Keuntungan Menggunakan Manajemen Inventory Berbasis Cloud Untuk Bisnis Retail & Distributor

image

Software Inventory Indonesia Berbasis Cloud Untuk Bisnis Retail

Menjalankan sebuah bisnis yang sehat akan dipengaruhi bagaimana cara perusahaan mengelola inventory yang mereka miliki, baik itu di gudang ataupun di toko. Sistem manajemen inventory sendiri dibagi menjadi 2 versi, yaitu manajemen inventory versi cloud online dan on premise offline.

Sistem inventory on premise biasanya memerlukan biaya yang cukup tinggi dikarenakan mengharuskan perusahaan untuk berinvestasi pada hardware dan juga tim IT yang mengelola sistem manajemen inventory tersebut. Selain itu Sistem inventory on premise juga bisa dibilang kurang efisien, karena biasanya tidak saling terintegrasi dengan proses lain sehingga mengharuskan penginputan ulang secara manual di beberapa proses yang dapat memakan cukup banyak waktu. Disisi lain, memanfaatkan sistem manajemen berbasis cloud online akan memberikan banyak perubahan bagi perusahaan, mulai dari biaya, efisien kerja, dan otomatisasi yang bisa mengurangi kesalahan entri data manual.

Berikut adalah beberapa manfaat dari implementasi sistem manajemen inventory berbasis cloud pada bisnis retail:

Mengurangi Biaya Investasi Awal

Tidak seperti Sistem inventory on premise yang umumnya memakan cukup banyak biaya karena harus berinvestasi baik pada SDM ataupun pada hardware. Sistem manajemen inventory berbasis cloud online yang menghasilkan penghematan biaya secara signifikan bagi bisnis retail dan distributor. Karena berbasis cloud retail dapat mengurangi biaya terkait pembelian dan pemeliharaan hardware itu sendiri, tidak hanya itu sistem inventory cloud juga menghilangkan biaya kebutuhan tim IT dalam mengelola infrastruktur yang terbilang cukup mahal. Karena baik perawatan ataupun pembaruan sistem akan menjadi tanggung jawab vendor, sehingga perusahaan pengguna hanya perlu membayar sesuai pemakaian tentu ini memberikan pengendalian yang lebih baik.

Skalabilitas

Berbeda dengan sistem inventory on-premise yang memiliki skalabilitas terbatas, sistem inventory berbasis cloud memiliki skalabilitas yang tinggi. Sehingga akan mempermudah dalam menyesuaikan kebutuhan sistem tanpa harus melakukan banyak perubahan infrastruktur, saat bisnis mulai berkembang dan kebutuhan sistem meningkat maka sistem inventory cloud dapat mengakomodasi perubahan yang terjadi seiring dengan pertumbuhan perusahaan. Karena pada dasarnya sistem manajemen inventory berbasis cloud, dirancang untuk dapat beradaptasi dengan mudah saat ada perubahan atau kebutuhan inventory perusahaan tanpa biaya maupun gangguan yang signifikan yang dapat menghambat pertumbuhan.

Memberikan Informasi Secara Real-Time

Sistem manajemen inventory berbasis cloud menawarkan pelacakan inventory secara real-time, memungkinkan bisnis memantau tingkat stok, penjualan, dan pesanan pembelian. Dengan memiliki informasi yang akurat dan terkini akan memudahkan dalam mengambil keputusan serta mencegah kehabisan stok atau kelebihan stok, dengan semua data tersebut akan mempermudah manajemen perusahaan untuk melakukan identifikasi tren produk dan membuat strategi untuk mengoptimalkan penjualan.

Aksesibilitas

Salah satu keunggulan dalam menggunakan sistem inventory berbasis cloud bagi perusahaan retail dan distributor adalah aksesibilitas yang tinggi, karena berbasis cloud maka sistem dapat di akses dari mana saja selama memiliki koneksi internet. Sehingga perusahaan memiliki visibilitas untuk mengakses dan mengelola inventory, melacak tingkat stok, memantau tren pasar, hingga penjualan dari perangkat apa pun yang memiliki akses internet.

Sistem ERP Turboly membuat dan mengelola data supplier, pesanan pembelian, penerimaan, dan semua transaksi yang terkait lainnya adalah salah satu aspek sistem yang paling sederhana namun komprehensif. Supplier dapat berupa anak perusahaan bersama atau supplier internal dan eksternal.

Baca Juga : Perbedaan PO Inventory dan Fixed Asset

turboly.com