Peran Software ERP Dalam Pengendalian Biaya Pada Bisnis Waralaba

image

Sistem ERP Untuk Mengelola Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang cukup dinamis, kesalahan kecil bisa berdampak fatal pada keberlangsungan perusahaan. Salah satu aspek yang cukup krusial dalam menjalankan bisnis waralaba adalah pengendalian biaya, menurut penelitian 82% faktor utama kegagalan sebuah perusahaan disebabkan oleh pengelolaan arus kas yang buruk. Pengendalian biaya dalam bisnis waralaba merupakan faktor yang sangat penting untuk bertahan dan mencapai tujuan bisnis. Dengan pengendalian biaya yang efektif akan membantu perusahaan mendapatkan profitabilitas yang maksimal sehingga dapat bersaing di pasar yang kompetitif.

Solusi software akuntansi akan membantu pengendalian biaya bisnis waralaba menjadi efektif di semua sektor, sistem akuntansi memberikan data yang terpusat sehingga memudahkan perusahaan menganalisis bagian mana yang perlu diperbaiki sehingga tidak menimbulkan biaya tambahan yang berpotensi mempengaruhi arus kas perusahaan.

Berikut adalah beberapa peran penting Software Akuntansi dalam membantu pengendalian biaya pada bisnis franchise/waralaba:

Forecasting yang lebih baik

Forecasting berperan penting dalam menjalankan bisnis waralaba, pasalnya langkah ini akan mempengaruhi seluruh aspek bisnis. Misalnya dalam kasus pengadaan bahan baku, tanpa forecasting yang baik maka kegiatan supply chain akan terganggu di semua jaringan mitra franchise. Dengan solusi software akuntansi yang memiliki data terpusat dan menyimpan seluruh proses transaksi, tentu akan memudahkan perusahaan dalam melakukan analisis sehingga menjamin bisnis tidak kehabisan maupun kelebihan bahan baku yang bisa berpotensi menyebabkan biaya penyimpanan meningkat. Dengan membaca history transaksi secara keseluruhan, perusahaan memiliki data yang jelas misalnya pada bulan apa saja penjualan meningkat maupun sebaliknya, sehingga memungkinkan perusahaan melakukan forecasting sesuai data bukan insting.

Efisiensi

Meskipun strategi menyeluruh sangat penting untuk pengendalian biaya yang efektif, pemeriksaan terperinci terhadap setiap departemen dalam waralaba juga sama pentingnya. Pemberi waralaba dan penerima waralaba harus melakukan tinjauan komprehensif terhadap masing-masing departemen untuk mengidentifikasi area spesifik yang perlu ditingkatkan, ditingkatkan efisiensinya, dan dikurangi biayanya. Pendekatan yang disesuaikan ini memastikan bahwa langkah-langkah pengendalian biaya tidak hanya diterapkan pada tingkat makro namun juga dioptimalkan untuk dinamika unik setiap fungsi bisnis.

Menjaga Persediaan

Seperti yang kita ketahui bahwasanya dalam menjalankan bisnis waralaba, menjaga level stok persediaan agar tetap seimbang sangat berpengaruh pada kesehatan arus kas perusahaan. Tanpa solusi software akuntansi bisnis akan kesulitan dalam mengendalikan arus kas perusahaan, karena perusahaan tidak memiliki laporan stok yang real-time sehingga akan menimbulkan pengadaan barang yang tidak sesuai kebutuhan. Hal ini tentu akan membuat perusahaan dalam masalah besar jika tidak ditangani dengan benar.

Solusi software akuntansi tidak hanya akan membantu bisnis waralaba dalam menjaga level stok agar seimbang, lebih dari itu sistem akuntansi online akan memastikan bahwa pelanggan akan mendapatkan produk yang mereka inginkan sehingga ini akan membantu meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan secara bersamaan.

Baca Juga : Menguak Peran Software Akuntansi untuk Bisnis

Menggunakan model SaaS

Solusi Sistem Akuntansi Online merupakan teknologi mutakhir yang menjadi terobosan baru bagi bisnis waralaba yang menginginkan pengendalian biaya yang efisien dalam satu sistem, software keuangan berbasis cloud ini juga tergolong ramah dikantong karena telah menggunakan model Software as a service (SaaS) yang dimana pelanggan hanya akan membayar sesuai kebutuhan bisnis yang mereka jalankan. Semua kebutuhan mulai dari sistem penjualan, manajemen inventory, hingga akuntansi telah tersedia.

Berinvestasi pada software akuntansi akan menghasilkan akurasi keuangan perusahaan waralaba yang akurat. Kondisi riil setiap franchisee akan dapat dikontrol, owner franchise juga sangat terbantu dalam menentukan kebijakan produk franchise-nya.

Software akuntansi Turboly, menghadirkan solusi sistem akuntansi online untuk bisnis waralaba. Dengan modul akuntansi franchise, menghadirkan 2 jenis pengelolaan waralaba managed by franchisor dan managed by franchisee sehingga fleksibilitas pengelolaan bisnis waralaba dapat disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Jadwalkan demo untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai software franchise Turboly.