Manfaat Melakukan Pembaruan Pada Sistem ERP

image

Di perkembangan teknologi yang pesat, hampir setiap pelaku bisnis memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam mempermudah pengoperasian bisnis. Sistem ERP baik itu on-premise atau yang berbasis cloud adalah salah satu teknologi yang digunakan sebagian besar perusahaan untuk menjalankan dan mengontrol seluruh alur proses bisnis mulai dari inventory, distribusi, akuntansi, hingga CRM (Customer Relationship Management) dalam satu platform.

Sistem ERP juga mampu menyimpan data dalam satu database sehingga meningkatkan akurasi data dan memastikan komunikasi antar divisi berjalan dengan baik. Sayangnya terkadang banyak pemilik bisnis tidak peduli bahwa sistem ERP juga membutuhkan maintenance agar dapat berjalan dengan baik. Salah satu hal sering dilupakan adalah tidak melakukan pembaruan atau update pada sistem ERP yang mereka jalankan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus melakukan pembaruan atau update pada sistem ERP:

Penggunaan Teknologi Terbaru

Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi bisnis dan prosesnya juga mengalami perubahan, fitur-fitur yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis juga ikut berubah agar bisa mengimbangi perubahan dan kebutuhan pasar. Menjalankan sistem ERP yang sudah tertinggal teknologinya bukan hanya akan menghambat perkembangan bisnis, tetapi juga membuat perusahaan tertinggal dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Oleh karena itu perusahaan harus selalu melakukan pembaruan agar bisa mendapatkan fitur-fitur dan manfaat dari sistem ERP yang terbaru, agar tetap unggul dalam persaingan. Pembaharuan fitur dan teknologi juga akan berdampak pada biaya pemeliharaan, umumnya Sistem ERP yang masih berjalan dengan teknologi lama memiliki kemungkinan tidak compatible dengan hardware terbaru, sehingga hal ini juga dapat meningkatkan biaya perawatan yang tidak terduga.

Memastikan Sistem ERP Dalam Kondisi Optimal

Saat kita menjalankan sebuah sistem ERP yang sudah terlalu lama tanpa melakukan pembaruan versi, maka performa dari sistem ERP itu sendiri akan menurun yang bisa saja akan memperlambat kinerja staf. Dengan melakukan pembaruan versi pada sistem ERP, itu akan memastikan sistem dalam kondisi optimal sehingga staf dapat melakukan tugasnya dengan lebih cepat.

Meningkatkan Keamanan Data

Keamanan data pelanggan adalah prioritas bagi perusahaan, karena menjaga keamanan data pelanggan merupakan salah satu tanggung jawab perusahaan. Pelanggan akan merasa senang apabila data yang mereka berikan terjamin keamananya, dan ini juga menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pembaruan pada sistem ERP akan meningkatkan patch keamanan, sehingga dapat membantu perusahaan dalam melindungi data pelanggan.

Mudah Diintegrasikan Dengan Aplikasi Lain

Mengupgrade sistem ERP ke versi terbaru bukan hanya meningkatkan fungsionalitas diseluruh proses bisnis, tetapi juga mempermudah integrasi untuk menyatukannya dengan aplikasi lain yang perusahaan gunakan. Karena versi terbaru biasanya sudah dirancang agar kompatibel dengan pihak ketiga, dan jika perusahaan tidak melakukan pembaruan sistem ERP ke versi terbaru mungkin sistem ERP akan sulit untuk dijalankan dengan aplikasi lain yang perusahaan gunakan saat ini.

Turboly Cloud ERP hadir bagi perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki kesulitan dalam menemukan sistem bisnis yang tepat, yang terjangkau, handal, dapat diperluas dan kelas dunia.

Baca Juga : Mengenal Software ERP Cloud Based

turboly.com