Manfaat software akuntansi cloud untuk bisnis

image

Software Akuntansi Online Berbasis Cloud

Saatnya Beralih ke Software Akuntansi Berbasis Cloud

Apakah perusahaan Anda masih menggunakan sistem akuntansi versi lama dan mungkin sudah merepotkan? Dengan alasan budget yang mengharuskan Anda tetap menggunakan software lama atau mungkin Anda belum yakin dengan perpindahan ke cloud. Mari kita lihat manfaat utama software akuntansi berbasis cloud, dan perbedaannya bagi bisnis Anda.

Apa itu Akuntansi Cloud?

Akuntansi cloud berarti menggunakan software berbasis cloud untuk mengakses catatan keuangan bisnis Anda, termasuk data pendapatan, pengeluaran, aset, dan kewajiban. Data disimpan dari jarak jauh di cloud, bukan di hard drive perangkat Anda. Artinya, orang dengan login yang valid dapat mengakses pembukuan bisnis Anda dan menggunakan fungsi seperti pembuatan faktur, penawaran harga, dan pengelolaan tagihan dari perangkat apa pun yang memiliki koneksi internet.

Apa itu software akuntansi berbasis Cloud?

Software akuntansi adalah jenis program yang menjalankan beberapa tugas akuntansi dan pembukuan termasuk mencatat transaksi sehari-hari, menyimpan data, dan mengarsipkan faktur. software akuntansi berbasis cloud melakukan tugas-tugas ini tetapi tidak harus diinstal pada satu atau lebih komputer. Sebaliknya, data diakses melalui internet, dengan semua data disimpan di cloud. Ini jauh lebih aman dan mudah diakses dibandingkan software akuntansi biasa. Akuntansi berbasis cloud juga memungkinkan penyesuaian laporan keuangan yang lebih banyak, sehingga populer di kalangan akuntan.

Bagaimana Cara Kerja software Akuntansi Cloud?

Sebagian besar platform software akuntansi cloud menawarkan layanan berbasis langganan (software as a service), di mana klien membayar bulanan untuk akses ke sistem. Biasanya software Anda dapat dihubungkan ke rekening bank sehingga Anda mendapatkan informasi terkini secara otomatis tentang keuangan Anda. Akuntansi berbasis cloud dengan cepat menjadi terobosan yang sangat populer bagi bisnis, memungkinkan mereka menyederhanakan proses internal, menghemat waktu, dan mengakses pembukuan mereka dari jarak jauh.

Mengapa Perusahaan Menggunakan Software Cloud Accounting?

Banyak perusahaan senang menggunakan software akuntansi cloud karena skalabilitas, kemudahan penggunaan, dan otomatisasi-nya. Dunia usaha bisa mendapatkan manfaat dari perlambatan finansial secara instan, pengurangan beban kerja, kemudahan membayar pajak, aksesibilitas untuk tim yang bekerja secara remote, dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.

Namun, alasan utama bisnis memilih software akuntansi cloud adalah untuk memastikan praktik keuangan yang baik. Hal ini mencakup kepatuhan, keakuratan, dan peluang untuk mengukur kesehatan keuangan hanya dengan satu platform.

Apa Manfaat Cloud Accounting?

Otomatisasi Menghemat Waktu

Semua tugas rutin yang dapat diprediksi dan berulang yang dilakukan setiap bulan oleh fungsi keuangan Anda. Membuat laporan, membuat faktur, dan mengonversi mata uang bisa menjadi tugas manual yang memakan waktu dan menciptakan tantangan bagi staf Anda karena membuat mereka terjebak dalam proses yang biasa namun penting. Karena kita semua melakukan kesalahan dari waktu ke waktu, maka mereka juga rentan terhadap kesalahan manusia.

Salah satu manfaat paling nyata dari software akuntansi cloud adalah ia dapat mengotomatiskan tugas-tugas ini, sehingga laporan Anda dibuat dengan mudah setiap bulan, dan staf Anda dapat menghabiskan waktu mereka pada tugas-tugas yang lebih berharga dan strategis yang memberikan manfaat ekstra bagi bisnis Anda.

Akuntansi Cloud Menghemat Biaya

Software akuntansi cloud tidak memerlukan kehadiran fisik yang sama seperti sistem berbasis desktop. Anda tidak memerlukan dukungan IT internal; dengan Software Akuntansi Turboly, semua ini akan tersedia di ujung telepon, menghemat biaya staf dan ruang. Server dan lisensi tidak akan ada lagi dan sistem Anda akan ditingkatkan secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli software baru setiap kali ada pembaruan. Terlebih lagi, sistem akuntansi cloud dapat diakses dari komputer mana pun; jadi jika sesuai dengan bisnis Anda, staf dapat bekerja dari rumah atau saat bepergian.

Tetap up-to-date dan aman

Keamanan merupakan perhatian besar bagi setiap perusahaan, dan keuangan merupakan hal yang sangat sensitif. Manfaat software akuntansi cloud mencakup perlindungan keamanan khusus, firewall, dan transmisi data terenkripsi sebagai standar. Pembaruan software dilakukan secara berkala tanpa Anda harus melakukan (atau membayar) apa pun tambahan.

Kerjasama Dengan Rekan Kerja

Software berbasis cloud memungkinkan kolega dari seluruh organisasi Anda untuk bekerja sama, di mana pun mereka berada. Izin yang berbeda dapat diatur untuk jenis akses yang berbeda, sehingga satu anggota staf dapat memasukkan data untuk diproses oleh departemen akuntansi, tanpa mendapatkan akses ke informasi yang dibatasi. Kolaborasi berbasis cloud akan memungkinkan Anda menyederhanakan proses seperti manajemen pengeluaran, mempercepat tugas-tugas penting bagi semua orang.

Wawasan Bisnis yang Lebih Baik

Banyak manfaat software akuntansi cloud yang menghilangkan cara kerja yang lama dan tidak efisien. Namun akuntansi cloud juga menawarkan kemungkinan yang belum dimanfaatkan untuk membantu Anda bergerak maju dan mengembangkan intelijen bisnis baru. software cloud pada dasarnya fleksibel dan dirancang untuk berintegrasi dengan sistem berbasis cloud lainnya, menyederhanakan beban kerja Anda di seluruh perusahaan dan memberi Anda laporan instan dan terkini tentang setiap aspek bisnis Anda. Dilengkapi dengan pengetahuan yang belum pernah ada sebelumnya yang diberikan dengan mengintegrasikan sistem akuntansi dengan CRM, misalnya, Anda akan memperoleh wawasan baru tentang bisnis Anda yang akan membantu Anda melangkah ke masa depan.

Apa Kerugian Menggunakan Cloud?

Singkatnya, tidak banyak kerugian dalam mengadopsi software akuntansi cloud. Namun, tentu ada aspek yang harus Anda waspadai:

Keamanan data selalu menjadi pertimbangan dan perhatian utama saat menggunakan solusi berbasis cloud. Meskipun hal ini tidak selalu merugikan, memastikan bahwa informasi keuangan Anda sepenuhnya aman memerlukan upaya yang signifikan, dan mencari penyedia yang paling aman. Tentu saja, menggunakan sistem akuntansi cloud berarti Anda bergantung pada koneksi internet yang baik dan andal. Memiliki akses ke akun Anda dari mana saja dan kapan saja kedengarannya bagus, tetapi tentu saja jika koneksi Anda bermasalah, Anda mungkin akan terjebak.

Baca Juga : 6 Cara Memaksimalkan Cloud Accounting Modern

Pindah ke cloud dengan Software Akuntansi Turboly

Jika Anda ingin memperkenalkan software akuntansi Cloud terbaik ke dalam organisasi Anda, cari tahu mengapa Software Akuntansi Turboly bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Software Akuntansi Turboly adalah salah satu alternatif terbaik selain Accurate dan jika Anda mencari alternatif Xero, yang ideal untuk perusahaan skala menengah dan perusahaan dengan ambisi pertumbuhan tinggi, tidak perlu mencari lagi. Meskipun paket standar ini memberikan solusi akuntansi cloud yang memadai dan fungsional untuk pengusaha dan usaha kecil, namun ada batas kemampuannya.

Bisnis skala menengah dan berkembang pesat memerlukan software akuntansi dengan kemampuan untuk mengelola portofolio investasi yang lebih besar, fitur pemrosesan dan fungsi yang lebih luas untuk menangani banyak entitas, termasuk di pasar luar negeri.

Software Akuntansi Turboly juga menawarkan software akuntansi cloud untuk perusahaan ritel dan distributor, jadwalkan demo untuk informasi lebih lanjut.