Perangkat Lunak ERP Mendorong Proses Akuntansi yang Akurat

image

Integrasi Sistem Akuntansi dalam Perangkat Lunak ERP untuk Proses Akuntansi yang Akurat

Apa itu ERP?

Enterprise resource planning (ERP) adalah sistem perangkat lunak yang membantu Anda menjalankan seluruh bisnis Anda, mendukung otomatisasi dan proses di bidang keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, rantai pasokan, layanan, pengadaan, dan banyak lagi.

ERP adalah singkatan dari perencanaan sumber daya perusahaan, tetapi apa artinya ERP? Cara paling sederhana untuk mendefinisikan ERP adalah dengan memikirkan semua proses bisnis inti yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan: keuangan, SDM, manufaktur, rantai pasokan, layanan, pengadaan, dan lainnya. Pada tingkat paling dasar, ERP membantu mengelola semua proses ini secara efisien dalam sistem terintegrasi. Ini sering disebut sebagai sistem catatan organisasi.

Namun sistem ERP saat ini sudah sangat berkembang dibandingkan dengan ERP beberapa dekade yang lalu. Teknologi cloud memberikan otomatisasi, efisiensi yang lebih besar, dan informasi instan di seluruh bisnis. Modern cloud ERP software juga menghubungkan operasi internal dengan mitra bisnis dan jaringan di seluruh dunia, memberi perusahaan kolaborasi, kelincahan, dan kecepatan mereka harus kompetitif hari ini.

Mengapa ERP Penting?

ERP digambarkan sebagai “ sistem saraf pusat suatu perusahaan, ” sebuah Sistem perangkat lunak ERP menyediakan otomatisasi, integrasi, dan intelijen yang penting untuk menjalankan operasi bisnis sehari-hari secara efisien. Sebagian besar atau semua data organisasi harus berada dalam sistem ERP untuk memberikan satu sumber kebenaran di seluruh bisnis.

Bagian Akuntansi membutuhkan ERP untuk menutup buku bulanan dan tahunan dengan cepat. Penjualan membutuhkan ERP untuk mengelola semua pesanan pelanggan. Logistik & pembelian bergantung pada perangkat lunak ERP yang berjalan dengan baik untuk memberikan produk dan layanan yang tepat kepada pelanggan tepat waktu. Bagian Keuangan Hutang akun membutuhkan ERP untuk membayar supplier dengan benar dan tepat waktu. Manajemen membutuhkan visibilitas instan ke dalam kinerja perusahaan untuk membuat keputusan tepat waktu. Dan bank dan pemegang saham membutuhkan catatan keuangan yang akurat, sehingga mereka mengandalkan data dan analisis yang andal yang dimungkinkan oleh sistem ERP.

Kaitan ERP dan Akuntansi

Seperti yang dibahas dalam diatas, bagian Akuntansi membutuhkan ERP untuk menutup buku bulanan dan tahunan dengan cepat. Artinya apakah ERP wajib didukung dengan Software Akuntansi yang cerdas. Bagaimana ERP Membantu Departemen Akuntansi?

Mengotomatiskan Proses Akuntansi

Sistem ERP membantu mengotomatiskan banyak tugas akuntansi seperti hutang, piutang, buku besar, dan pelaporan keuangan. Hal ini mengurangi entri data manual dan kesalahan, meningkatkan efisiensi, dan memungkinkan akuntan untuk fokus pada pekerjaan yang lebih strategis.

Memberikan Satu Sumber Kebenaran

Dengan ERP, semua data keuangan Anda disimpan di satu tempat. Sumber kebenaran tunggal ini memberikan pandangan terpadu kepada manajemen dan akuntan mengenai kinerja dan posisi keuangan perusahaan. Laporan dan analisis akan akurat dan terkini.

Menyederhanakan Penutupan Bulanan dan Tahunan

Perangkat lunak ERP dirancang untuk menyederhanakan tugas-tugas seperti merekonsiliasi akun, mengkonsolidasikan keuangan, dan menghasilkan laporan yang diperlukan untuk penutupan bulanan dan tahunan. Hal ini dapat memperpendek siklus penutupan dari berminggu-minggu menjadi hanya beberapa hari. Akuntan memiliki lebih banyak waktu untuk menganalisis dan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk memanipulasi data dan membuat laporan.

Memungkinkan Pelaporan dan Wawasan Waktu Nyata

Sistem ERP modern menyediakan akses real-time ke data melalui dashboard dan alat pelaporan. Akuntan dan manajemen dapat melihat metrik keuangan dan operasional terkini untuk mendapatkan wawasan dan membuat keputusan yang cepat dan tepat. Data real-time juga memungkinkan pemantauan dan perkiraan terus menerus.

Menyediakan Jejak Audit dan Pengendalian Internal

Sistem ERP yang kuat menawarkan kontrol internal yang kuat dan jejak audit untuk memenuhi persyaratan kepatuhan. Semua transaksi, pengeditan, dan entri dicatat, diberi cap waktu, dan ID pengguna. Jejak audit terperinci ini dapat ditinjau kapan saja untuk transparansi dan akuntabilitas. Kontrol seperti pemisahan tugas dan alur kerja persetujuan juga membantu mengurangi risiko.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Software Akuntansi Online di Indonesia

Kesimpulan

Dengan demikian, perangkat lunak ERP yang terintegrasi memberikan manfaat besar bagi departemen akuntansi dalam menutup buku bulanan dan tahunan dengan cepat. Sistem ERP yang kuat dan akurat mendukung semua proses bisnis inti perusahaan, termasuk keuangan. Dengan mengintegrasikan ERP dengan perangkat lunak akuntansi cerdas, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan wawasan keuangan. Menggunakan ERP terintegrasi sepenuhnya dapat membantu perusahaan mengelola keuangan dan operasionalnya dengan lebih baik, memberdayakan para pemimpin untuk membuat keputusan bisnis yang tepat waktu dan terinformasi.

Turboly menyediakan Sistem Akuntansi berbasis cloud. Sistem Akuntansi Online ini terintegrasi penuh dengan perangkat lunak ERP Turboly. Software ini menjadi solusi terbaik perusahaan ritel dan distributor yang ingin mengotomatisasikan proses bisnis hingga menjadi sebuah laporan keuangan yang akurat.

Jadwalkan demo sekarang, dan konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda.