CARA MINIMALKAN SISA STOK SETELAH PEAK SEASON

Masa liburan seperti Ramadhan - Idul Fitri merupakan musim puncak atau peak season bagi industri ritel, masa itu adalah masa masih semua peritel untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Untuk mengejar target penjualan, peritel biasanya menambahkan persediaan barang untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pelanggan. Namun setelah masa sibuk tersebut berakhir, tak arang menimbulkan masalah baru dimana terjadi penumpukan stok untuk barang yang tidak laku terjual hingga saat masa peak season usai.

Hal ini merupakan siklus tahunan yang jika tidak diperhitungkan dengan cermat dapat menimbulkan kerugian, alhasil masa peak season peritel tidak mendapatkan keuntungan yang signifikan karena keuntungan yang didapatkan digunakan untuk menutup kerugian atas overstock tersebut. Nah, berikut adalah tips untuk meminimalkan sisa stok setelah peak season :

Apa yang mereka lakukan? Berikut ulasannya

READ MORE

5 Cara Mencegah Kehilangan Barang di Gudang Selama Liburan

Persediaan bak sebuah “nyawa” bagi usaha ritel. Selain itu, salah satu indikator perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu mengelola persediaannya dengan baik. Tidak berlebih namun selalu bisa memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Namun, masalahnya semakin besar perusahaan biasanya semakin sulit dalam mengelola persediaan. Salah satu kesulitan adalah memastikan apakah jumlah stok yang dimiliki benar-benar akurat atau tidak. Selain itu resiko yang akan dihadapi adalah kehilangan barang di gudang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi risiko kehilangan barang di gudang :

READ MORE

MENDORONG PEMBELIAN IMPULSIF CUSTOMER DI MASA LIBURAN

Dalam bisnis ritel perilaku impulsif dari pelanggan dapat menjadi sebuah kesempatan untuk meningkatkan penjualan dan juga keuntungan. Liburan adalah saat yang tepat untuk mendorong perilaku impulsif pelanggan, seperti di bulan Ramadhan saat ini. Tapi, jangan lupa terutama masa Ramadhan saat ini pelanggan akan lebih cermat dalam membelanjakan uang mereka. Maka dari itu diperlukan strategi khusus untuk memancing perilaku impulsif mereka.

Berikut adalah strategi sederhana untuk membangkitkan impulsifitas pelanggan di masa liburan :

READ MORE

Transformasi Sistem POS

Sistem point-of-sale (POS) semakin canggih, semakin memberikan fleksibilitas, kontrol, dan kecerdasan yang lebih besar daripada sebelumnya. Ritel pun telah beralih dari cash register kas tradisional menjadi Sistem POS online berbasis cloud. Pergeseran teknologi ini tidak hanya akan memberikan fitur tambahan kepada penggunaanya, tetapi juga memungkinkan bisnis mendapatkan fleksibilitas dan keakuratan laporan dalam satu tempat.

READ MORE

Strategi Up-Selling dan Cross-Seliing

Upselling dan Cross-Selling hampir setiap lingkungan bisnis, dan bila dilakukan dengan baik, itu bisa sangat bermanfaat bagi bisnis dan pelanggan tentunya. Namun, perlu disadari penerapannya karena salah strategi dapat mengakibatkan kerugian besar pada bagaimana suatu bisnis dipersepsikan dan keberhasilan jangka panjangnya.

Apa perbedaan antara Upselling dan Cross-selling?

READ MORE

MEMAKSIMALKAN SISTEM POS SELAMA MUSIM LIBURAN

Sistem point-of-sale (POS) merupakan alat bantu yang sangat penting untuk setiap bisnis ritel. Sistem POS adalah sistem manajemen ritel yang lengkap yang menyediakan data dan laporan analisis penjualan barang, tingkat persediaan, dan laporan kas. Dengan kata lain, sistem POS memberikan semua informasi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan penjualan.

Sistem POS terbaik dapat membantu penjualan dan banyak hal lain selama musim liburan seperti saat ini :

READ MORE

3 Kebutuhan Operasional Utama Bisnis Ritel

Memikirkan cara menjalankan bisnis ritel adalah aspek penting ketika pertama kali memulai adalah memenuhi kebutuhan utama dalam aktifitas operasionalnya. Karena, kebutuhan operasional akan menyesuaikan dengan strategi yang akan Anda terapkan dalam bisnis.

Berikut adalah 3 kebutuhan operasional utama dalam usaha ritel :

READ MORE

KIAT MENGELOLA BIAYA BAGI PEMILIK BISNIS

Pemilik bisnis biasanya memusatkan perhatian pada laporan laba rugi dengan memantau arus kas. Anda harus memiliki arus kas yang stabil dan andal. Sangat penting - pada kenyataannya, kelangsungan bisnis Anda bergantung padanya - Anda mengawasi semua biaya Anda dan memastikan Anda selalu mengambil langkah-langkah untuk menekannya.

Berikut adalah beberapa ide tentang cara menekan biaya:

READ MORE

Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Membuka Cabang

Bagi pengusaha ritel akan dianggap sukses jika sudah memiliki cabang kedua, ketiga, dst. Prospek memperluas bisnis sangat menarik. Ini adalah kesempatan untuk memperluas jangkauan dan membangun merek ritel kita. Oleh karena membuka cabang baru juga memiliki resiko, maka perlu diperhatikan 3 hal dibawah ini sebelum kita memutuskan membuka cabang baru.

READ MORE

Meningkatkan Kunjungan di Toko

Pertumbuhan belanja online telah mendorong banyak pengusaha ritel untuk mengalihkan fokus pada penjualan online. Namun, penting untuk tidak melupakan asal usul usaha ritel dan menjaga strategi agar pelanggan tetap mau datang ke toko secara konsisten. Saat ini, mendorong pelanggan datang ke toko bisa menjadi suatu tantangan, tetapi jika kita bisa mempertahankannya akan sangat membantu mengembangkan bisnis bisnis ritel kita. Pertanyaannya adalah, saat ini, bagaimana kita mendorong orang untuk tidak hanya membeli dari toko Anda tetapi datang ke toko?

READ MORE

Tips Menghabiskan Stock Lama

Dalam dunia ritel, salah satu penyebab kerugian adalah menumpuknya stok lama di dalam toko atau gudang. Stok lama jika dibiarkan terus akan menjadi stok mati dan rusak. Untuk meminimalisir jumlah kerugian salah satu cara menanggulanginya adalah dengan mengurangi jumlah stok barang lama yang ada di dalam gudang atau toko. Berikut adalah empat tips strategi menjual stok lama agar tidak menumpuk di dalam gudang.

READ MORE

Tips Mendapatkan Barang

Kesuksesan dari bisnis retail sangat ditentukan dari kemampuan mengelola persediaan dengan baik. Hal ini tentunya tidak dapat hanya bergantung pada 1 bagian saja melainkan harus melibatkan beberapa bagian di perusahaan logistic, merchandising, dan strategi marketing. Namun, semua itu akan sia-sia jika kita tidak memiliki supplier yang bisa diandalakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dalam dunia retail, setidaknya ada beberapa opsi untuk mendapatkan supplier, antara lain :

READ MORE

Persiapan Menghadapi Lonjakan Penjualan di Bulan Ramadhan

Momen Bulan Ramadhan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk atau bahkan membuka peluang baru bagi setiap retailer. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengantisipasi lonjakan penjualan atau permintaan barang dari konsumen :

READ MORE

Alasan Pentingnya Pengendalian Persediaan Dalam Usaha Retail

Persediaan adalah nyawa bagi usaha ritel, oleh karena itu dibutuhkan implementasi Inventory Management untuk membantu mengelola persediaan di perusahaan. Efektif atau tidaknya perusahaan bahkan dapat dinilai dari bagaimana mereka mengelola persediaan. Hal ini bisa dipahami mengingat reputasi sebuah usaha ritel bisa dipengaruhi oleh persediaan dan bisa menimbulkan multiple efek ke berbagai hal.

Dulu kita mengenal usaha retail hanya dijalankan secara tradisional, paling canggih yang kita temui paling hanya menggunakan mesin kasir/ cash drawer. Saat ini sudah berbeda, dengan perkembangan teknologi Internet, pengelolaan usaha ritel menjadi lebih modern dan efisien sesuai dengan perkembangan jaman melalui Sistem POS. Maka seiring dengan perkembangan tersebut kebutuhan akan Inventory Management atau Manajemen Persediaan semakin disadari oleh para pelaku industri ritel.

READ MORE