Menggunakan Feedback Franchisee Untuk Meningkatkan Kesuksesan Bisnis Franchise

image

Software ERP Untuk Meningkatkan Kesuksesan Bisnis Franchise

Dalam dunia franchise atau kemitraan, kesuksesan bukanlah hal yang bisa dicapai secara instan dan yang lebih sulit adalah untuk mempertahankannya. Dunia franchise sangat dinamis, oleh karena itu sebagai franchisor kita harus memiliki wawasan yang luas ke dalam inti bisnis dan seputar dunia franchise itu sendiri. Dengan wawasan yang cukup franchisor bisa peka terhadap perubahan pasar, sehingga dapat melakukan inovasi untuk menyesuaikan diri dan melakukan perbaikan secara berkelanjutan.

Franchisor juga dapat mengelola feedback dari franchisee untuk mendorong inovasi bisnis, sebagai individu di garis depan yang berhadapan langsung dengan pelanggan mereka memiliki perspektif berharga untuk kesuksesan bisnis franchise.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa mengelola feedback dapat meningkatkan kesuksesan bisnis franchise:

1. Meningkatkan Operasional Bisnis Franchise

Sebagai penerima waralaba atau franchisee mereka adalah garda terdepan yang berinteraksi langsung setiap hari baik dengan pelanggan, staf maupun seluk beluk operasional bisnis. Sehingga franchisee memiliki gambaran yang sangat jelas bagian mana yang efektif dan bagian mana yang memerlukan penyesuaian, dengan wawasan ini akan memungkinkan bisnis franchise untuk menyempurnakan setiap proses guna meningkatkan efisiensi operasional secara optimal.

2. Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Menjalankan bisnis franchise, kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah hal yang cukup krusial. Pasalnya pelanggan adalah aset yang berharga bagi pertumbuhan bisnis franchise. Oleh karena itu, feedback dari franchisee adalah informasi yang sangat berharga sehingga mampu mempengaruhi pertumbuhan bisnis. Franchisee memiliki wawasan langsung dengan pengalaman pelanggan, sehingga mereka dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai tren, preferensi, dan permasalahan di lapangan yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Dengan memiliki dan menganalisa informasi ini, memungkinkan franchisor untuk menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

3. Menarik Calon Franchisee Baru

Feedback yang diberikan oleh franchisee dan bisa diakses secara bebas, itu akan meningkatkan kepercayaan sehingga franchisor akan berpeluang untuk mendapatkan mitra baru. Di era digital feedback merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan,

Metode untuk Mengumpulkan Umpan Balik Penerima Waralaba :

  • Melakukan Survei Reguler Dengan Franchisee: Melakukan survei berkala yang mencakup berbagai aspek bisnis, termasuk operasi, pemasaran, pelatihan, dan dukungan.
  • Forum Diskusi Franchisee: Menyelenggarakan diskusi berkelompok secara terbuka dengan franchisee untuk mendapatkan masukan yang jujur dan dengan harapan mampu menawarkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan ide-ide inovatif.
  • One on One Meeting dengan Franchisee: Pertemuan individu rutin antara franchisor dan franchisee menyediakan ruang yang akrab untuk berbagi feedback. Interaksi ini menumbuhkan rasa kemitraan, mendorong komunikasi terbuka dan kepercayaan.
  • Platform Digital: Memanfaatkan platform komunikasi digital atau portal intranet memungkinkan pengumpulan feedback secara berkelanjutan. Sehingga franchisee dapat menyampaikan ide, permasalahan di lapangan, dan saran sesuai keinginan mereka, sehingga menciptakan komunikasi yang dinamis.

Software Franchise penting untuk mendukung berjalannya manajemen waralaba / franchise management tetap berjalan baik sesuai dengan visi dan misi franchisor. Software Franchise Turboly merupakan software franchise yang menyediakan solusi menyeluruh pengelolaan bisnis waralaba ritel dan jasa otomotif (bengkel).

Baca Juga : Bisnis Ini Juga Bisa Dikembangkan Menjadi Franchise Lho

turboly.com