Kapan Perusahaan Membutuhkan Sistem ERP?

image

Dalam menjalankan bisnis, sebagian besar pelaku bisnis setuju bahwa untuk menjalankan bisnis yang mampu bersaing kita dituntut untuk dapat menjalankan seluruh proses bisnis dengan cepat dan efisien. Menjalankan bisnis dengan cara tradisional akan sulit untuk kita bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu untuk mendukung proses yang baik perusahaan harus memiliki Sistem ERP agar dapat bersaing dan bertumbuh, tidak bisa dipungkiri dengan sistem ERP perusahaan dapat menjalankan seluruh proses bisnis dalam satu sistem seperti pengelolaan keuangan, penjualan, hingga pengadaan barang sehingga peluang bisnis untuk tumbuh menjadi lebih besar.

Berikut adalah beberapa kondisi yang menandakan bahwa bisnis yang kita jalankan sudah membutuhkan sistem ERP :

1. Mulai Kesulitan Untuk Mengelola Pelanggan

Pada awalnya semua bisnis memiliki kemampuan untuk mengelola dan menjaga kepuasan pelanggan dengan cukup mudah, tetapi kebanyakan akan mulai merasa sulit saat bisnis berkembang dan memiliki banyak pelanggan baru di sisi lain bisnis masih mengelola pelanggan dengan cara tradisional. Sistem ERP yang terintegrasi dengan CRM dan Finance akan memudahkan kita untuk mengelola dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan berbagai modul yang sudah tersedia seperti mengelola alamat pengiriman, kontrol atas piutang, hingga ke hubungan yang lebih personal seperti mengetahui ulang tahun pelanggan.

2. Akan Melakukan Ekspansi Bisnis

Saat perusahaan sudah berkembang dan ingin membuka beberapa cabang toko di lokasi yang berbeda, akan sangat sulit untuk menjalankannya dengan cara tradisional atau manual. Oleh karena itu integrasi sistem ERP sangat diperlukan untuk mengelola dan memastikan bahwa data antar toko saling terhubung dan dapat diakses secara real-time.

3. Kesulitan Mengelola Keuangan

Saat bisnis mulai berkembang maka pengelolaan keuangan akan luas dan kompleks, keuangan merupakan roda penggerak dalam bisnis oleh karena itu harus sangat diperhatikan. Saat bisnis mulai kesulitan dalam mengelola keuangan dengan akurat dan cepat, itu akan berdampak fatal pada pengambilan keputusan yang tidak tepat dikarenakan data yang disajikan tidak real-time dan akurat. Dengan sistem ERP data laporan keuangan dapat diakses secara real-time menunjukan kondisi saat ini, memungkinkan mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan performa bisnis.

Terlepas dari kapan bisnis merasa membutuhkan untuk implementasi sistem ERP, investasi sistem ERP merupakan hal yang baik untuk mengoptimalkan seluruh kegiatan bisnis. Ini membantu tugas-tugas yang berulang menjadi otomatis, sehingga meningkatkan produktivitas staf dan membantu staf untuk fokus pada hal-hal yang lebih kritis seperti menyusun strategi untuk meningkatkan profitabilitas bisnis. Sistem ERP juga dapat diskalakan sehingga memiliki skalabilitas untuk menjalankan bisnis tanpa terpengaruh oleh pertumbuhan bisnis.

Turboly Cloud ERP hadir bagi perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki kesulitan dalam menemukan sistem bisnis yang tepat, yang terjangkau, handal, dapat diperluas dan kelas dunia.

Baca Juga : Tantangan Software ERP Dalam Mengelola Bisnis Secara Global

turboly.com