Alasan Franchise Eksklusif Lebih Menarik

image

Software Franchise Eksklusif

Franchise atau waralaba adalah bisnis yang cukup menarik dan populer, dimana model bisnisnya yang unik menjadikannya berbeda dengan bisnis lainya. Perbedaan yang paling mendasar adalah pemilik bisnis franchise akan memberikan lisensi kepada penerima waralaba atau franchisee sehingga mereka dapat menggunakan merk, produk dan sumber daya lainya untuk mengelola bisnis yang akan dijalankan. Dalam perjanjian bisnis franchise biasanya akan ada pembagian wilayah, dan biasanya franchisor membaginya menjadi dua yaitu wilayah eksklusif dan non eksklusif. Oleh karena itu sangat penting bagi calon franchisee untuk memahami baik itu wilayah eksklusif ataupun wilayah non eksklusif dan manfaat apa yang akan kita dapatkan dari pemilihan wilayah tersebut.

Wilayah eksklusif adalah wilayah atau daerah tertentu yang diberikan kepada franchisee oleh franchisor, untuk menjamin bahwa di wilayah tersebut tidak akan ada franchisee lain dari brand yang sama selama masa kontrak atau perjanjian berakhir. Wilayah non eksklusif adalah wilayah yang diberikan oleh franchisor kepada franchisee, namun berbeda dengan wilayah eksklusif, wilayah non eksklusif biasanya akan memiliki lebih dari satu franchisee yang berada di wilayah tersebut.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa franchisee memilih wilayah eksklusif:

Menghindari Persaingan Internal

Sebagai penerima waralaba kita pasti ingin menjalin hubungan baik dengan sesama mitra franchise dan menghindari persaingan internal, dengan memiliki perjanjian wilayah eksklusif yang dengan jelas mendefinisikan batas-batas operasi sejak awal sehingga akan membantu dalam menangani perebutan pelanggan yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Memberikan Ketenangan

Sebagai penerima waralaba atau franchisee yang memiliki wilayah eksklusif tentu akan merasa aman karena perjanjian wilayah eksklusif sudah dirancang dengan sangat baik untuk menghindari persaingan sesama franchisee. sehingga kita bisa lebih berfokus kepada tujuan bisnis yang sudah ditentukan. Karena sebagai pemilik wilayah eksklusif, kita dapat memaksimalkan semua sumber daya yang diberikan oleh franchisor untuk mengelola wilayah tersebut tanpa perlu ada rasa kuatir pelanggan akan terpecah. Karena pada dasarnya perjanjian wilayah eksklusif memberikan perlindungan yang jelas, tentang siapa saja yang berhak untuk memasarkan di wilayah eksklusif.

Mengurangi Biaya Marketing

Dalam menjalankan bisnis franchise di wilayah eksklusif memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah kita dapat mengurangi biaya pemasaran yang biasanya cukup mahal. Wilayah eksklusif mengatakan bahwa kita adalah satu-satunya franchisee di wilayah tersebut, sehingga tidak perlu berinvestasi lebih banyak untuk mengenalkan produk atau jasa yang kita tawarkan di wilayah tersebut. Namun kita tetap harus memikirkan strategi yang matang untuk dapat bersaing dengan bisnis lain yang ada di wilayah eksklusif kita.

Software Franchise penting untuk mendukung berjalannya manajemen waralaba / franchise management tetap berjalan baik sesuai dengan visi dan misi franchisor. Software Franchise Turboly merupakan software franchise yang menyediakan solusi menyeluruh pengelolaan bisnis waralaba ritel dan jasa bengkel mobil dan motor.

Baca Juga : Alasan Bisnis Franchise Cocok Untuk Pemula

turboly.com