5 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Dari Sistem ERP

Laporan keuangan adalah cerminan kondisi suatu perusahaan dalam periode tertentu. Informasi yang mencakup kondisi finansial yang akan digunakan oleh manajemen, investor hingga para pemegang kepentingan lainnya. Ada beberapa jenis laporan keuangan yang disediakan oleh Sistem ERP yang tentunya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia.

Berikut adalah jenis-jenis laporan keuangan yang harus disediakan oleh Sistem ERP : <!--more-->

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi memberikan informasi posisi perusahaan dalam kondisi untung atau rugi. Laporan laba rugi dibagi menjadi beberapa kelompok bagian : pendapatan, biaya dan beban. Total pendapatan dalam suatu periode akan dikurangkan dengan biaya dan beban untuk mengetahui posisi perusahaan dalam posisi untung atau rugi.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas digunakan perusahaan untuk memberikan informasi aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada periode tertentu. Lebih dari itu, laporan arus kas juga dapat berfungsi sebagai cerminan jumlah kas yang dimiliki perusahaan di masa mendatang berdasarkan data arus kas saat ini yang dibagi dari aktifitas kas dari kegiatan operasional, investasi dan pinjaman.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal erat kaitannya dengan laporan laba rugi. Laporan perubahan modal akan memberikan berapa besar perubahan modal yang terjadi dalam suatu periode terkait dengan laba/ rugi, penambahan/ pengurangan modal pemilik.

Laporan Neraca

Laporan neraca adalah ringkasan seluruh informasi kondisi dan posisi keuangan perusahaan dalam suatu periode. Neraca memberikan gambaran data tentang jumlah aktiva berupa harta atau aset, hutang, dan modal perusahaan.

Catatan Atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan adalah laporan berisikan catatan kondisi perubahan akun-akun dalam laporan keuangan, setiap perubahan nilai wajib dipertanggungjawabkan dan diberikan penjelasan agar para pihak yang berkepentingan atas laporan keuangan ini dapat memahami isi informasi yang diberikan.

Baca juga : Strategic Plannning Dengan Sistem ERP

www.turboly.com