Pentingnya Dan Manfaat Software Inventory Management

image

Software Inventory Indonesia

Sering dianggap sebelah mata, berikut manfaat software inventory di perusahaan

Salah satu komponen terpenting dari setiap rencana bisnis adalah persediaan. Inventory Management yang efektif adalah sesuatu yang selalu ditekankan oleh pemilik bisnis karena menentukan masa depan perusahaan yang dapat membuat atau menghancurkan perusahaan mereka. Meskipun beberapa pemilik bisnis sadar akan relevansi dan perlunya mengelola persediaan secara teratur, ada pula yang tidak menyadari fakta ini, sehingga memungkinkan perusahaan mereka terjerumus dalam kesenjangan tersebut.

Mengapa Pengendalian persediaan Penting?

Merencanakan dan mengelola persediaan membantu perusahaan kecil mengendalikan peluang kas operasi mereka. Karena keterbatasan sumber daya keuangan, UKM tidak selalu mampu membeli barang dagangan dalam jumlah besar. Mereka dapat dengan tepat memprediksi berapa banyak stok yang akan mereka perlukan dan kapan mereka akan memerlukannya jika mereka memiliki kendali yang lebih baik atas persediaan mereka. Akibatnya, dana tambahan mungkin tersedia untuk digunakan di divisi bisnis lainnya. Biaya tenaga kerja yang terkait dengan persediaan dapat dikurangi oleh usaha kecil melalui pengendalian persediaan dan pendekatan perencanaan yang efektif. Ini terdiri dari waktu yang dihabiskan untuk mengangkut stok dan menghitung persediaan. Selain itu, ini mencegah fraud kehilangan atau pencurian dari lingkungan internal. Karyawan yang pandai melihat kelemahan kontrol akan mengambil kesempatan untuk menggunakan barang demi keperluan mereka sendiri. Pemilik bisnis tidak akan tahu apa-apa jika tidak ada pengendalian persediaan.

Pentingnya dan Manfaat Manajemen persediaan

Pentingnya manajemen persediaan tidak bisa dilebih-lebihkan, khususnya bagi perusahaan ritel online dan eCommerce. Merek dapat memenuhi pesanan secara tepat waktu dan tepat berkat pelacakan persediaan yang akurat. Manajemen persediaan bisnis harus berkembang seiring dengan pertumbuhan operasi mereka. Perusahaan dapat memperoleh manfaat pengelolaan persediaan seperti berikut ini ketika mereka memiliki strategi komprehensif yang mengoptimalkan proses pengamatan dan pengendalian aset, termasuk data real-time tentang kondisi dan tingkat persediaan.

Ketepatan dalam Pemenuhan Pesanan

Anda dapat memantau persediaan barang di gudang dengan mudah jika Anda memiliki sistem manajemen persediaan yang baik. Dengan ini akan mengurangi potensi kelebihan stok, barang kadaluwarsa, dan kekurangan stok, dan mulailah berkonsentrasi untuk meningkatkan brand Anda ke posisi terdepan di pasar dengan bantuan software inventory management. Dipadukan dengan software akuntansi yang efektif, buatlah rencana yang solid untuk mencegah pesanan diproses secara tidak benar, tingkat pengembalian yang tinggi, dan penurunan basis klien.

Baca Juga : Meningkatkan Pelacakan dan Pengiriman Inventory dengan Sistem Manajemen Gudang

Pemesanan dan Perencanaan persediaan yang Lebih Baik

Bisnis harus mencapai keseimbangan antara penawaran dan permintaan, oleh karena itu manajemen persediaan membantu pengelolaan dan pembelian stok barang secara efektif. Pertimbangkan situasi di mana terdapat permintaan yang tinggi terhadap suatu komoditas tertentu tetapi pasokan produk tersebut tidak mencukupi. Kedengarannya seperti mimpi buruk, bukan? Masalah-masalah ini dikurangi dengan manajemen persediaan menyeluruh seperti software inventory management dari Turboly ERP, yang memungkinkan manajer gudang hanya mengisi kembali persediaan bila diperlukan. Ini ekonomis dan hemat ruang.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Sistem inventory management yang metodis dan efektif akan memberi Anda pemahaman menyeluruh tentang stok Anda saat ini, yang menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. Pelanggan yang membeli di sektor ritel sering kali merasa frustrasi karena “kehabisan stok” atau keterlambatan pengiriman dan berhenti mengunjungi situs web sama sekali. Namun, pengendalian persediaan yang efektif mempercepat pemenuhan pesanan dan pengiriman barang ke pelanggan. Prosedur yang ditingkatkan ini dapat membantu pengecer online dan perusahaan eCommerce membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan membuat mereka kembali lagi.

Kondisi Gudang yang Rapi

Pusat pemenuhan yang terorganisir dihasilkan dari pendekatan manajemen persediaan yang efektif. Rencana pemenuhan di masa depan dan saat ini akan lebih efektif bila gudang diorganisir. Bagi organisasi yang menggunakan gudang untuk mengelola persediaan, hal ini mencakup penghematan biaya dan peningkatan pemenuhan produk.

Kesimpulan

Meminimalkan pemblokiran sumber daya keuangan adalah tujuan utama pengendalian persediaan. Hal ini mengurangi penguncian kas yang tidak diperlukan dalam surplus persediaan dan meningkatkan posisi likuiditas perusahaan.

Manajemen perusahaan dapat membuat penilaian lebih cepat terhadap persediaan di gudang dengan menggunakan alat pelacakan persediaan yang efektif. Usaha kecil dan menengah dapat mengelola persediaan mereka pada tingkat terbaik dengan software inventory management yang dapat disesuaikan yang disediakan oleh Cloud ERP Turboly.

Jadwalkan demo sekarang dan mulailah rencanakan manajemen persediaan di perusahaan Anda.