Software Manajemen Ritel untuk Meningkatkan Value Sebuah Toko

image

Membangun Value Toko Ritel dengan Software Management Retail

Ritel adalah bisnis yang dinamis selalu berubah dan telah mengalami transformasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Peralihan dari industri yang berbasis merek ke industri yang berbasis produk, dan kini menuju pengalaman berbasis value/ nilai, bisa jadi cukup meresahkan. Pelanggan generasi baru telah tumbuh dengan menggunakan gadget online dan melakukan pembelian dari kenyamanan rumah mereka sendiri melalui perangkat seluler. Akibatnya, bisnis harus membangun hubungan simbiosis dengan pelanggan mereka di seluruh titik kontak pelanggan dan menemukan solusi ritel.

Pada titik ini, pertanyaan kuncinya adalah: Bagaimana konsumen akan berinteraksi dengan penjual di masa depan? Para pebisnis ritel kini harus mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat mengenai cara transformasi operasional toko mereka dan meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan di masa depan.

Memanfaatkan Manfaat Belanja Sosial

Meskipun digitalisasi meningkat, sebagian besar pelanggan lebih memilih untuk membeli di toko-toko yang menyediakan pendekatan personal yang tidak bisa dilakukan oleh e-commerce. Orang mendambakan pengalaman sosial yang mendalam. Software manajemen ritel harus dikoordinasikan untuk memastikan pengalaman berbelanja yang lancar mulai dari sekedar melihat-lihat hingga konversi.

Pengusaha ritel harus memahami perubahan kebutuhan konsumen untuk mulai memikirkan kembali toko mereka, mengurangi aset yang tidak diperlukan, dan berinvestasi pada keterampilan yang akan membuat toko mereka relevan. Mereka harus mencari isu-isu spesifik seperti bauran ritel yang tepat, tata letak, produk, visual merchandising, promotor di dalam toko, dan infrastruktur teknologi. Pengecer juga harus merencanakan saluran dan prosedur untuk membangun hubungan pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan.

Mengintegrasikan Toko Sepenuhnya dengan Ekosistem Konsumen

Peralihan cepat ke pembelian online telah membahayakan nilai masa depan toko fisik. Namun, hal ini tidak berarti bahwa toko fisik akan menjadi ketinggalan jaman, setidaknya dalam waktu dekat. Namun, fungsi toko fisik sebagai elemen terintegrasi dari ekosistem konsumen perlu didefinisikan ulang. Masyarakat tidak lagi menjadi konsumen yang tidak sadar dan mengandalkan berbagai saluran media untuk memperoleh pengetahuan yang mereka perlukan sebelum mengunjungi toko. Ini adalah momen yang menentukan bagi mereka.

Sayangnya, toko masih memandang digital dan fisik sebagai entitas yang berbeda. Mereka harus mengubah prosedur operasi mereka untuk menangani masalah ini dengan serius. Toko ritel fisik dan digital harus saling melengkapi dan bukannya bersaing dalam ekosistem dimana pelanggan dapat dengan cepat beralih dari satu saluran ke saluran lainnya. Pelanggan mempunyai hak untuk memilih bagaimana mereka ingin berinteraksi dengan merek ritel; dengan demikian, semua saluran harus terhubung secara seragam dari sudut pandangnya.

Semua aktivitas terjadi dengan merek dan bukan dengan saluran, apakah mereka melihat / menyentuh barang, membeli, membayar, mengembalikan, atau mencari bantuan. Pengalaman negatif di saluran mana pun dapat mempengaruhi pertimbangan merek secara keseluruhan. Memikirkan kembali relevansi toko fisik tidak hanya berarti menggabungkannya ke dalam strategi digital, namun juga mengaburkan perbedaan di antara keduanya sehingga dapat berjalan dengan mudah bagi pembeli.

Menyederhanakan Proses Transaksi di Toko

Toko ritel yang sukses bergantung pada beberapa operasi front-end dan back-end. Manajemen ritel memerlukan pengembangan operasi yang efisien yang memungkinkan berpusat pada konsumen dan kemudahan administrasi oleh pemangku kepentingan bisnis. Prosedur toko harus dibuat untuk memudahkan pelacakan dan pemeliharaan, mulai dari memperbarui catatan stok hingga melaksanakan merchandising visual berbasis analitik, manajemen planogram, dan manajemen bakat. Toko ritel yang dikelola dengan baik dengan perspektif tunggal dari seluruh mesin ritel akan tetap dapat beradaptasi dan berkembang sebagai respons terhadap permintaan pasar. Administrasi ritel yang efisien yang memanfaatkan software ritel menghemat waktu dan menghasilkan pengalaman pembelian yang lebih baik di semua saluran.

Baca Juga : 5 Tips Mengelola Operasi di Toko Ritel

Menggunakan Data yang Akurat untuk Membuat Keputusan

Akan ada konsekuensi portofolio ketika pengusaha ritel mempertimbangkan kembali fungsi dan relevansi toko mereka. Mereka harus mengubah fungsi toko menjadi pusat pengiriman utama, dan sebagainya. Oleh karena itu, sekaranglah saatnya bagi mereka untuk mulai menggunakan alat analisis ritel untuk menangkap dan mengelola indikator-indikator penting di seluruh operasi dan meningkatkan pengambilan keputusan.

Reformasi ritel saat ini tidak diragukan lagi akan berdampak pada perekonomian di tingkat toko. Akibatnya, indikator kinerja standar seperti penjualan toko, ukuran keranjang, dan kehadiran tidak akan mencukupi. Di masa depan, pengecer perlu melacak metrik yang memberikan perspektif terkonsolidasi mengenai operasional toko mereka. Mereka harus mempertimbangkan KPI seperti loyalitas pelanggan, dampak visual merchandising, ukuran toko vs. total pengunjung, dan lainnya selain indikator transaksional dalam Software Ritel.

Kesimpulan

Software Manajemen ritel menyediakan banyak fitur dan informasi laporan yang bervariasi. Dengan masa depan yang penuh ketidakpastian dan tidak adanya solusi spesifik, ritel memerlukan strategi berbasis data yang dapat menghasilkan pemikiran jernih, tindakan tegas, dan eksekusi saluran yang sukses. Meskipun demikian, ide dasarnya tetap sama yaitu kepuasan konsumen. Setiap langkah kecil, serta setiap keputusan penting dan berisiko, harus direncanakan dengan tujuan memberikan proposisi nilai yang berbeda kepada klien.

Software Manajemen Ritel Turboly, menghadirkan solusi ritel berbasis cloud. Dengan fitur yang lengkap Software ERP Retail membantu meningkatkan value toko ritel spesialis berbasis pengalaman pelanggan. Jadwalkan demo sekarang dan konsultasikan kebutuhan bisnis ritel Anda.