5 Tips Mengelola Operasi di Toko Ritel

image

Toko ritel harus bisa selalu menarik pelanggan baru dan menjaga pelanggan lama untuk tetap loyal Bagaimanapun, pelanggan adalah sumber kehidupan dari setiap bisnis ritel sehingga operasi ritel harus berjalan sebaik mungkin.

Berikut adalah 5 tips untuk mengelola operasi ritel, menarik pelanggan baru, mendapatkan pembelian yang berulang, mengontrol stok, dan membuat staf toko tetap termotivasi.

1. Menjaga Minat Pelanggan

Menciptakan pelanggan setia dan bahagia membutuhkan usaha. Cara sederhana untuk tetap diingat adalah dengan menerapkan program loyalitas pelanggan. Jalin komunikasi intens dengan pelanggan setia melalui email ataupun pesan singkat untuk selalu update informasi terbaru dengan mereka. Khususnya menjelang peluncuran produk dan layanan baru, promosi produk yang sering mereka gunakan. Sesekali buatlah survey kepuasan pelanggan melalui media sosial untuk membuat mereka selalu terlibat dalam pertumbuhan bisnis.

2. Perhatikan Pelanggan Anda

Selalu memenuhi kebutuhan setiap pelanggan dan memberi mereka layanan pelanggan yang luar biasa. Meningkatkan kepuasan pelanggan walaupun sedikit dapat menghasilkan pelanggan setia.

Melatih karyawan untuk selalu waspada dan peka terhadap masalah pelanggan. Jika mereka melakukan kesalahan, perhatikan dan atasi masalah tersebut agar mereka tidak mengulanginya. Bagian penting dari mengelola toko ritel adalah membuat pelanggan datang kembali, dan saat mereka senang maka tak akan ragu untuk membagikan pengalaman mereka kepada koleganya.

3. Jaga agar Staf Anda Tetap Update Informasi dan Terus Termotivasi

Pastikan bahwa staf toko memiliki pengetahuan produk yang baik. Latih mereka tentang produk baru secara teratur sehingga mereka tetap up-to-date. Siapkan insentif penjualan untuk membuat mereka bahagia dan termotivasi.

4. Tarik Perhatian Pelanggan

Tampilkan produk sedemikian rupa sehingga pelanggan dapat menemukannya dengan mudah. Atur dengan rapi dan menarik sehingga produk mudah dilihat. Juga, pastikan bahwa suasana toko dibersihkan secara teratur. Toko ritel Anda harus selalu bersih dan rapi.

5. Jual Produk yang Bergerak Lambat

Berikan diskon khusus untuk item yang slow moving, atau bundle dengan produk yang bergerak cepat untuk mendorong pergerakan stok inventory lama. Menjual slow moving stock walau sedikit lebih baik daripada tidak menjualnya sama sekali.

Menjalankan toko ritel memiliki tantangan tersendiri. Tetap disiplin dan konsisten dalam mencapai target tujuan adalah kuncinya. Kunci lain adalah menggunakan Sistem Point of Sale (POS) untuk membantu mengelola semua proses mulai dari penerimaan barang, penjualan hingga ke laporan keuangan.

Baca Juga : 6 Cara Mengelola Keuangan di Toko

turboly.com