Perbedaan Antara Grosir dan Eceran

Kata grosir berarti menjual dalam jumlah besar dan singkatan ritel untuk menjual barang dagangan dalam jumlah kecil. Grosir dan eceran adalah dua pengaturan distribusi yang merupakan bagian utama dari rantai pasokan. Ketika barang diproduksi, dan dijual dalam jumlah besar (grosir) kepada pedagang besar yang selanjutnya menjualnya ke pengecer yang akhirnya menjualnya kepada pelanggan akhir (ritel).

READ MORE

Bagaimana Pengaruh Sistem ERP Terhadap Biaya Inventory?

Sistem ERP, atau Enterprise Resource Planning, dirancang untuk membantu perusahaan mengelola semua aktivitas operasional perusahaan. Salah satu faktor yang mendorong implementasi Sistem ERP di suatu perusahaan adalah manajemen biaya Inventory. Sistem ERP dapat membantu perusahaan untuk merampingkan biaya penyimpanan Inventory mereka dengan memberikan gambaran yang jelas tentang catatan dan data, dan bagaimana mereka terhubung ke setiap fungsi perusahaan, di seluruh perusahaan. Manajemen Inventory melibatkan pemesanan, penyimpanan, dan pengiriman stok atau produk perusahaan. Manajemen Inventory memiliki sebagai tujuan intinya, untuk mengurangi biaya penyimpanan dan menyediakan pembaruan dan peringatan yang akurat dan tepat waktu kapan harus memesan ulang, stok kembali, atau memproduksi barang. Manajemen Inventory yang keliru dapat mengakibatkan penjualan yang hilang karena masalah kehabisan stok atau stok mati. Masalah-masalah ini merupakan pemicu timbulnya pengeluaran tambahan dan Sistem ERP digunakan untuk mengurangi itu.

READ MORE

Cara Kerja Customer Loyalty Programs?

Program loyalitas pelanggan Ini adalah salah satu dari banyak strategi untuk menarik pelanggan baru, Selain itu, Program loyalitas pelanggan adalah cara untuk menjaga pelanggan tetap setia di tengah persaingan dunia ritel yang semakin ketat. Program Loyalitas Pelanggan yang banyak dikenal adalah dengan konsep program hadiah, kartu poin, kartu keuntungan atau kartu membership.

READ MORE

Berbagai Jenis Faktur?

Ada banyak jenis faktur yang dapat kita dibuat untuk customer kita, dan jenis faktur yang kita gunakan bergantung pada industri, cara penagihan, dan cara pembayaran. Umumnya orang hanya mengenal 2 jenis faktur, yaitu faktur pembelian dan faktur penjualan.

READ MORE

Kontrol Keuangan Perusahaan Melalui Manajemen Piutang

Dalam sebuah perusahaan dagang yang kegiatan utamanya melakukan penjualan dan pembelian proses transaksi dapat diselesaikan dengan dua metode yaitu tunai atau kredit. Tunai adalah ketika pembayaran menggunakan uang tunai, cek & giro, bank transfer. Sebaliknya kredit adalah ketika transaksi jual beli belum diselesaikan pembayarannya pada saat penyerahan barang sehingga akan menjadi hutang atau piutang. Hutang adalah kewajiban pembayaran kepada pihak lain sebagai pemilik barang (supplier), sedangkan piutang adalah kewajiban pembeli/ customer untuk membayar kepada kita.

READ MORE

Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan Bisnis dengan Software ERP

Teknologi telah menciptakan serangkaian alat bantu yang memberikan peluang yang sama bagi UKM dan perusahaan besar untuk memanfaatkan data untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Software Enterprise Resource Planning (ERP) adalah salah satu teknologi yang dibuat bukan hanya sebagai alat bantu operasional tapi juga berperan sebagai pengumpul data di perusahaan. Tujuan utama Software ERP saat ini adalah untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan strategis dalam perusahaan.

Dengan bantuan Software ERP, perusahaan dapat meningkatkan keputusan bisnis dengan menganalisis data untuk mengidentifikasi tren dan solusi, menjaga informasi bisnis terbaru dan terpusat, yang mengarah ke keputusan bisnis yang lebih baik, kontrol inventory yang lebih baik, dan kinerja keuangan yang lebih kompleks.

READ MORE

Sistem POS Adalah Kunci Pelayanan Pelanggan

Sistem Point of Sale (POS) adalah jalur komunikasi terakhir antara Anda dan pelanggan. Maka, pada kesempatan terakhir ini adalah waktu yang tepat untuk membuat kesan sebaik mungkin. Jadi, setiap Sistem POS yang Anda pilih akan menjadi faktor penentu besar dalam keputusan pelanggan apakah akan menjadi pelanggan tetap atau tidak.

Sistem POS saat ini menjadi lebih dari sekedar alat bantu penjualan. Sistem POS dengan segala perkembangannya sudah menjadi alat yang canggih untuk dapat meningkatkan pelayanan pelanggan dan juga meningkatkan gengsi perusahaan Anda. Apakah benar demikian? Berikut lima alasannya.

READ MORE

Mengapa Bill of Material sangat penting

Dalam industri manufaktur, setiap proses perakitan/ produksi sebuah barang akan memerlukan Bill of Material (BOM) manufaktur yang efektif dan akurat. Jika Bill of Material yang tidak akurat atau bahkan tidak ada sama sekali informasi atau instruksi, dapat berakibat terjadinya kesalahan, penundaan atau yang lebih fatal adalah berhentinya keseluruhan rantai produksi.

Dengan alasan tersebut, sangat penting untuk menghargai dan memahami apa sebenarnya Bill of Material (BOM) itu dan bagaimana fungsinya?

READ MORE

3 Tips Singkat untuk Memilih Sistem ERP yang Tepat

Data ada dimana-mana, dari data kita dapat melihat segala hal yang kita kerjakan. Kendala terbesar yang dihadapi perusahaan adalah bagaimana memahami semua data yang mereka miliki. Jika kita memiliki kumpulan data tetapi tidak dapat membaca artinya, maka data tersebut menjadi tidak berguna. Data dapat menjadi sumber yang sangat berharga jika Anda tahu cara memanfaatkannya.

Cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari sebuah data adalah melalui Sistem ERP. Memilih Sistem ERP yang tepat sama pentingnya dengan mengumpulkan data. Tetapi bagaimana kita menemukan Sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis? Sistem ERP membantu kita membuat keputusan yang tepat, memungkinkan kita untuk mengoptimalkan proses, menerapkan langkah-langkah penghematan biaya dan meningkatkan produktivitas. Semua perubahan ini adalah hasil dari data. Sistem ERP membantu menafsirkan dan menyederhanakan data sehingga kita dapat membuat keputusan yang terinformasi dengan baik.

READ MORE

Software Cloud ERP 2020

Cloud ERP (Enterprise Resource Planning) adalah salah satu contoh sempurna dari kemajuan teknologi. Satu dekade setelah familirisasi sistem cloud ERP, relevansinya dalam dunia bisnis tetap berkelanjutan. Mengapa solusi software ini masih akan tetap relevan dijalankan pada tahun 2020 dan dan di tahun-tahun mendatang.

READ MORE

6 TIPS PENAWARAN FREE ONGKIR DALAM PENJUALAN

Dalam bulan-bulan peak seasons banyak retailer yang berjualan secara online memberikan promosi bebas biaya kirim atau biasa disebut free ongkir kepada para customer. Percaya atau tidak hal ini ternyata cukup efektif untuk mendongkrak penjualan. Namun, memang tidak selalu mudah hingga kita mengetahui cara agar free ongkir ini dapat mendongkrak penjualan tanpa mengurangi margin keuntungan kita. Dengan sedikit kecakapan, kita dapat membuat free ongkir bermanfaat untuk meningkatkan daya saing, meningkatkan konversi lebih tinggi dan mendongkrak penjualan saat peak seasons.

READ MORE

7 Segmen Pelanggan Ritel Paling Populer

Segmentasi dalam usaha retail sangat penting, dan jika penerapannya dilakukan secara tepat maka tidak mungkin akan memberikan dampak yang sangat signifikan dalam penjualan. Setelah kita mengetauhi mengenai manfaat dan keuntungan dari segmentasi pelanggan dalam usaha retail, saatnya kita untuk mengetahui segmen-segmen pelanggan apa saja yang populer dalam usaha ritel.

READ MORE

Manfaat Customer Group Bagi Usaha Retail

Sifat ritel telah berubah secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, dan dengan itu, begitu pula harapan pelanggan. Pelanggan modern melihat lebih dari sekadar produk ketika mereka berbelanja, mereka juga menghargai perusahaan yang mengidentifikasi kebutuhan individu mereka dan memenuhi harapan mereka yang meningkat. Untuk mencapai hal ini, pelaku ritel harus terlebih dahulu mengesampingkan pendekatan satu ukuran untuk semua ketika berinteraksi dengan pelanggan dan mengadopsi strategi yang lebih personal.

READ MORE

Bagaimana Turboly CRM Dapat Meningkatkan Bisnis

Pelanggan adalah darah kehidupan perusahaan ritel mana pun. Tanpa mereka, usaha ritel merupakan usaha yang gagal. Karena pelanggan sangat penting untuk kesuksesan bisnis, kita perlu memfokuskan sejumlah besar upaya untuk menumbuhkan dan mengelola pelanggan Anda seefisien mungkin. Terlebih lagi, Anda perlu melakukannya tanpa mengorbankan kualitas layanan pelanggan. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengelola pelanggan Anda selain dengan berinvestasi dalam sistem Customer Relationship Management (CRM).

READ MORE

Belajar Dari Pengalaman Retail

Model bisnis usaha ritel tradisional hanya berfokus pada produk yang dijual di toko. Sedangkan pada masa sekarang ini, konsumen bukan hanya berbelanja sebuah produk melainkan juga pengalaman. Design / interior toko toko tidak lagi cukup untuk mendatangkan pembeli. Retailer yang sudah mapan saat ini pun berlomba-lomba menciptakan pengalaman memikat yang melampaui tampilan barang dagangan secara kreatif.

READ MORE

Hubungi Kami