Seluk Beluk Sistem POS Yang Harus Diketahui

Point of Sale (POS) System merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mempermudah transaksi penjualan yang dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis industry perdagangan baik itu retail barang dan jasa maupun Industri Food & Beverages (F&B) seperti café atau restaurant. Sistem POS ini dibuat untuk menggantikan Sistem Kasir konvensional y

Sistem POS memiliki 2 modul utama yaitu kasir penjualan dan persediaan, keduanya sudah mencakup kebutuhan laporan dan administrasi. Modul kasir kasir penjualan berfungsi untuk mencatat penjualan barang dan jaga. Sedangkan modul persediaan lebih berfungsi kepada kebutuhan untuk mencatat pergerakan persediaan barang yang masuk dan keluar.

Agar Sistem POS dapat berjalan secara maksimal dibutuhkan berbagai macam software & hardware pendukung, yang harus dimiliki oleh para retailer. Berikut Macam-macam Hardware dan Software Pendukung

READ MORE

Masalah Sistem POS Umum Yang Mudah Dihindari

Sistem POS harus dapa sebagai alat untuk membantu Retailer mencapai untuk kesuksesan mereka, baik itu dari sisi penjualan, kepuasan pelanggan, persediaan, keuangan hingga ke proyeksi pertumbuhan, dsb. Nah, maka dari itu jika Sistem POS mengalami gangguan maka proses kerja akan terganggu dan jika berlangsung lama maka tujuan yang ingin dicapai oleh Retailer dapat tidak tercapai. Permasalahan dalam Sistem POS bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Ada beberapa masalah umum yang berkaitan dengan teknologi Sistem POS yang dapat dengan mudah dihindari. Mari kita lihat beberapa masalah ini dan cara mencegah atau meminimalkannya.

READ MORE

Fungsi Distributor & Retailer Dalam Aktifitas Distribusi

Retailer merupakan individu atau badan usaha yang melakukan aktifitas penjualan barang atau jasa langsung kepada konsumen (end user). Retailer adalah aktor utama dalam saluran distribusi antara produsen dengan konsumen. Yang dimaksud dengan aktifitas distribusi sendiri adalah penyerahan barang atau jasa dari produsen atau pembuat barang atau jasa kepada konsumen. Aktifitas Distribusi ini mencakup supplier, produsen, wholesaler, dan retailer.

Dalam perkembangannya, beberapa produsen besar akan menyalurkan atau menjual sendiri produknya langsung kepada konsumen. Dalam hal ini, mereka melakukan keseluruhan aktifitas distribusi, mulai dari produksi, distributor hingga kepada retailing.

READ MORE

Manfaatkan Sistem Cloud ERP Untuk Memaksimalkan Penjualan

Saat ini Indonesia menjadi pasar paling menjanjikan bagi bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tahukah Anda, teknologi bisa membuat bisnis berjalan lebih efisien sekaligus mampu mengantarkan bisnis selangkah lebih maju?

Seperti disampaikan dalam artikel sebelumnya, pelaku UMKM saat ini sudah mulai meninggalkan alat manual seperti pembukuan dan excel Seiring berjalannya waktu, pelaku UMKM mulai mengenal dan memanfaatkan tools dengan solusi Enterprise Resource Planning (ERP) atau biasa disebut Sistem ERP.

READ MORE

Sistem POS Bukan Hanya Untuk Restaurant

Menghadapi kompetisi persaingan yang ketat khususnya di dunia retail, retailer dituntut harus cepat dalam mengambil keputusan dalam menentukan strategi bisnisnya, dalam hal harga, pemesanan barang, kapan waktunya membuka cabang baru, dsb. Sistem Point of Sale (POS) dapat menyederhanakan dan mempercepat banyak hal.

Sistem POS? Iya sistem POS bukan hanya untuk kebutuhan usaha F&B seperti café, restaurant saja. Namun lebih jauh lagi kini banyak solusi Sistem POS yang khusus diciptakan untuk industry retail. Bahkan jika dianalisa lebih jauh lagi, industry retail sangat memerlukan Sistem POS. Dengan berbagai kompleksifitas jenis penjualan dengan berbagai macam promo dan membership, Sistem POS Retail merupakan salah satu alat wajib yang harus dimiliki retailer.

Berikut adalah alasan mengapa Sistem POS sangat diperlukan di Industri Retail :

READ MORE