image

Mengenal Sistem Point of Sale (POS) Sesuai dengan Jenisnya

Sistem POS (point of sale) adalah serangkaian sistem yang digunakan untuk proses pencatatan penjualan termasuk dengan penerimaan pembayaran hingga pergerakan inventory yang terjual atas transaksi penjualan kepada pelanggan. Sistem POS adalah ujung tombak profit center dari bisnis ritel.

Sistem Point of sale (POS) memiliki beberapa type yang perlu untuk diketahui, agar tidak salah dalam memilih solusi yang tepat untuk bisnis anda :

1. Sistem POS Desktop

Jenis sistem POS ini bisa gunakan dan berjalan di komputer atau laptop, baik melalui aplikasi, browser web, ataupun sebagai stand alone software. Sistem POS ini murni sebagai kasir yang berfungsi seperti aplikasi kasir pada umumnya, karena memiliki cash drawer untuk penyimpanan uang tunai, scanner barcode, dan printer. Sistem POS Dekstop cocok digunakan untuk bisnis yang memiliki tempat luas, meja kasir yang cukup seperti : cafe & restoran, toko kelontong, toko pakaian, bengkel dll.

2. Sistem POS Mobile Seluler

Jika dibandingkan dengan sistem POS desktop, sistem POS mobile seluler jauh lebih praktis dan ringkas tetapi sama bermanfaatnya bagi proses sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan Sistem POS jenis ini berjalan pada aplikasi ponsel sehingga dapat dengan mudah digunakan. Namun, ada dibalik kepraktisannya, ada kekurangan yang tidak bisa dihindari biasanya Sistem POS jenis ini hanya memiliki fitur dasar POS saja karena yang diunggulkan adalah sisi kepraktisannya.

3. Sistem POS kiosK

Sistem POS Kiosk memiliki keuntungan dimana pelanggan melakukan transaksi secara mandiri tanpa perlu adanya staff kasir. Dengan memanfaatkan sistem ini, bisnis akan dapat meningkatkan efisiensi sekaligus menghemat tenaga kerja. Sistem POS jenis ini, cocok digunakan untuk jenis transaksi yang untuk produk fast moving ataupun produk jasa.

4. Jenis sistem POS berbasis industri

Jenis pilihan Sistem POS diatas dibedakan berdasarkan alat apa Sistem POS berjalan. Namun diluar daripada itu, ada pilihan Sistem POS yang lebih spesifik sesuai dengan jenis industrinya. Misalnya Sistem POS untuk Ritel, F&B hingga sistem POS untuk produk jasa. Inilah hal umum yang perlu kita perhatikan saat memilih Sistem POS, karena tidak semua jenis usaha ataupun industri bisa menggunakan Sistem POS yang sama, diperlukan fitur yang spesifik proses bisnis yang agar proses bisnis dapat berjalan dengan efisien dan efektif.

Turboly Point of Sale (POS) adalah jenis Sistem POS dengan pendekatan berbasis industri. Turboly memiliki fitur yang berbeda dan spesifik yang dibutuhkan bisnis untuk berjalan secara efisien dan efektif.

Baca Juga : Sistem POS Mengubah Operasi Bisnis Ritel

www.turboly.com