Mengapa Harus Menggunakan Software Akuntansi?

image

Seiring berkembangnya perusahaan, memasukkan dan melacak transaksi keuangan secara manual menjadi terlalu rumit dan memakan waktu. Proses akuntansi manual juga menimbulkan tantangan lain, mulai dari kesalahan entri data hingga data yang disimpan rapat dan kesulitan dalam mematuhi peraturan dan perpajakan. Software Akuntansi dapat membantu mengatasi banyak tantangan tersebut.

Berikut adalah beberapa alasan paling umum untuk mengadopsi perangkat lunak akuntansi:

Mengotomatiskan Proses Manual yang Rawan Kesalahan

Entri data manual membutuhkan banyak tenaga kerja, terutama seiring dengan meningkatnya volume transaksi. Hal ini juga meningkatkan kemungkinan kesalahan, yang berpotensi menimbulkan konsekuensi serius bagi bisnis. Peralihan proses manual ke software akuntansi memberikan solusi untuk mengotomatisasi dan mempercepat banyak proses akuntansi, mulai dari input transaksi hingga membuat invoice dan faktur, melacak pembayaran, dan menghasilkan laporan.

Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Ketika bisnis berkembang, kebutuhan akuntansi mereka juga meningkat. Proses akuntansi manual yang rumit dapat menghambat pertumbuhan bisnis. Perusahaan mungkin kesulitan menyelesaikan kegiatan keuangan penting tepat waktu, seperti menagih piutang, rekonsiliasi kas dan bank, membayar tagihan, dan tutup buku pada akhir bulan. Software Akuntansi memungkinkan perusahaan melakukan banyak kegiatan dengan staf yang lebih efisien, membantu perusahaan mengelola pertumbuhan sekaligus mengurangi biaya tenaga kerja.

Mengurangi Kehilangan Data

Menyimpan data keuangan secara manual dalam kumpulan excel atau dokumen kertas berarti semakin sulit untuk berbagi informasi ke seluruh bagian di perusahaan. Dengan menyalin data dari satu sistem ke sistem lainnya lambat, membutuhkan banyak staff, dan berpotensi menyebabkan kesalahan. Software Akuntansi menggabungkan data keuangan ke dalam satu sistem, sehingga setiap orang memiliki akses ke satu sumber informasi yang akurat.

Membuat Keputusan Berdasarkan Data

Ketika informasi keuangan tersebar di berbagai excel dan alat lainnya, sulit bagi manajemen top untuk mendapatkan gambaran akurat tentang apa yang terjadi di seluruh bisnis, dan bahkan lebih sulit lagi untuk membuat budgeting dan forecasting data yang akurat. Dengan memusatkan informasi keuangan dan menyediakan alat pelaporan dan analisis, software Akuntansi membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih tepat.

Memenuhi Tingkat Kepatuhan Peraturan

Seiring dengan berkembangnya perusahaan, kepatuhan terhadap persyaratan perpajakan, standar akuntansi, dan peraturan lainnya menjadi semakin berat. Perusahaan dengan operasi di tingkat regional bahkan internasional harus mematuhi peraturan perpajakan dan akuntansi, misalnya. Software akuntansi dapat membantu mengatasi tantangan ini.

Turboly adalah layanan software akuntansi Indonesia yang membantu memberdayakan bisnis untuk tumbuh di dunia yang berubah dengan cepat khususnya untuk industri retail dan distributor. Turboly Cloud ERP membantu perusahaan dengan mobilitas, manajemen fleksibilitas bisnis, dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Baca Juga : Menentukan Software Akuntansi Bagi Perusahaan

turboly.com