4 Hal Terbaik Untuk Dimiliki Saat Bekerja di Industri Optik

image

Pernah kepikiran gak, untuk bekerja di industri optik? Industri optik khususnya retail optik menawarkan banyak peluang. Pekerjaan di bidang ini akan selalu bersentuhan dekat sama pelanggan dan memberikan solusi perawatan mata buat mereka, banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Sebagai asisten ataupun optician, tugasnya bisa berbagai macam mulai dari membantu tes mata, menjawab telepon, membuat jadwal temu, mencatat data pasien, dan lain sebagainya. Nah, saat berinteraksi dengan pelanggan, optician harus sabar dan bisa menyelesaikan masalah sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan.

Pekerjaan di bidang ini butuh keterampilan dan teknik tertentu supaya karirmu semakin lancar. Buat bantu kesuksesanmu, berikut dia 5 hal terpenting buat kerja di industri optik.

Pendidikan

Syarat pertama bekerja di industri optik adalah pendidikan. Program optik itu jadi langkah awal yang buat yang tertarik di bidang ini. Selain itu, juga nunjukin perusahaan optik Anda punya pengetahuan dan kemampuan buat berurusan sama pelanggan/ pasien secara bertanggung jawab. Optik masih bagian dari bidang medis, baik itu bekerja buat dokter spesialis di klinik atau toko kacamata independen.

Etika Kerja

Detail penting selanjutnya adalah etika kerja. Kualitas tergantung dari lingkungan kerja. Jadi, mengoperasikan sistem optik dengan baik bukan lah hal yang dapat dianggap sebelah mata. Kadang ada aja karyawan yang kurang bertanggung jawab. Pastikan semua orang punya etika kerja yang oke biar semuanya senang dan produktif!

Karyawan wajib punya sikap positif dan siap bantu yang lain, sambil bisa kerja mandiri, itu pasti membantu diri sendiri dan orang lain.

Kemampuan Komunikasi

Bekerja di retail optik akan selalu berkaitan dengan pasien, maka kemampuan komunikasi itu penting sekali. Ada banyak topik yang bisa dibahas saat memilih bingkai dan lensa. Maka memiliki kemampuan mendengarkan buat memahami apa yang diinginkan pelanggan, dan juga bisa ngasih saran bingkai dan lensa yang cocok buat wajah dan resep mereka. Di percakapan, mudah terbawa arahnya ke topik lain, jadi sebaiknya hindari topik yang sensitif.

Selain itu, juga penting tahu kapan saatnya berhenti ngobrol. Kadang orang bisa pusing sendiri saat memilih kacamata. Banyak banget pilihan bingkai dan lensa. Jadi, usahakan komunikasi yang ringan dan mampu memahami kapan waktunya mengakhiri.

Menghormati

Saling menghormati itu juga penting dan berlaku bagi semua profesi. Di bidang optik, ada banyak keberagaman. Jadi, menghormati rekan kerja dan pelanggan itu akan memberikan citra baik

Menghormati pelanggan itu wajib. Jika memperlakukan orang dengan buruk, maka jangan berharap hasil yang baik.

Intinya

Terakhir, jika bekerja di bidang optik ada banyak potensi karir yang bisa diambil. Bisa bekerja di klinik, ada optician pengujian penglihatan yang membantu tes awal sebelum pemeriksaan mata. Bisa juga bekerja di lab, fokus utamanya adalah lensa dan bikin/memasang lensa ke bingkai buat pelanggan.

Opsi lain adalah bagian penjualan optik, yang melibatkan komunikasi dengan pelanggan tentang bingkai mana yang cocok buat mereka sambil menentukan lensa terbaik.

software erp toko kacamata Turboly adalah salah satu alat untuk mendukung kinerja toko kacamata, toko kacamata dapat membuat laporan keuangan yang akurat dan dapat diandalkan, menghemat waktu dan tenaga, dan membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola bisnisnya. Jadi, jika Anda memiliki toko kacamata, pertimbangkan untuk menggunakan software erp optik kacamata Turboly untuk membantu mengelola bisnis Anda.

Baca Juga : Strategi Keuangan untuk Toko Kacamata untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

turboly.com