turboly-Perbedaan Distributor,Supplier dan Reseller

Perbedaan Distributor,Supplier dan Reseller

Distributor, supplier, agen, reseller adalah istilah-istilah yang sering kita dengar dalam dunia perdagangan. Mereka adalah saluran distribusi barang yang memiliki peran masing-masing, dari mulai produk dibuat, hingga disalurkan ke konsumen akhir. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas pengertian, peran dan tanggung jawab dari masing-masing :

turboly-4 Tantangan yang Dihadapi Distributor di Era Modern

4 Tantangan yang Dihadapi Distributor di Era Modern

Distributor grosir selalu memainkan peran penting dalam penjualan barang, bertindak sebagai perantara antara produsen dan konsumen, memastikan bahwa produk sampai tempat dengan kondisi baik dan tepat waktu. Namun keadaan sekarang sedikit berubah.

Produsen dan pengecer semakin berinvestasi membuat jaringan distribusi mereka sendiri, secara efektif memotong jalur distributor grosir sebagai perantara dan memilih menyalurkan produk ke konsumen secara langsung. Akibatnya, distributor ini berjuang untuk mempertahankan posisi mereka di pasar dan mempertahankan profitabilitas.

Kami akan mencoba dan menjabarkan tantangan yang dihadapi dalam bisnis distributor di era modern, dan kiat tentang cara untuk tetap bisa bertumbuh dalam bisnis distributor grosir.

turboly-Langkah Sederhana Menjadi Distributor Sebuah Produk

Langkah Sederhana Menjadi Distributor Sebuah Produk

Di pasar mana pun, peningkatan permintaan akan suatu produk akan meningkat, begitu pula kebutuhan akan distributor. Distributor paling sukses memiliki pengalaman melihat tren dalam industri mereka, serta membangun hubungan dengan produsen dan pengecer. Jika Anda tertarik menjadi distributor, salah satu langkah pertama untuk menjadi sebagai distributor adalah mulai membangun hubungan dengan pengecer yang ingin Anda ajak kerja sama. Setelah itu, lakukan langkah berikut :

turboly-Menemukan Distributor Untuk Mendukung Usaha Anda

Menemukan Distributor Untuk Mendukung Usaha Anda

Bisnis Distributor grosir adalah bisnis yang membeli produk dari produsen dan menjualnya ke bisnis lain. Pedagang grosir biasanya tidak mengoperasikan toko; sebaliknya, mereka akan memasok barang dan persediaan bisnis ritel yang menjual ke pelanggan akhir.

Dalam bisnis ritel, biasanya akan memiliki beberapa distributor grosir sebagai supplier. Tetapi menemukan distributor grosir yang tepat untuk bermitra bukan merupakan hal yang mudah. Distributor Grosir yang bisa diajak bermitra paling tidak harus memenuhi kriteria :

  • Menghubungkan Anda dengan produsen dan produk yang dibutuhkan
  • Memiliki harga yang terjangkau
  • Melayani wilayah lokasi Anda
  • Dapat diandalkan dan dipercaya

turboly-6 Fitur yang Harus Dimiliki dalam Software ERP untuk Distributor Grosir

6 Fitur yang Harus Dimiliki dalam Software ERP untuk Distributor Grosir

Software ERP merupakan kebutuhan mutlak untuk mendukung pengelolaan bisnis distribusi grosir. Manajemen harus memiliki gambaran yang jelas tentang stok (jumlah masuk, jumlah keluar, kelebihan, dan kekurangan) untuk mengelola biaya operasional dan menyeimbangkannya dengan pendapatan bulanan. Hal ini bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan informasi yang cukup detail dari seluruh produk dan pergerakannya. Hanya sebuah solusi ERP yang handal dan komprehensif yang dapat menyederhanakan proses dan mengoptimalkan data sekecil mungkin menjadi sebuah informasi yang berharga. Berikut adalah enam fitur yang harus dimiliki dalam software ERP untuk bisnis distributor grosir yang dapat meningkatkan efisiensi proses bisnis.

Pengoptimalan Stok dan Pembelian

Kemampuan untuk memproses pesanan tepat waktu secara efisien adalah poin plus bagi distributor. Untuk mewujudkannya, semua operasi diharapkan berjalan dengan baik. Distributor sering kesulitan mengelola stok dan pembelian untuk memastikan tingkat persediaan yang tepat, dan produk yang masuk dan keluar tepat waktu. Sistem ERP yang memiliki dengan tampilan menyeluruh secara 360 derajat dari siklus pembelian dapat melakukan mengurangi efektifitas. Fitur ini membawa banyak keuntungan bagi perusahaan termasuk layanan pelanggan yang lebih baik, penghematan waktu, dan biaya yang lebih rendah. Ini memberikan pandangan komprehensif dari setiap informasi pembelian-penjualan, yang membantu mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnis perusahaan serta memperkirakan apa yang akan membuatnya terus berkembang di masa depan.

Manajemen Logistik Yang Terdefinisi Dengan Baik

Satu hal yang umum di semua bisnis distribusi grosir adalah tantangan logistik yang tidak pernah ada habisnya. Alokasi mesin yang tidak tepat, siklus permintaan yang berubah-ubah, waktu pengiriman yang lebih pendek, persaingan harga yang rendah, dan biaya bahan bakar yang tinggi adalah beberapa tantangan utama yang memperumit proses distribusi secara keseluruhan. Software ERP dengan manajemen logistik yang baik akan menawarkan solusi terbaik dengan meningkatkan visibilitas di seluruh pengiriman, pesanan, dan stok sehingga mendukung pekerjaan dengan cepat untuk mengurangi biaya. Selain itu, Software ERP juga membantu dalam meningkatkan akurasi dan efisiensi proses, memastikan pengiriman tepat waktu untuk memenuhi harapan pelanggan.

Pemenuhan Pesanan yang Efektif

Picking dan packing adalah dua fungsi utama pemenuhan dalam operasi distribusi apa pun. Dalam hal ini, barang dengan volume berapapun, besar atau kecil, dipilih dari pengiriman, kemudian dikemas kembali bersama-sama sesuai dengan instruksi pelanggan, dan dikirim ke tujuan. Solusi ERP harus mencakup fungsi pemenuhan yang memadai. Ini akan membuat bisnis dinamis dan dengan cepat, dengan sempurna.

Tracing Persediaan

Mengetahui jumlah stok persediaan adalah salah satu tugas terpenting bagi semua distributor grosir. Software ERP yang harus memiliki sistem pelacakan persediaan yang efektif, yang memungkinkan kontrol yang lebih baik atas praktik manajemen inventory di perusahaan. Inventory Management harus dapat menghasilkan penghitungan yang akurat, dan memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk menyesuaikan/ koreksi saat diperlukan, tanpa membawa perubahan yang menjadikannya tidak efektif. Semua ini bertujuan untuk pemenuhan permintaan pelanggan tepat waktu, lebih sedikit kehilangan penjualan, dan mengurangi biaya penyimpanan persediaan.

Fungsi Pelaporan

Mendapatkan wawasan yang tepat tentang bagaimana kinerja bisnis mengarah pada forecasting yang paling efektif. Solusi ERP distribusi yang ideal dengan alat pelaporan yang efektif dapat secara aktif mengubah data menjadi informasi yang lebih berguna. Sistem pelaporan dengan cepat menyesuaikan informasi dan memberi analisa data akurat yang diperlukan. Otomasi pelaporan akan mengurangi waktu pembuatan laporan secara manual dan menghilangkan kesalahan manusia.

Finance dan Accounting

Apakah bagian dari rangkaian ERP, data pelanggan, keuangan dan akuntansi merupakan operasi penting bagi perusahaan dimanapun, termasuk distributor. Dengan memiliki solusi ERP fungsi yang menyeluruh menjadikan satu aplikasi distributor akan cukup untuk memberikan visibilitas lengkap ke fungsi back office, meningkatkan keterlibatan karyawan, dan mengelola layanan pelanggan dengan lebih efisien. Software ERP yang komprehensif memungkinkan perusahaan untuk menyelaraskan semua proses dengan tujuan bisnis mereka dan memiliki fokus yang lebih baik pada pengembangan perusahaan secara keseluruhan.

Jika Anda sedang mencari solusi yang diberkahi dengan fitur-fitur yang disebutkan di atas, Anda telah mencapai tempat yang tepat karena Cloud ERP Turboly membantu Anda dengan semua hal yang diperlukan untuk mengelola operasi bisnis secara efisien, sehingga memungkinkan Anda menghemat waktu dan mengontrol biaya operasional.

Baca Juga : Evolusi Software ERP Sistem Untuk Wholesale dan Distributor | Cloud ERP

www.turboly.com

turboly-Cara Menghemat Biaya Operasional dalam Toko Ritel

Cara Menghemat Biaya Operasional dalam Toko Ritel

Sebagian besar bisnis ritel masih belum mampu memaksimalkan keuntungan. Hal ini biasanya karena ada berbagai macam biaya operasi dan pengeluaran bisnis yang harus dibayar, yang akan mengurangi keuntungan. Biaya penyimpanan, biaya gaji, perlengkapan, biaya sewa, biaya asuransi, dan banyak lagi semuanya dapat menimbulkan beban biaya yang tinggi dan akhirnya dapat menurunkan margin keuntungan.

Biaya-biaya tersebut memang tidak bisa dihindari, namun ada cara untuk mengurangi biaya operasional yang dapat meningkatkan keuntungan. Tanpa perlu melakukan penghematan yang ekstrim yang akhirnya dapat mengorbankan kualitas produk atau layanan

turboly-Manfaat Email Receipt Saat Berbelanja

Manfaat Email Receipt Saat Berbelanja

Sistem point of sale (POS) berbasis cloud memiliki fitur untuk mengirimkan tanda terima pembelian pelanggan melalui email (e-receipt) kepada pelanggan. Fitur kecil ini berkembang seiring dengan meningkatnya penggunaan email dan internet dalam beberapa waktu terakhir. Meskipun email receipt merupakan fitur kecil, namun memiliki beberapa manfaat maksimal yang perlu Anda ketahui.

turboly-4 Tips Saat Membeli Kacamata

4 Tips Saat Membeli Kacamata

Kacamata memiliki fungsi utama untuk membantu penglihatan, proses pemilihan kacamata juga memiliki beberapa pertimbangan yang pasti dilakukan oleh orang-orang sebelum membeli kacamata di Optik. Dalam memilih produk kacamata yang tepat konsumen biasanya akan menilai dari beberapa faktor : after sales service, kualitas produk, dan kenyamanan jenis kacamata. Hal ini karena tidak semua jenis kacamata akan cocok bagi semua orang.

Berikut ada lima tips wajib sebelum membeli kacamata.