Cara Mengelola Keuangan Bisnis Agar Lebih Efektif

image

Manajemen keuangan bisnis yang efektif akan berdampak untuk kelangsungan dan pertumbuhan bisnis, dengan pengelolaan keuangan yang baik akan membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya perusahaan dengan lebih efektif sehingga dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan. Oleh karena itu sangat penting bagi perusahaan untuk merencanakan manajemen keuangan yang tepat dan efektif.

Berikut adalah beberapa cara mengelola keuangan bisnis agar lebih efektif:

1. Memahami Cash Flow

Dalam menjalan bisnis, kita harus bisa membaca laporan keuangan agar dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan sehingga dapat mengetahui perusahaan dalam keadaan untung atau rugi selama periode tertentu. Memahami cash flow perusahaan akan membantu dalam mengambil keputusan yang tepat, sehingga pengelolaan cash flow menjadi lebih efektif.

2. Pastikan Pembayaran Pelanggan Tepat Waktu

Keterlambatan pembayaran tagihan yang dilakukan oleh pelanggan bisa sangat berdampak buruk bagi kondisi keuangan perusahaan, saat dibiarkan ini akan menjadi masalah besar yang dapat mengancam keberlangsungan perusahaan. Untuk mengurangi resiko tersebut, perusahaan harus menerbitkan invoice dengan tepat waktu. Selain cara tersebut perusahaan juga bisa memberikan cashback bagi pelanggan yang membayar sebelum jatuh tempo, sehingga bisa menarik pelanggan untuk melakukan pembayaran lebih awal.

3. Menentukan Prioritas Bisnis

Untuk menjalankan bisnis yang sehat, kita harus dapat menentukan prioritas bisnis misalnya dalam hal pengeluaran. Pengeluaran yang yang tidak dikontrol dengan baik akan menimbulkan masalah besar di kemudian hari bagi perusahaan, usahakan setiap pengeluaran untuk membeli kebutuhan inti bisnis sehingga dapat memaksimalkan profitabilitas. Jadi untuk dapat mengelola keuangan bisnis agar efektif, kita harus dapat menentukan mana yang merupakan kebutuhan prioritas (kebutuhan inti bisnis) dan mana yang bukan prioritas agar dapat memaksimalkan sumber daya perusahaan.

4. Kontrol Stok

Saat bisnis dapat mengontrol stok dengan baik, maka keseimbangan jumlah stok bisa kita jaga. Secara otomatis ini akan menghemat biaya penyimpanan dan tetap memastikan jumlah stok tersedia cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Kontrol stok yang efisien juga berdampak pada pengelolaan keuangan yang lebih baik.

5. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Untuk mengelola keuangan yang efektif, kita harus dapat mengelola piutang dengan baik untuk menghindari gagal bayar yang menyebabkan biaya tambahan dan kredit score menurun. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat plan yang matang agar dapat melunasi semua hutang perusahaan sehingga dapat mengurangi beban arus kas perusahaan secara perlahan.

Menggunakan Software ERP untuk akuntansi memberikan lebih banyak kontrol atas bisnis. Informasi dapat dilihat secara real-time dan dapat memberikan solusi atau keputusan instan untuk menghindari kerugian.

Baca Juga : MENEMPATKAN CADANGAN PIUTANG DALAM AKUNTANSI

turboly.com