4 Tujuan Implementasi Sistem Cloud ERP yang Harus Diketahui

image

Kegagalan implementasi Sistem Cloud ERP jarang disebabkan oleh masalah software. Kesalahan software atau bug hanya menyumbang kurang dari 20% kegagalan implementasi. Sedangkan, penyebab paling umum adalah manajemen yang kurang siap, fungsi yang tidak efisien dan masalah dukungan dari pengguna. Semua bisnis memiliki standar operasi sendiri dan kebiasaan pengguna yang mungkin bertahun-tahun berjalan. Ketika tiba saatnya menerapkan solusi Sistem Cloud ERP baru banyak pengguna kadang enggan atau sulit untuk diajak bekerjasama untuk sedikit memodifikasi proses kerjanya karena merasa sudah nyaman dengan apa yang merka lakukan. Oleh karena itu, komunikasi adalah kunci untuk kesuksesan implementasi, perlu disadari bahwa penerapan Cloud ERP tidak akan selalu 100% bisa memenuhi harapan pengguna diperlukan sedikit kompromi untuk penyesuaian baik dari sisi pengguna ataupun dari penyedia jasa Cloud ERP. Oleh karena itu penting sekali dukungan manajemen untuk kesuksesan implementasi Cloud ERP.

Berikut adalah empat tujuan untuk sukses yang harus dikomunikasikan sebelum implementasi dimulai:

1. Peningkatan Operasional

Tujuan penting pertama yang harus diperhatikan adalah mengapa bisnis membutuhkan solusi Cloud ERP. Organisasi harus memiliki fungsi spesifik yang perlu dilakukan teknologi untuk menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi yang terdokumentasi. Daftar persyaratan program yang terdokumentasi sangat penting untuk pemilihan, penyesuaian, dan implementasi Cloud ERP. Semakin spesifik tujuan, semakin baik. Ketika mendiskusikan tuntutan untuk operasi yang lebih baik, pembuat keputusan perusahaan perlu mengevaluasi solusi Cloud ERP dan melihat apakah itu memenuhi tantangan khusus perusahaan.

2. Budgeting atau Anggaran

Solusi Clud ERP adalah investasi dan bisnis harus yakin memiliki sumber daya untuk menutup biaya. Tidak mencurahkan cukup sumber daya keuangan untuk suatu proyek dapat berarti sebuah perusahaan berakhir dengan Sistem ERP yang tidak fleksibel yang diimplementasikan dengan buruk dan dengan demikian kurang dimanfaatkan oleh karyawan. Jangan ragu mengkomunikasikan berapa banyak anggaran yang tersedia untuk implementasi, gangguan apa yang dapat merugikan perusahaan dan berapa banyak solusi ERP harus mengurangi biaya di masa depan. Sebaliknya penyedia jasa Sistem ERP yang baik harus membantu bisnis menemukan solusi software ERP yang efisien biaya yang dirancang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Timeline Implementasi

Sebuah perusahaan tidak hanya menginvestasikan uang ke dalam implementasi Sistem Cloud ERP; suatu perusahaan perlu menentukan PIC untuk mempelajari Sistem Coud ERP untuk memastikan sistem dapat membantu perusahaan. Penyedia jasa Cloud ERP harus memiliki strategi untuk implementasi yang efisien menggunakan waktu perusahaan yang dialokasikan. Perusahaan dapat mempersingkat jadwal yang diperlukan dengan mempersiapkan dengan detail data yang dibutuhkan.

4. Investasi Karyawan

Banyak implementasi Cloud ERP gagal disebabkan oleh kurangnya pelatihan. Karyawan di perusahaan yang benar-benar akan menggunakan sistem baru harus menjadi prioritas tinggi untuk dilibatkan dalam komunikasi awal sebelum implementasi. Feedback dan masukan dari pengguna/ karyawan sangat diperlukan terutama untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan.

Baca Juga : Alasan Perusahaan Beralih Ke Solusi Cloud ERP

turboly.com