Keuntungan Menjaga Ketersediaan Barang Dagangan

image

Retail adalah semua kegiatan usaha yang melibatkan penjualan barang dan jasa kepada konsumen baik untuk keperluan personal maupun rumah tangga mereka. Swalayan termasuk salah satu contoh usaha retail, dan yang sedang menjamur saat ini seperti Online Shop juga termasuk dalam usaha retail. Bagi semua pelaku usaha retail hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah stok ketersediaan barang. Stock barang perlu diperhatikan dalam memenuhi permintaan dari konsumen. Jika tidak memiliki stock barang yang mencukupi sama halnya dengan mengambil resiko untuk kehilangan konsumen, sebaliknya jika memiliki stock barang yang terlalu banyak akan merugikan bagi pelaku usaha. Dengan demikian memiliki inventory management yang efisien dinilai sebagai hal yang penting dan menguntungkan bagi pelaku usaha retail / retailer.

Terdapat beberapa keuntungan dalam menjaga ketersediaan barang, diantaranya yaitu:

1. Mencengah Kehabisan Stock

Hal terburuk yang dapat terjadi dalam sebuah bisnis adalah kehilangan pelanggan, kehilangan pelanggan sama halnya dengan kehilangan uang. Hal ini mungkin saja terjadi karena kehabisan stock barang yang mereka butuhkan. Karena pelanggan akan lebih memilih tempat yang dapat memenuhi segala kebutuhan yang mereka perlukan, tempat demikian akan membuat pelanggan merasa puas. Data inventory dibutuhkan untuk dapat meramalkan berapa lama produk anda akan bertahan dalam kegiatan jual beli, dan juga mencegah kehabisan stock barang.

2. Mencegah Resiko kelebihan stok

Saat ketersedian barang tidak diatur dengan baik, maka dapat juga berakhir dengan kelebihan stok suatu barang tertentu. Kelebihan stok juga akan menciptakan masalah tersendiri. Lama kelamaaan barang tersebut dapat saja tidak terjual lagi. Tentunya jika hal seperti ini terjadi maka akan terjadi kerugian besar bagi usaha anda. Dengan adanya inventory management resiki kelebihan stok dapat diminimalir dengan baik, sehingga mencegah terjadinya kerugian.

3. Mengontrol Modal kerja

Modal yang dibutuhkan untuk stock barang tidaklah murah, saat kita membeli sebuah produk dari supplier, maka kita akan berharap barang tersebut mampu terjual dengan harga lebih tinggi. Jadi selama barang itu belum terjual maka modal yang anda keluarkan diawal belum kembali. Jadi inventory bukan hanya mengontrol barang yang keluar dan masuk, inventory juga mengatur modal kerja yang anda. Semakin banyak barang yang anda stock maka semakin banyak modal yang harus anda keluarkan.

4. Real-Time Update

Keuntungan lain yang didapat oleh pelaku usaha jika memiliki inventory management yang baik adalah dapat mengetahui secara update tentang perjalan produk yang mereka jual, akan ada data yang akurat tentang barang yang masuk dan keluar setiap harinya. Hal ini merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewatkan data real-time mengenai stock akan sangat membantu dalam mengontrol stock barang digudang.

5. Menambah Kepuasan Pelanggan

Tingkat kepuasan pelanggan adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik, seperti kata pepatah pelanggan adalah raja. Pelanggan cenderung menyukai tempat yang seluruh kebutuhannya dapat terpenuhi. Ketersediaan barang penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, seperti yang sudah diulas diatas kehabisan barang akan beresiko kehilangan pelanggan. Stock barang yang selalu stabil dapat memberi keuntungan yang cukup besar, salah satu yang terpenting yaitu kepuasan pelanggan.

Jika usaha yang anda jalani bergantung pada stok ketersedian barang, maka penting untuk memperhatikan stock barang, selalu jaga kestabilan jumlah dari produk yang dijual. Namun perlu diketahui juga inventory management tidak dapat berjalanan dengan baik jika modal dan sumber daya yang dimiliki kurang.

Baca Juga : 7 CARA CERDAS MENGELOLA STOCK BARANG DI GUDANG

turboly.com