3 Tips Cepat Meningkatkan Pergerakan Inventory

Penggunaan Software Inventory berkualitas dapat membantu meningkatkan menjaga dan mengontrol pergerakan barang baik di gudang ataupun di toko. Berikut adalah tips singkat bagaimana memaksimalkan Software Inventory untuk meningkatkan pergerakan barang baik di gudang ataupun di toko.

READ MORE

5 Perilaku Inventory Management Yang Harus Dilakukan

Efektifitas Inventory Management dapat ditingkatkan dengan menerapkan beberapa perilaku yang baik secara konsisten. Berikut adalah 5 perilaku yang bisa diterapkan secara kosisten untuk meningkatkan efisiensi dan menciptakan pergerakan inventory yang sempurna :

READ MORE

Masa Depan Sistem ERP

Teknologi ERP berevoluasi selama beberapa dekade belakangan dari hanya sebuah paket aplikasi stand-alone, hingga kumpulan modul aplikasi yang saling terhubung, sampai dengan sebuah paket aplikasi terintegrasi yang didorong oleh kebutuhan yang ingin mengintegrasikan keseluruhan fungsi bisnis perusahaan dalam sebuah paket sistem. Terkadang Sistem ERP yang terintegrasi menimbulkan dampak “kaku” atau tidak fleksibel dalam penerapannya selain itu juga faktor biaya yang cukup besar,

READ MORE

Fungsi Pokok Sistem POS

Ada beberapa komponen dalam bisnis ritel yang menggambarkan aktivitas setiap toko. Baik dari sisi penjualan, stok, customer, hingga kas. Jika dilihat prosesnya, operasional toko merupakan yang pertama. Operasional toko merupakan segala aktivitas yang benar-benar terjadi di toko, seperti penjualan, transaksi, dan lain-lain. Seluruh aktivitas ini dicatat dalam Sistem Point of Sale (POS). Sistem POS juga memiliki beberapa varian mulai dari Sistem POS manual (cash drawer), hingga yang lebih canggih ke POS Mobile yang biasanya digunakan pada speciality store dengan pelayanan yang lebih personal.

READ MORE

Kunci Sukses Penjualan Konsinyasi

Dalam bisnis ritel penjualan yang tinggi dengan margin yang baik merupakan tujuan utama. Baik itu untuk barang yang kita produksi sendiri ataupun untuk penjualan barang konsinyasi. Berikut ini adalah beberapa tips sukses penjualan konsinyasi yang bisa kita terapkan:

READ MORE

Manfaat Purchase Order

Dalam suatu perusahaan, proses pembelian barang dapat dilakukan untuk kebutuhan operasional dan investasi yang biasanya dilakukan oleh bagian purchasing. Dalam proses pembelian barang ini, dimulai dengan suatu proses yang didokumentasikan dalam 1 dokumen Purchase Order (PO).

Berikut ini adalah beberapa manfaat purchase order bagi perusahaan:

READ MORE

Keuntungan Menggunakan Sistem Akuntansi

Ada berbagai keuntungan bagi perusahaan dalam menggunakan Sistem Akuntansi. Sistem Akuntansi bisa digunakan berdasarkan jenis industri yang kita jalankan, mulai dari perdagangan barang dan jasa hingga manufaktur. Salah satu alasan kita perlu menggunakan Sistem Akuntansi adalah laporan yang dihasilkan dapat menentukan dalam pengambilan keputusan untuk keesuksesan perusahaan.

Berikut beberapa keuntungan dari penggunaan Sistem Akuntansi:

READ MORE

Penyebab Terjadinya Selisih Saat Stock Opname

Persediaan merupakan salah satu aset perusahaan yang sangat penting dan harus dikelola dengan baik. Banyak tantangan dalam usaha untuk mengelola persediaan dan ini bukanlah hal yang mudah, karena mengelola persediaan bukan hanya sekedar pencatatan namun juga secara fisik harus sesuai/ cocok. Di dalam megelola persediaan baik di gudang/ toko digudang ini dikenal dengan istilah Inventory Management atau manajemen persediaan.

Banyak perusahaan yang meskipun sudah menggunakan Sistem Inventory tetap mengalami kendala dalam mengatur stok baik di toko/ gudang. Namun jika hal ini diabaikan maka akan menimbulkan multiple effect bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya selisih persediaan

READ MORE

6 Jenis Laporan Persediaan dan Laporan Penjualan untuk Digunakan di Toko

Laporan dan analisis sangat penting bagi retailer, karena dari sebuah laporan kita dapat mengetahui kondisi bisnis kita dan akan membantu dalam mengambil keputusan. Terkait dengan persediaan, laporan mengenai persediaan merupakan bagian yang sangat penting bagi usaha ritel agar tetap menjaga persediaan berada dalam titik tertentu sesuai dengan kondisi saat ini.

Ada berapa jenis laporan terkait persediaan yang sangat dibutuhkan oleh retailer? Berikut ulasannya :

READ MORE

Langkah Langkah Stock Opname

Bagaimana sebuah perusahaan ritel mengelola persediaan barangnya yang begitu banyak? Tentu akan sangat membingungkan jika dilakukan secara benar dan dengan bantuan Sistem Inventory. Stock opname pada awalnya merupakan sebuah kegiatan menghitung persediaan fisik di gudang/ toko untuk mengetahui jumlah aslinya. Namun dengan meningkatnya penggunaan Sistem Inventory, stock opname saat ini bisa dibilang adalah kegiatan rekonsiliasi anatar stock fisik dan stock di Sistem Inventory meskipun pada akhirnya nilai fisiklah yang dijadikan acuan. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui kebenaran barang di lapangan.

Langkah-Langkah Menyusun Stock Opname Yang Perlu Di Ketahui

READ MORE

5 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Dari Sistem ERP

Laporan keuangan adalah cerminan kondisi suatu perusahaan dalam periode tertentu. Informasi yang mencakup kondisi finansial yang akan digunakan oleh manajemen, investor hingga para pemegang kepentingan lainnya. Ada beberapa jenis laporan keuangan yang disediakan oleh Sistem ERP yang tentunya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia.

Berikut adalah jenis-jenis laporan keuangan yang harus disediakan oleh Sistem ERP :

READ MORE

Bagaimana Manajemen Loyalitas Pelanggan Memberikan Benefit Pada Retailer?

Manajemen loyalitas pelanggan memungkinkan retailer untuk berinteraksi dan menghargai pelanggan setia melalui sebuah sistem untuk melacak poin loyalitas, memberikan diskon, dan voucher. Sistem ini dapat membantu retailer mendorong dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Ingat setiap pelanggan memerlukan penghargaan.

Manajemen loyalitas pelanggan dapat menguntungkan retailer dengan berbagai cara. Begini caranya:

READ MORE

Teknologi Sistem POS Ritel Yang Berguna Bagi Retailer

Tren teknologi yang muncul dan perangkat mobile tanpa disadari merupakan tuntutan pelanggan. Agar tetap kompetitif, usaha ritel kecil dan menengah (UKM) perlu mengadopsi sistem point of sale (POS) yang menangani perubahan kebutuhan ini.

Sistem POS Mobile terintegrasi dengan perangkat seluler umum seperti tablet dan smartphone untuk melakukan seluruh proses mulai dari penjualan dan penerimaan barang. Sistem POS Mobile dapat mempercepat proses transaksi dan membantu karyawan berinteraksi lebih baik dengan pelanggan. Mereka juga berguna untuk retailer kecil dengan ruang terbatas misalnya saat pameran, karena mereka mengurangi kebutuhan akan mesin kasir khusus. Sistem POS Mobile cocok untuk barang dengan kebutuhan yang lebih personal dimana karyawan dan pelanggan membutuhkan waktu interaksi yang cukup.

Apakah Mobile POS Solusi Tepat? Jawabannya adalah iya. Berikut adalah manfaat Mobile POS :

READ MORE

5 Kesalahan Retailer Dalam Mendapatkan Pelanggan

Sebagai retailer kita tahu bahwa aset terpenting dalam bisnis ritel adalah basis pelanggan. Bisnis tidak akan berjalan tanpa pelanggan. Salah satu cara terbaik untuk berkembang adalah dengan mendorong loyalitas pelanggan.

Akan lebih menyenangkan ketika kita dapat menjual lebih banyak kepada pelanggan lama dibandingkan kepada pelanggan baru. Jadi, jangan sampai melakukan kesalahan - kesalahan dibawah ini jika tidak ingin pelanggan berpindah

READ MORE

6 Cara Meningkatkan Kesan Untuk Menarik Pelanggan

Menciptakan kesan yang sempurna di toko dimulai saat pelanggan berjalan melewati toko kita, Saat itulah waktu yang tepat untuk membuat mereka merasa bahwa toko kita adalah tempat yang tepat untuk mereka menghabiskan waktu dan membelanjakan uangnya.

Jadi, akankah kita mengabaikannya? Berikut adalah 7 cara untuk menciptakan kesan yang sempurna di toko kita

READ MORE