6 Cara Memaksimalkan Cloud Accounting Modern

image

Cloud Accounting Modern Solusi Software Akuntansi Online Terbaik

Ada suatu masa ketika akuntansi dan pembukuan dilakukan secara “rahasia” oleh satu orang. Pembaruan apa pun tentang bagaimana kinerja bisnis ritel dibiarkan sampai orang tersebut mengetahui laporannya dan mengirimkan kembali laporan tentang apa yang telah berjalan dengan baik, apa yang tidak begitu baik, dan bagaimana segala sesuatunya dapat ditingkatkan.

Pelaporan tahunan dulunya rumit, memakan waktu, dan sejujurnya, sedikit berantakan. Ini adalah hari-hari sebelum software akuntansi online berbasis cloud modern muncul.

Dan sekarang software akuntansi cloud, Manajer Keuangan, Bookkeeper, dan Akuntan mencari cara agar mereka dapat benar-benar menguasai akuntansi cloud modern, dan di situlah tips praktik terbaik ini mungkin berguna.

Tip #1: Keamanan Data Terjamin

Saat menggunakan sistem akuntansi cloud, proses pencatatan harian dan tutup buku akan menjadi lebih mudah karena sistem akan melakukan pembaruan otomatis dan backup data secara berkala. Hal ini tidak hanya memberi Anda perlindungan lebih, namun Anda juga akan selalu memiliki salinan data Anda jika Anda membutuhkannya.

Tip #2: Fully Integrated

Sistem Akuntansi Online telah menyatukan semua bidang dalam teknologi cloud modern, sistem akuntansi mengintegrasikan seluruh departemen di perusahaan mulai dari penjualan, pembelian, inventaris, pengeluaran karyawan, dan banyak lagi.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Software Akuntansi Online di Indonesia

Tip #3: Rekonsiliasi Transaksi Real-Time

Untuk memastikan semua transaksi 100 persen akurat dengan transaksi bank, ada baiknya untuk merekonsiliasi transaksi Anda secara teratur. Bergantung pada berapa banyak Anda memposting selama jangka waktu tertentu, Anda mungkin menganggap sebulan sekali adalah waktu yang ideal atau dua kali seminggu mungkin lebih disukai. Jika ada perbedaan antara transaksi realtime dan transaksi yang ditemukan di sistem akuntansi, perbarui akun tersebut dan Anda akan dapat melanjutkan rekonsiliasi. Artinya, menjelang akhir periode, akuntan akan merasa aman karena mengetahui bahwa data transaksi sudah tercatat dengan akurat.

Tip #4: Pertahankan Jejak Audit

Sistem yang berjalan di cloud, kita semua tahu bahwa setiap anggota staf dapat mengakses sistem dimanapun. Namun hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa jika terjadi perubahan, mustahil mengetahui siapa yang mengubah apa dan kapan. Sistem akuntansi online akan memberikan jejak audit baik untuk akun maupun perubahan besar lainnya, sehingga Anda dapat dengan mudah mengembalikan segala sesuatunya ke tempatnya jika ada pembaruan yang salah.

Tip #5: Ingat biaya Anda yang sebenarnya

Jika akuntansi Anda terintegrasi dengan seluruh bisnis, termasuk inventory yang merupakan aset terpenting dari setiap bisnis ritel, maka Anda harus selalu ingat untuk memperhitungkan biaya produk yang sebenarnya. Tentu saja ketika berbicara tentang semua biaya penting tersebut, yang kadang-kadang dapat diabaikan. Saat membawa barang masuk dan keluar dari gudang, ada biaya tambahan yang harus diperhitungkan selain harga eceran dan distributor. Apakah perlu mengasuransikan barang selama transit? Apakah perlu membayar biaya pengiriman dan pengangkut tambahan? Bagaimana dengan pajak jika membeli atau menjual di luar negeri? Semua biaya ini harus diperhitungkan, baik secara manual atau otomatis jika sistem Anda memungkinkan.

Kiat #6: Berkolaborasi

Dengan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk memanipulasi data untuk membuat laporan manual, lebih banyak waktu dapat dihabiskan untuk menafsirkan data dan berkolaborasi dengan seluruh bisnis. Saat Anda melaporkan arus kas, laba, dan anggaran secara rutin, jika Anda melihat ada hal yang dapat ditingkatkan, bekerjalah dengan setiap departemen manajer di seluruh bisnis untuk menerapkan perubahan. Dan kabar baiknya tentang data real-time ini berarti Anda dapat mengawasi cara kerja perubahan ini, dan jika diperlukan, tingkatkan lagi hingga proses Anda 100 persen tepat untuk bisnis dan keuangannya.

Software Akuntansi Online Turboly menawarkan semua solusi ERP terintegrasi yang memudahkan perusahaan dalam mengelola transaksi keuangan sekaligus meningkatkan efisiensi operasional.

Dengan berbagai fitur canggih seperti inventory management, rekonsiliasi bank hingga laporan keuangan konsolidasi multiple perusahaan, Turboly adalah solusi ideal untuk mendukung kebutuhan keuangan perusahaan yang kompleks dan dinamis.

Jadwalkan demo untuk melihat bagaimana Turboly Software Akuntansi Online Terbaik dapat membantu optimalisasi operasional keuangan perusahaan.