Mengatasi Gangguan Distribusi Dengan Sistem ERP

image

Kurangnya ketersediaan bahan baku produksi merupakan tantangan paling berat yang dihadapi industri manufaktur, bukan hanya mempengaruhi jumlah produksi tetapi juga berpengaruh signifikan kepada menurunnya profitabilitas. Tanpa ketersediaan bahan produksi pabrik tidak dapat memenuhi permintaan pasar, seiring berjalannya waktu tanpa solusi ini akan membuat perusahaan tidak dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

Distribusi memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan perusahaan manufaktur, sehingga produsen harus memiliki alat pendukung yang kuat agar dapat memastikan bahan produksi dalam jumlah yang tepat untuk memastikan proses produksi dapat berjalan dengan baik sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Berikut adalah beberapa peran penting sistem ERP dalam mengatasi gangguan distribusi

1. Meningkatkan Visibilitas dan Efisiensi

Sistem ERP dapat memberikan dampak yang besar dalam industri manufaktur, karena dengan sistem ERP perusahaan dapat mengkonsolidasikan distribusi melalui satu sistem. Sehingga ini akan meningkatkan visibilitas dan koordinasi dengan supplier menjadi lebih efisien dengan begitu perusahaan memiliki data akurat terkait ketersediaan bahan produksi. Selain itu, sistem ERP juga memungkinkan melakukan otomatisasi pada proses distribusi sehingga staf bisa berfokus pada hal lain.

2. Menganalisa Permasalahan Distribusi

Dengan sistem ERP, staf bisa menggunakan data yang disajikan oleh sistem ERP untuk melakukan analisis yang lebih akurat pada setiap proses distribusi mulai dari koordinasi dengan supplier dan pengadaan barang. Sehingga dapat memberikan solusi pada gangguan distribusi dengan cepat.

3. Solusi Berbasis Cloud

Permasalahan kompleks yang dihadapi industri manufaktur sebenarnya disebabkan oleh ketidak akuratan data atau informasi, sehingga dapat menyebabkan permasalahan serius pada proses produksi. Kita tahu bahwa sedikit kesalahan bisa menyebabkan dampak yang signifikan baik itu pada waktu proses produksi yang mungkin bisa menjadi lebih lama, hingga berkurangnya margin perusahaan. Sistem ERP hadir untuk mengatasi masalah tersebut, Sistem ERP berbasis cloud yang mampu memberikan data secara real-time dengan data yang terpusat. Sehingga setiap divisi memiliki sumber informasi yang lebih akurat dan dapat dipercaya.

Solusi Turboly ERP grosir distribusi akan meningkatkan perkiraan arus kas, tingkat pemenuhan pesanan, pembelian, keuangan dan akuntansi pada akhirnya mengoptimalkan bisnis Anda dari awal hingga akhir.

Baca Juga : Alasan Integrasi ERP Sangat Penting Untuk Pertumbuhan E-Commerce B2B

turboly.com