Dampak Negatif dari Flash Sale

image

Strategi pemasaran adalah ujung tombak bagi setiap bisnis, tanpa pemasaran yang tepat produk atau jasa yang berkualitas sekalipun tidak akan bernilai jika produk atau jasa tersebut tidak sampai ke tangan pelanggan. Oleh karena itu konsep pemasaran akan sangat menentukan hasil dari produk atau jasa yang kita tawarkan, tapi tetap kualitas produk atau jasa yang kita tawarkan harus tetap dijaga. Beberapa dekade belakangan ini ada konsep pemasaran yang cukup familiar dalam strategi pemasaran atau biasa disebut dengan istilah flash sale dan menjadi jurus jitu dalam rangka meningkatkan penjualan.

Konsep dasar flash sale

Secara singkat kita dapat mengartikan bahwa flash sale adalah program diskon siapa cepat dia dapat. Flash Sale juga dapat kita definisikan sebagai konsep promosi dengan cara menawarkan potongan harga secara besar-besar dalam waktu yang terbatas, dalam menerapkan konsep flash sale yang sukses minimal ada tiga kriteria yang harus dipenuhi yaitu potongan harga harus lebih besar dari pada diskon biasa, waktu promosi yang terbatas dan jumlah produk yang terbatas.

Dampak negatif flash sale

Flash sale memang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan dan pelanggan baru secara signifikan dengan waktu yang relatif cepat. Namun perlu kita sadari, bahwa sebaik apapun strategi pemasaran yang kita terapkan untuk meningkatkan penjualan pasti akan memiliki kekurangan jika dilakukan secara berlebih. Oleh karena itu kita harus memahami dulu dampak yang akan kita peroleh dari strategi yang akan kita terapkan agar dapat meminimalisirkan resiko yang akan kita terima, dan berikut adalah beberapa kekurangan atau dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari strategi flash sale:

1. Persepsi kualitas produk

Dengan menjalankan strategi flash sale yang berlebih tanpa perencanaan yang matang, ini akan mengakibatkan masalah untuk jangka panjang terhadap merek bisnis. Karena ini akan menimbulkan persepsi pelanggan akan kualitas produk yang kita tawarkan.

2. Ketergantungan

Dalam kasus ini perusahaan akan menghadapi masalah yaitu dengan ketergantungan pelanggan akan program flash sale, artinya sebagian besar pelanggan datang hanya saat program berlangsung dan pergi saat program berakhir. Tentu ini akan menyebabkan penurunan penjualan yang signifikan saat program flash sale berakhir.

Kesimpulan

Jangan menerapkan program flash sale secara berlebih, lakukan program diskon ataupun flash sale jika kita sudah melakukan analisis yang akurat dan menentukan tujuan dari program flash sale tersebut. Flash sale akan sangat efektif misalnya untuk mengurangi stok barang yang slow moving yang dapat meningkatkan biaya penyimpanan, meningkatkan traffic dan meningkatkan penjualan.

Turboly Point of Sale (POS) adalah jenis Sistem POS dengan pendekatan berbasis industri. Turboly memiliki fitur yang berbeda dan spesifik yang dibutuhkan bisnis untuk berjalan secara efisien dan efektif. Salah satu fitur unggulan dari Turboly adalah menyediakan banyak variasi dan skema diskon yang dapat membantu mensukseskan program marketing.

Baca Juga : Mengenal Sistem Point of Sale (POS) Sesuai dengan Jenisnya

turboly.com