawab pertanyaan kita. Apakah mereka menjawab pertanyaan secara efisien dan menyeluruh? Komunikasi awal pertama ini sangat penting bagi franchisee untuk mengetahui bagaimana pemilik waralaba menjalankan bisnis.

Ekspektasi yang Jelas

Bisnis waralaba sangat bergantung erat pada kerjasama 2 belah pihak (franchisor dan franchisee) maka masing-masing harus memiliki dan menyampaikan ekspektasi yang jelas dan pastikan ekspektasinya cocok untuk kedua belah pihak sebelum menandatangani kontrak. Pikirkan tentang kesepakatan sebagai kemitraan jangka panjang untuk memahami apakah siap untuk komitmen dan dapat memenuhi ekspektasi franchisor dan sebaliknya.

Cara Penjualan dan Pendekatan bisnis

Sebelum terjun ke bisnis dengan pemilik waralaba, pertimbangkan pendekatannya pada hal-hal seperti penjualan, pemasaran, dan periklanan. Pertimbangkan apakah metode ini akan berhasil di pasar saat ini dan apakah franchisee mampu mengikuti strategi penjualan dari franchisor.

Feedback dari Bisnis Waralaba

Carilah informasi di media masa, baik online ataupun offline termasuk media sosial seperti Facebook atau LinkedIn, atau artikel di mana franchisor berbicara tentang pengalaman mereka dengan pemilik waralaba. Jika ulasannya cukup konsisten, franchisee akan memahami praktik bisnis perusahaan dengan baik.

Cloud ERP Turboly merupakan software erp management franchise. Solusi mencakup fitur khusus untuk franchisor dan franchisee dengan 2 skema full managed by franchisor dan managed by franchisee. Sistem bengkel franchise yang dirancang dengan fleksibilitas khusus untuk industri otomotif, optik hingga kosmetik.

Baca Juga : Mungkinkah Ini Kekurangan Dalam Bisnis Franchise?

turboly.com