Training Kunci Keberhasilan Implementasi Sistem ERP

image

Kunci Keberhasilan Implementasi Sistem ERP

Dengan kemajuan industri teknologi, hampir sebagian besar perusahaan mulai mengimplementasikan sistem ERP agar terus menjadi yang terdepan. Dalam hal ini, sistem ERP merupakan teknologi yang berperan besar dalam transformasi digital. Perusahaan skala kecil, menengah, hingga skala besar sudah bergantung dan memanfaatkan sistem ERP untuk membantu dalam mengoperasikan, mengelola hingga menganalisa data sebuah perusahaan, mulai dari akuntansi, penjualan, inventory dan distribusi.

Saat perusahaan memutuskan untuk melakukan implementasi sistem ERP, maka perusahaan harus memberikan pelatihan yang tepat kepada karyawan agar mereka memiliki wawasan yang cukup untuk mengoperasikan sistem yang baru. Training sistem ERP sangat penting dan memiliki banyak kontribusi terhadap keberhasilan implementasi sistem ERP itu sendiri. Tanpa pelatihan yang tepat, implementasi ERP justru bisa menjadi malapetaka bagi perusahaan. Karena ini bisa menyebabkan banyak masalah misalnya menurunnya produktivitas, perencanaan yang buruk, kurangnya integrasi bahkan untuk jangka panjang akan meningkatkan biaya dan hilangnya peluang untuk bertumbuh. Oleh karena itu perusahaan harus memberikan training yang tepat agar dapat memanfaatkan sistem ERP dengan optimal, berikut adalah beberapa alasan mengapa training merupakan salah satu kunci keberhasilan dari implementasi sistem ERP:

1. Membantu Karyawan Memahami Proses Bisnis

Menjalankan bisnis pada industri 4.0 sistem ERP sangat memainkan peran penting dalam operasi bisnis untuk tetap unggul dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif, oleh karena alasan tersebut maka tidak sedikit perusahaan yang bermigrasi dari sistem tradisional ke sistem ERP. Untuk mencapai efisiensi kerja yang diinginkan, maka perusahaan harus memberikan pemahaman diseluruh proses bisnis yang dijalankan di sistem ERP. Melalui training perusahaan dapat memastikan produktivitas meningkat serta wawasan untuk memahami seluruh proses bisnis bisa terpenuhi.

2. Memahami Sistem ERP Dengan Baik

Saat perusahaan memutuskan untuk melakukan implementasi ERP itu merupakan keputusan yang sangat tepat, dan karena perusahaan menggunakan sistem baru dalam menjalankan bisnisnya maka staf perlu training untuk mendapatkan wawasan dari berbagai fitur dan fungsi yang disediakan oleh sistem ERP. Karena, sebaik apapun sistem yang digunakan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya tidak akan berdampak bagi perusahaan saat staf tidak memiliki wawasan yang cukup. Training ERP membantu staf memahami bagaimana sistem ERP bekerja, sehingga ini akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

3. Menciptakan Rasa Akuntabilitas

Training ERP secara otomatis akan memberikan pemahaman agar karyawan dapat menggunakan sistem secara optimal. Dengan pelatihan yang tepat akan memastikan bahwa karyawan memahami seluruh proses yang mereka kerjakan, mulai dari input data, membaca laporan hingga membuat laporan itu sendiri. Dengan semua pengetahuan ini, maka secara otomatis akan meningkatkan rasa akuntabilitas terhadap apa yang mereka kerjakan.

4. Membantu Perusahaan Beroperasi Dengan Maksimal

Berinvestasi pada wawasan karyawan melalui training akan membantu perusahaan menjadi lebih produktif, menghemat biaya dan mendapatkan keunggulan kompetitif dalam persaingan bisnis. Dengan pengetahuan yang cukup tentang fungsi dan proses dalam sistem ERP, ini akan meningkatkan kepercayaan karyawan dalam menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga.

Turboly Cloud ERP hadir bagi perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki kesulitan dalam menemukan sistem bisnis yang tepat, yang terjangkau, handal, dapat diperluas dan kelas dunia.

Baca Juga : Strategi Manajemen Perubahan Melalui Implementasi ERP

turboly.com