CLOUD ERP STRATEGI EFEKTIF UNTUK BISNIS BERKELANJUTAN

Tujuan dari implementasi Cloud ERP didasarkan pada keinginan sebuah bisnis untuk bertumbuh. Yang menjadi dasar adalah untuk memastikan bahwa bisnis bukan hanya bertahan melainkan juha mengalami pertumbuhan. Mengimplementasikan Software ERP berbasis cloud adalah salah satu strategi dan cara untuk bisnis dapat bertumbuh, terlepas dari bagaimana kondisi perekonomian saat ini, suatu perusahaan tetap diharuskan mengambil sebuah kebijakan dan keputusan bisnis seperti :

READ MORE

Mengenal Kartu Persediaan Barang

Kartu persediaan barang sangat penting dalam hal pencatatan persediaan baik atas barang yang akan dijual ataupun barang untuk penggunaan internal. Kartu persediaan barang akan membantu staff gudang dalam mencatat pergerakan persediaan sebagai pendukung sistem inventory yang akan membuat catatan persediaan menjadi lebih rapi dan terkendali.

READ MORE

Mengenal Bisnis Konsinyasi

Penjualan titipan atau konsinyasi adalah konsep penjualan umum yang sering kita temui mulai di warung kelontong sederhana hingga supermarket besar. Mengapa konsinyasi ini menjadi konsep penjualan yang digemari? Hal ini karena konsinyasi merupakan salah satu skema bisnis yang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan beli putus.

Dalam beberapa bisnis yang umumnya menggunakan skema penjualan konsinyasi adalah :

READ MORE

Cara yang Benar Melakukan Closing Bulanan

Closing bulanan atau tutup bulan adalah pekerjaan rutin yang harus dilakukan oleh bagian akunting setiap bulan terutama bagi perusahaan yang sudah menggunakan pembukuan. Closing bulanan merupakan proses validasi akhir transaksi di bulan yang sudah berjalan yang sudah atau akan berakhir sebagai penentuan saldo akhir untuk setiap akun dari bulan yang sudah berjalan.

READ MORE

5 Langkah Cara Membuat Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi disusun berdasarkan laporan keuangan entitas usaha yang tergabung di dalam induk perusahaan. Laporan keuangan konsolidasi bukan merupakan ringkasan dari sistem akuntansi dan pembukuan terpisah, tidak ada jurnal, buku besar, dan neraca saldo entitas konsolidasi.

READ MORE

Pentingnya Laporan Persediaan

Untuk bisnis ritel yang memiliki produk beragam, biaya persediaan dapat menjadi signifikan. Memiliki tingkat stok yang terlalu tinggi berarti banyak modal operasional terikat dalam persediaan. Persediaan memiliki resiko yang lebih besar terhadap seperti pencurian, kebakaran, atau kedaluwarsa barang yang mudah rusak. Selain itu, beberapa resiko lain pun bisa mengintai : Biaya asuransi lebih tinggi, Gudang dan biaya staf yang lebih besar, Lebih banyak paparan tren siklus hidup produk. Di ujung lain skala memegang terlalu sedikit stok meningkatkan risiko perusahaan.

Menjalankan bisnis yang tidak produktif. Jelas, persediaan merupakan risiko yang harus dikelola - dan ini dimulai dengan pelaporan persediaan yang akurat. Berikut adalah beberapa laporan utama yang berguna untuk mengelola persediaan dengan baik :

READ MORE

Pentingnya Garansi Sebuah Produk

Garansi Produk produk adalah jaminan yang diberikan oleh penjual pada pembeli. Hal ini untuk menunjukan dan meyakinkan pembeli bahwa barang yang mereka beli memiliki kualitas yang baik dan memberikan rasa tenang bagi mereka jika sesuatu terjadi (cacat produksi). Garansi sebuah Produk merupakan hak pelanggan untuk meminta penjual menangani masalah apapun sesuai dengan persyaratan dan ketentuannya.

Inilah 4 alasan mengapa Garansi Produk dianggap penting :

READ MORE

4 Manfaat Menawarkan Diskon

4 Manfaat Menawarkan Diskon

Diskon adalah salah satu strategi penjualan dalam bisnis ritel. Berbagai macam jenis diskon akan selalu menarik perhatian konsumen. Diskon bukan sekedar menjual barang dengan harga murah, namun ada manfaat besar dibalik itu semua, berikut contohnya :

READ MORE

Pelacakan Nomor Serial untuk Toko Elektronik

Mengelola persediaan pada bisnis toko elektronik merupakan pekerjaan yang bisa membebani jika tanpa menggunakan sistem persediaan manajemen yang tepat. Setiap item dalam persediaan barang elektronik terlihat serupa secara fisik tetapi sebenarnya memiliki perbedaan khusus seperti kode desain, nomor model, nomor serial.

READ MORE

Perbedaan Sistem POS Ritel dan Sistem POS F&B

Sistem POS merupakan salah satu alat bisnis paling penting bagi usaha retail, jasa dan F&B. Sama seperti jenis industrinya, Sistem POS memiliki desain yang disesuaikan dengan jenis industri. Maka dari itu jangan sampai salah memilih yang sesuai dengan usaha Anda, mari kita jelajahi perbedaan dan manfaat dari Sistem POS RItel dan Sistem POS F&B.

READ MORE

Sederet Tugas Staff AR

Pada finance dan akunting memiliki beberapa posisi untuk mendukung agar proses akuntansi menjadi lebih lancar. Salah satu diantaranya adalah Account Receivable Staff. Posisi ini memegang peranan penting pada perusahaan karena bertanggung jawab atas mengatur dan mengendalikan proses penerimaan uang perusahaan tetap terkendali dan sesuai perencanaan yang dibuat oleh perusahaan melalui manager accounting dan finance. Sebelum kita pribadi melaksanakan pembahasan mengenai jobdesk, kiprah dan tanggung jawab dari posisi satu ini, sudahkah anda memahami apa pengertian dari Account Receivable Controller itu sendiri?

Dalam kesehariannya, seorang Account Receivable Staff mempunyai beberapa peran diantaranya :

READ MORE

Strategi Penetapan Harga dalam Bisnis Ritel

Salah satu tantangan dalam berjualan ritel adalah bagaimana menerapkan strategi penetapan harga. Hal ini memang sering terjadi baik di kalangan pengusaha pemula bahkan di kalangan pengusaha senior sekalipun.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa harga adalah salah satu aspek terpenting pada suatu produk. Harga adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Maka dari itu, harus benar-benar menentukan harga yang tepat bagi sebuah produk, yang tentunya juga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Dalam perkembangannya, strategi penentuan harga bukan hanya tentang berapa keuntungan yang bisa didapat, tapi juga berdasarkan pertimbangan-pertimbangan non ekonomis lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menentukan harga jual suatu produk. Berikut adalah tiga cara yang paling sering digunakan dalam strategi penetapan harga:

READ MORE

Apa Itu Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi adalah proses berkelanjutan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mencatat/ merekam peristiwa akuntansi perusahaan. Proses ini dimulai ketika transaksi terjadi dan diakhiri dengan penyajiannya dalam laporan keuangan. Catatan akuntansi tambahan mungkin akan digunakan selama siklus akuntansi terjadi, termasuk input catatan di buku besar dan neraca saldo.

READ MORE

Biaya dan Beban Itu Berbeda

Biaya (cost) dan beban (expense) merupakan komponen dalam laporan Laba Rugi. Mungkin istilah ini sudah umum tapi tahukah bahwa keduanya memiliki pengertian yang berbeda? Perbedaan beban dan biaya dalam akuntansi sebagai berikut.

READ MORE

Hubungi Kami