Bagaimana Sistem Manajemen Inventory Meningkatkan Penjualan

image

Meningkatkan penjualan biasanya dianggap sebagai tugas departemen pemasaran dan penjualan. Bagian pemasaran mengumpulkan ide-ide produk baru, mempelajari pasar, mencari pasar baru, menyiapkan kampanye perolehan prospek, dan mengirimkan prospek tersebut ke bagian penjualan, yang kemudian mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan. Dari deskripsi yang tidak lengkap tentang kedua departemen ini, sudah jelas bagaimana mereka meningkatkan penjualan.

Di sisi lain, apa hubungan sistem inventory manajemen dengan penjualan? Tidak seperti pemasaran dan penjualan, sistem manajemen gudang yang diimplementasikan dengan baik memiliki efek positif yang tidak terlalu langsung tetapi tahan lama pada penjualan, dan hanya ada satu alasan untuk ini: sistem ini membantu memastikan bahwa produk tiba di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dalam kondisi yang baik. Hal ini juga merupakan prasyarat bagi tim penjualan yang berkinerja tinggi untuk menunjukkan ketersediaan produk kepada pelanggan. Ini adalah faktor yang sangat penting yang sering kali tidak disadari. Faktanya, kepuasan pelanggan sekarang diakui sebagai salah satu faktor kunci keberhasilan dalam bisnis apa pun.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Tidak peduli berapa banyak pesanan baru yang dihasilkan oleh pemasaran dan penjualan, pengalaman pelanggan yang buruk akan langsung merusak hubungan pelanggan baru dengan perusahaan dan mereka tidak akan pernah kembali. Meskipun perusahaan mungkin mendapatkan satu penjualan dari beberapa orang ini, mendasarkan bisnis pada penjualan satu kali dari pelanggan yang tidak puas hanya akan meningkatkan jumlah orang yang memiliki pendapat buruk tentang perusahaan. Opini ini dapat tersebar secara online dan membuat banyak prospek baru enggan melakukan pembelian pertama mereka.

Di sisi lain, ketika gudang secara konsisten dan tanpa kesalahan mengirimkan produk tepat waktu selama bertahun-tahun, Anda membangun basis pelanggan yang sangat besar dengan pembeli yang puas. Biaya untuk mempertahankan pelanggan ini sekitar seperenam dari biaya untuk mendapatkan pelanggan baru.

Manfaat dari pelanggan setia tidak berhenti sampai di situ. Program insentif dan penghargaan yang cerdas dapat meningkatkan pembelian mereka. Kumpulan pelanggan yang puas dan loyal ini akan merekomendasikan bisnis baru kepada Anda dari mulut ke mulut dan ulasan positif.

Forecasting yang Lebih Baik

Kemampuan untuk membuat perkiraan permintaan yang lebih baik & akurat memberi perusahaan kemampuan untuk menghemat uang dengan memangkas stok pengamannya. Manajemen inventory yang lebih baik memberikan perusahaan gambaran yang lebih baik dan lebih besar untuk dapat menentukan produk mana yang akan diperkenalkan, di mana dan kapan harus memperkenalkannya. Perkiraan permintaan yang lebih akurat memungkinkan perusahaan untuk memesan bahan yang cukup pada waktu yang tepat. Hal ini memberikan perusahaan kemampuan untuk menghemat uang, meningkatkan layanan pelanggan dan moral. Karyawan dan pelanggan dapat mempercayai dan bergantung pada perusahaan untuk menyediakan apa yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Peningkatan Semangat Kerja Karyawan

Menerapkan Sistem Management Inventory di gudang atau pusat distribusi dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Salah satu fitur utama sistem manajemen gudang terletak pada integrasinya dengan sistem ERP (enterprise resource planning), sistem e-commerce, atau solusi lainnya - meningkatkan aliran informasi. Perusahaan memiliki visibilitas real time atas seluruh inventory untuk melayani pelanggan dengan lebih baik.

Visibilitas yang Lebih Baik

Untuk memiliki rantai pasokan yang lebih baik dimulai dengan visibilitas inventory yang lengkap di semua gudang dan pusat distribusi. Solusi software cloud Inventory memungkinkan tampilan pergerakan inventory termasuk barang yang masuk dan keluar, serta pelacakan pengembalian produk.

Tidak ada yang lebih menginspirasi kepercayaan selain sejarah yang solid dari layanan yang sangat baik. Tentu saja, bagian lain dari perusahaan juga harus melakukan hal yang sama. Menjalankan operasi gudang yang mencapai kesuksesan seperti ini tidaklah mudah, terutama ketika perusahaan tumbuh dan operasi gudang menjadi lebih besar dan lebih kompleks. Konsistensi yang teguh seperti ini paling baik dicapai dengan sistem manajemen gudang yang diimplementasikan dengan baik. Sistem ini harus sinkron dengan operasi fisik gudang.

Mengelola Stock Secara Efektif. Menjaga persediaan Anda di bawah kontrol yang rutin Mengelola stok persediaan barang menjadi semakin sulit saat bisnis berkembang pesat. Sistem Inventory Management Turboly memungkinkan Anda mencari persediaan di seluruh siklus hidup produk - dari pembelian, penerimaan, transfer dan penjualan.

Baca Juga : Cara Terbaik Manajemen Inventory dan Stok untuk Bengkel Mobil

turboly.com